√ Pengertian FTP, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian FTP, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya (Lengkap) – Dalam menggunakan internet, tentu hal yang paling sering kita lakukan adalah browsing, mengirim file, mendownload, mengupload dan berbagai aktivitas lainnya. Tapi pernahkah kalian berfikir kegiatan download atau upload itu bagaimana bisa terjadi? Siapakah yang memiliki peran dalam urusan mengirim data? Itulah yang dikerjakan FTP. Berikut ini kami akan menjelaskan tentang pengertian FTP, manfaat ,cara kerjanya dan juga contoh dari ftp.

Pengertian FTP, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian FTP terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian FTP (File Transfer Protocol)

FTP merupakan kependekan dari File Transfer Protocol, yaitu suatu protokol di internet yang bisa dipakai untuk suatu urusan didalam mengirimkan data dalam suatu jaringan komputer, yang meliputi didalamnya seperti mendownload dan juga upload file yang dilakukan oleh FTP Client dan FTP Server.

Layanan FTP dapat diatur menjadi FTP publik, yang mana semua orang dapat membuka data-data yang berada di server FTP dengan mudah. Selain bisa diatur menjadi FTP publik, layanan ftp ini juga dapat diatur supaya tidak semua orang mengakses data-data yang berada di server, jadi hanya beberapa pengguna terdaftar saja yang mempunyai izin untuk membuka atau mengakses data tersebut.

FTP bekerja memakai salah satu protokol yang paling handal untuk mengurusi komunikasi data antara client dan server, yakni protokol TCP (dengan menggunakan port nomor 21). Adanya protokol ini, diantara client dan server bisa melaksanakan komunikasi sebelum data dikirim.

Baca Juga:  √ Pengertian Media Sosial, Fungsi, Ciri dan Jenisnya (Lengkap)

FTP Server adalah server yang berfungsi memberikan servis pengiriman/tukar menukar data terhada FTP Client dengan syarat FTP client harus meminta (melakukan request) terlebih dahulu terhadap FTP Server.

Sedangkan FTP Client adalah komputer atau perangkat yang meminta layanan tukar menukar daya terhadap FTP server. Apabila sudah terkoneksi dengan FTP server, FTP client bisa melakukan proses download, upload dan lain sebagainya sesuai dengan izin yang sudah diberikan dari FTP server sebelumnya.

Manfaat FTP (File Transfer Protocol)

Adapun manfaat dari FTP dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  • FTP menjadikan transfer data lebih efisien dan reliable.
  • Bisa melaksanakan pertukaran data dengan lebih cepat karena ukuran data tidak menjadi masalah
  • Bisa dilakukan indirect atau implicit remote computer
  • Pemilik situs atau website bisa melaksanakan backup websitenya dengan mudah dan ringan.

Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol)

Cara kerja dari ftp yaitu: FTP bisa dipakai jika user bisa menunjukkan password dan username yang dibutuhkan untuk bisa di authentikasikan dan bisa masuk kedalam server FTP.

User yang sudah terdaftar bisa mengakses seluruh file atau direktori yang ada didalamnya dan membuat user bisa memindahkan, menyalin, membuat dan menghapus file yang berada didalam server.

FTP client untuk bisa digunakan harus tersambung atau terkoneksi dengan FTP server. Selanjutnya jika sudah terhubung dengan FTP server kemudian FTP client bisa memulai melaksanakan pertukaran data yang dilakukan seperti mendownload dan upload file.

Karena FTP adalah suatu protokol maka bisa digunakan untuk keperluan transfer data antar komputer client dan komputer server, dan dengan adanya FTP kita bisa menjadi lebih mudah untuk upload dan mendownload file.

Baca Juga:  √ Pengertian PHP, Sejarah dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Contoh FTP (File Transfer Protocol)

Berikut ini adalah beberapa contoh FTP client yang gratis, yang sebaiknya kalian coba:

1. FileZilla

FileZilla merupakan FTP Client yang paling banyak digunakan, kelebihannya adalah bisa menangani transmisi simultan (transfer multithreaded), support SFTP dan FTPS. Selain itu bisa dipakai untuk semua sistem operasi baik windows, MacOSX ataupun Linux.

2. Cyberduck

Cyberduk bisa menangani berbagai keperluan file transfer yang kalian ingingkan: SFTP, WebDev, Amazon S3, dan lain sebagainya. Tampilan aplikasi ini sangat minimalis sehingga juga mudah digunakan. Tersedia untuk Windows dan MacOSX.

3. Fire FTP

FireFTP adalah add-on Mozilla Firefox yang mempunyai fitur FTP/FTPS client tetapi langsung dari browser kalian. Tersedia untuk Windows, MacOSX dan Linux.

Pengertian FTP, Manfaat, Cara Kerja, Contoh

4. Classic FTP

Classic FTP merupakan FTP client yang gratis untuk pemakaian non-komersial. Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sederhana, yang memiliki kelebihan karena mudah digunakan. Tersedia untuk Windows dan MacOSX.

Itulah penjelasan tentang Pengertian FTP, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya (Lengkap) semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 6 votes