√ Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam dunia internet dikenal dengan domain atau alamat domain. Dengan memiliki domain, maka kita menjadi lebih mudah dalam mencari alamat dari suatu perusahaan, instansi atau apapun itu. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan domain? Untuk itu kali ini kami akan menjelaskan dengan lengkap tentang domain, fungsi domain, jenis-jenis domain dan contoh domain yang dijelaskan dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian domain terlebih dahulu.

Pengertian Domain

Domain atau nama domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer di web server atau email server pada jaringan komputer atau internet. Nama domain sering disebut juga dengan istrilah URL atau alamat website.

Awalnya nama domain hanya bisa dituliskan dengan ke-26 abjad latin, tetapi sekarang sudah sangat mungkin menggunakan abjad asing dengan internasionalisasi nama domain. Sistem nama domain atau DNS merupakan aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari domain.

Domain akan memudahkan seorang pengguna untuk membuaka atau mengakses server tertentu. Domain yang paling terkenal didunia adalah .com sedangkan domain biasanya disatukan dengan nama server dari server tertentu menjadikan lebih mudah di ingat, contohnya google.com, facebook.com, twitter.com, yahoo.com dan lain sebagainya.

Fungsi Domain

Fungsi domain atau nama domain di jaringan internet adalah sebagai berikut:

  • Mempermudah Pengguna Internet Ketika Mengakses Server
    Fungsi domain adalah memudahkan pencarian website, karena sebelum domain ditemukan setiap website yang akan dibuka mengharuskan mengetikkan alamat IP website tersebut.
  • Mempermudah Mengingat Situs Website
    Dengan adanya domain, membuat pengguna internet lebih mudah mengingat situs website. Contohnya adalah domain google.com sangat mudah di ingat di dunia.
  • Menunjukkan Pemilik Website
    Sebuah domain hanya bisa dimiliki atau digunakan untuk satu website saja. Untuk itu, banyak perusahaan besar sering menggunakan nama perusahaan mereka sebagai domain website mereka sehingga para user dapat lebih mudah mengetahui pemilik dari website yang sedang dibukanya.
  • Menggambarkan Jenis Website
    Beberapa website tertentu biasanya dibuat dengan menggunakan domain khusus jenis website tersebut. Website-website organisasi maupun website pendidikan. Contohnya adalah website yang menggunakan domain TLD atau Top Level Domain .org (website organisasi) .edu (website pendidikan). Untuk itu, dengan melihat domain TLD suatu website, kita bisa tahu jenis website tersebut secara langsung.
  • Menunjukkan Negara Asal Website
    Sebagian website tertentu seringkali memakai domain negara mereka sebagai domain websitenya. Website pemerintah maupun organisasi, pendidikan contohnya gov.id (website pemerintah di Indonesia), ac.id (website pendidikan di Indonesia), edu (website pendidikan luar negeri).
Baca Juga:  √ Cara Kerja Wireless Dan Contoh Wireless (Pembahasan lengkap)

Jenis-Jenis Domain

Adapun jenis-jenis atau macam-macam dari domain dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yakni Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD), dan Third Level Domain

Top Level Domain (TLD)

Top level domain yaitu suatu bagian nama domain yang diawali dari sebelah kanan sampai tanda titik. Misalnya adalah google.com maka TLD nya adalah .com, TLD dibagi menjadi dua bagian, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).
Contoh Global Top Level Domain (gTLD) adalah .com, .net, .org, .info, .edu, .mil, .tv, .travel, .xyz

  • .Com : Domain ini digunakan untuk situs yang memiliki kepentingan umum dan kepentingan komersial, dapat dipakai untuk perseorangan atau organisasi tanpa syarat-syarat tertentu.
  • .Net : Domain ini sering digunakan untuk situs yang memiliki kepentingan pada infrastruktur, jaringan atau jaringan lainnya, namun tidak ada batasan penggunaanaya secara luas.
  • .Org : Domain ini dapat dipakai untuk situs dengan kepentingan suatu organisasi
  • .Info : Domain ini dipakai untuk situs yang bersi informasi
  • .Edu : Domain ini dipakai untuk situs yang berisikan pendidikan
  • .Mil : Domain ini dipakai untuk situs yang berkepentingan militer atau angkatan bersenjata
  • .Tv : Domain ini dipakai untuk situs yang berkepentingan di dunia entertainment
  • .Travel : Domain ini dipakai untuk situs pariwisata

Sedangkan contoh Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah .cn, .id, .my, .sg, .uk

  • .Cn : Domain khusus yang dipakai untuk situs di Negara China
  • .Id : Domain khusus yang dipakai untuk situs di Negara Indonesia
  • .My : Domain khusus yang dipakai untuk situs di Negara Malaysia
  • .Sg : Domain khusus yang dipakai untuk situs di Negara Singapore
  • .En : Domain khusus yang dipakai untuk situs di Negara Inggris
Baca Juga:  15 Pengertian Data Menurut Para Ahli Terlengkap

Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain (SLD) adalah suatu nama domain yang sudah didaftarkan pada sebuah domain TLD. Misalnya domain facebook.com, artinya SLD nya adalah “facebook”, sedangkan TLD nya adalah .com

Third Level Domain

Third Level Domain dapat juga disebut dengna sub domain, third level domain ditempatkan sebelum Top Level Domain dan Second Level Domain. Misalnya domain detik.com memiliki sub domain yang banyak misalnya, inet.detik.com, health.detik.com, dan lain sebagainya. Kemudian kebutuhan setiap domain dan sub domain dapat berbeda, tetapi tetap memiliki IP Addres yang sama.

Pengertian Domain, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh

Contoh Domain

Berikut adalah contoh-contoh domain :

  • google.com
  • facebook.com
  • twitter.com
  • yahoo.com
  • studinews.co.id
  • seutarpengetahuan.co.id

Itulah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap) semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 6 votes