Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Manfaat Terlengkap

Posted on

Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Manfaat Terlengkap – Email, tentu sering kita dengan jika kita sering berselancar di dunia internet. Sekarang fungsi email sangat penting dalam memudahkan pengiriman file, foto, video dan lain sebagainya. Dari mulai untuk menerima surat dan bisa digunakan untuk email marketing. Lalu bagaimanakah sejarah dan apa sebenarnya pengertian email?

Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian email, sejarah email, fungsi email, cara kerja email, jenis-jenis email dan manfaat email dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Email (Elektronik Mail/Surat Elektronik)

Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Manfaat
Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Manfaat

Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia surat elektronik. Namun yang paling sering digunakan dalam hal ini adalah email karena lebih mudah diucapkan dan dihafalkan.

Email merupakan layanan pengiriman surat elektronik. Email juga salah satu aplikasi di internet yang paling sering digunakan dalam mengirimkan file,foto, video, dan lain sebagainya.

Dalam Wikipedia email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer seperti internet. Jika dengan surat biasa yang ditulis dengan tangan atau yang di print maka dibutuhkan biaya dalam pengiriman dan juga harus menggunakan perangko, tetapi pada email pada umumnya biaya yang dikeluarkan adalah membayar sambungan internet. Tepi juga ada email yang ditujukan pada telepon genggam yang terkadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Baca Juga:  √ 8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Sejarah Email

Email mulai digunakan pada tahun 1960 an. Ketika itu Internet belum terbentuk, yang ada hanya merupakan kumpulan “mainframe” yang terbentuk sebagai jaringan. Pada tahun 1980 an mulai dipergunakan email dan bisa dinikmati untuk semua orang. Dan pada saat ini penggunaan email sudah jauh melampaui surat biasa yang sering dipakai pada perusahaan pos, sehinga menurunkan pendapatan.

Fungsi Email

Adapun fungsi dari email adalah:

  • Mengirim berkas file (dokumen, surat dll), foto, video, aplikasi dan lain sebagainya
  • Media pengiriman surat elektronik yang lebih cepat dari pada surat biasa
  • Fungsi email sangat penting untuk menawarkan produk dalam suatu email marketing
  • Dengan email orang lebih mudah untuk memberikan informasi atau berita dan lebih cepat sampai
  • Mengirim dan menerima pesan
  • Mengirim dan menerima file
  • Untuk pendaftaran akun media sosial dan keperluan lainnya
  • Sarana promosi
  • Mengaktifkan smartphone

Cara Kerja Email

Untuk mengirimkan email, maka membutuhkan suatu email klien yang disebut dengan program mail-client. Email yang kita kirim akan melewati beberapa poin sebelum sampai pada tujuan. Mulai dari email dikirim akan menuju internet lalu POP3 server penyedia email pertam kemudian mail client (komputer penerima) lalu penerima membaca email yang kita kirim.

Jenis-Jenis Email

Ada beberapa berbagai provider yang menyediakan layanan email gratis dan juga berbayara dan untuk layanan email gratis adalah seperti google, yahoo, microsoft hotmail, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa jenis email antara lain:

Email Gratis

Email gratis merupakan email yang dapat Anda peroleh secara cuma-cuma, tanpa dipungut biaya apapun. Jenis ini hampir dimiliki oleh semua orang pasaa ini. Selama terhubung dengan internet, dari berbagai usia, pekerjaan baik perusahaan dan perorangan banyak yang menggunakan jenis email ini. Contohnya adalh Gmail, Ymail, Hotmail, Outlook yang juga merupakan produk email dari microsoft.

Baca Juga:  Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker Lengkap

Email Berbayar

Sangat berbeda dengan email gratis, email jenis ini mengharuskan pemakainya mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakannya. Pengeluaran biaya berbanding lurus dengan fasilitas yang didapatkan. Salah satu contoh email berbayar adalah laayanan email yang bersifat premium yang dibuat oleh Google. Di email premium google pengguna dapat dengan sesuka hati bisa meminta nama email baik untuk perseorangan atau perusahaan. Seperti [email protected], dan lain sebagainya.

Email Berbayar Dengan Memakai Nama Perusahaan

Email jenis ini mempunyai kelebihan dikarenakan sangat unik, berbeda dengan email yang sering dipakai. Perbedaannya adalah pemakaian nama “custom” sesuai yang Anda inginkan dibelakangnya. Seperti contohnya [email protected]/ Untuk memperoleh email seperti ini salah satu penyedianya adalah layanan fasilitas custom email dari Google.

Webmail

Webmail merupakan email sejenis dengan email berbayar, karena juga menggunakan nama custom dibelakangnya. Perbedaanya adalah anda harus memiliki website terlebih dahulu. Selanjutnya nama identitas email mengikuti domain website anda. Kelebihannya menggunakan email ini adalah gratis ketika Anda masih memiliki website dan secara bebas mengatur dan menggunakannya. Kekurangannya yaitu terbatasnya yang mengikuti layanan website Anda.

Manfaat Email

Email dapat memberikan manfaat yang banyak untuk penggunanya, perusahaan secara umum. Tanpa mempunyai email, kegiatan onling menggunakan internet tidak dapat berjalan dengan baik. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Identitas Pengguna Internet

    Jika di kehidupan sehari-hari kita memiliki KTP, SIM, Paspor, akte kelahiran dan lain sebagainya. Maka di internet kita memiliki yang namanya Email. Hal ini kadang terjadi pada saat kita mendaftar atau mengisi formulir online, offline juga untuk mengisi alamat email miliki pribadi selain juga seperti memasukkan nomor telepon, alamat rumah, umur dan lain sebagainya. Jadi email merupakan identitas pribadi di dunia online dan juga bisa dijadikan identitas perusahaan.

  • Syarat Mendaftar Akun

    Kita tentu diharuskan mempunyai email terlebih dahulu sebelum memiliki akun lain. Maksudnya adalah seperti ketika mendaftar untuk akun facebook, twitter, pinterest, instagram dan lain nya, dan juga pada marketplace seperti bukalapak, tokopedia, kaskus, shopee dan lain sebagainya. Jadi email sangatlah penting untuk mendukung kegiatan online kita.

  • Mendaftar Akun Pada Smartphone Baru

    Ketika membeli sebuah smartphone baru, tentu kita harus mengisi data-data pribadi seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir dan tempat lahir dan tentu saja alamat email. Karena email adalah hal yang sangat penting ketika mendaftar atau registrasi smartphone baru.

  • Syarat Utama Mempunyai Website dan Mengelola Website

    Memiliki website untuk bisnis online wajib mempunyai sebuah email. Email sangat dibutuhkan dalam pembuatan sampai pengelolalannya. Dalam membuat website kalian diwajibkan mendaftarkan email terlebih dahulu ke provider, kemudian baru mendaftarkan domain dan hosting, sedangkan untuk mengelolanya biasanya mengunakan google webmaster tool dan google analytic yang mana itu merupakan layanan google yang mengharuskan memiliki email terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Manfaat Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post