Pengertian Investasi, Fungsi, Jenis, Bentuk, Tujuan, Manfaat Terlengkap

Posted on

Pengertian Investasi, Fungsi, Jenis, Bentuk, Tujuan, Manfaat Terlengkap – Dijaman serba maju sekarang ini, banyak bermunculan investasi. Investasi banyak dicarai dan dijalankan sebagai bisnis. Dalam investasi banyak cara untuk mengikutinya, misalnya investasi emas, perak, tanah, properti, apartemen dan lain sebagainya.

Lalu apa sebenarnya investasi itu? Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi, fungsinya, jenis-jenis investasi yang ada sekarang ini, bentuk, tujuan, manfaat dari investasi yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Agar kalian bisa menyerap ilmunya, silakan baca ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Investasi

Investasi adalah pengeluaran penanaman modal suatu perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi untuk tambhan kekuatan produksi barang dan jasa yang sudah disediakan dalam perekonomian.

Pengertian lain dari investasi yaitu istilah penanaman modal atau pembentukan modal yang merupakan suatu komponen kedua yang menentukan pengeluaran agregat. Tabungan dari sektor rumah tangga dengan institusi-institusi keuangan akan menuju pada sektor perusahaan. Apabila para pengusahan memakai uang mereke untuk membeli barang-barang modal, pengeluaran tersebut dinamakan investasi.

Fungsi Investasi

Fungsi dari investasi adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi investasi adalah suatu pengeluaran-pengeluaran untuk pembelian barang modal dan sebuah peralatan produksi yang tujuannya untuk mengganti dan menambah suatu barang-barang modal dalam suatu perekonomian yang akan dipakai untuk memproduksi barang dan jasa di masa mendatang (sudono, 2000)
  2. Fungsi investasi berikutnya adalah kurva yang memperlihatkan sebuah keterkaitan antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional. Fungsi investasi ini dibadi menjadi dua, yaitu:
    • Sejajar dengan sumbu datar
    • Bentuknya naik ke atas ke sebelah kanan
Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya (Bahas Lengkap)
Pengertian Investasi, Fungsi, Jenis, Bentuk, Tujuan, Manfaat
Pengertian Investasi, Fungsi, Jenis, Bentuk, Tujuan, Manfaat Terlengkap

Jenis-Jenis Investasi

Jenis-jenis investasi atau macam-macam investasi bisa dibagi menjadi empat, yaitu berdasarkan aset, berdasarkan pengaruh, berdasarkan sumber pembiayaan dan berdasarkan bentuknya. Yang masing-masing tersebut akan dijelaskan dibawah ini:

Jenis-Jenis Investasi Berdasarkan Aset

Jenis-jenis investasi berdasarkan asetnya merupakan penggolongan investasi dari sudut aspek modal dan kekayaan. Terdapat dua jenis investasi berdasarkan asetnya, yakni:

  • Real Asset: Berbentuk investasu yang wujudna seperti gedung-gedung, kendaraan dan lain sebagainya.
  • Financial Asset: Berupa dokumen (surat-surat) klaim tidak langsung dari pemegangnya kepada sebuah kegiatan riil pihak yang mengeluarkan sekuritas tersebut

Jenis-Jenis Investasi Berdasarkan Pengaruh

Jenis investasi berdasarkan pengaruh merupakan investasi yang berdasarkan dari faktor yang mempengaruhi atau tidak berpengaruh dari suatu aktivitas investasi. Terdapat dua jenis berdasarkan pengaruhya, yakni:

  • Investasi Autonomus: Yaitu investasi yang tidak terpengaruh terhadap tingkat pendapatan dan sifat spekulutif. Contohnya adlaah pembelian surat-surat berharga
  • Investasi Induced: Yaitu investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintan terhadap barang dan jasa serta dalam tingkat pendapatan. Contohnya adalah pengahsilan transitori yaitu suatu penghasilan yang didapatkan selain dari bekerja, seperti bunga dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaan

Jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaan merupakan investasi yang berdasarkan pada asal-usul investasi didapatkan. Teradapat dua jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaannya, yakni:

  • Investasi bersumber dari modal asing
  • Investasi bersumber dari modal dalam negeri

Jenis-Jenis Investasi Berdasarkan Bentuk

Jenis investasi berdasarkan bentuknya adalah investasi yang berdasarkan pada cara penanaman investasi tersebut. Terdapat dua jenis investasi berdasarkan bentuk, yaitu:

  • Investasi Portopolio: Adalah bentuk investasi yang dilaksanakan melalui pasar modal dengan instrumen surat berharga, misalnya adalah seperti pada saham dan obligasi.
  • Investasi Langsung: Adalah bentuk investasi yang dilaksanakan dengan membangun, membeli total, atau mengakuisisi suatu perusahaan.
Baca Juga:  19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Terlengkap

Bentuk-Bentuk Investasi

Bentuk dari investasi adalah sebagai berikut:

  • Investasi Tanah
    Dengan investasi berbentuk tanah agar bisa menambah populasi dan penggunaan tanah maka harga tanah akan meningkat di masa yang akan datang.
  • Investasi Pendidikan
    Dengan bertambahkan pengetahuan dan keahlian maka dapat menambah harapan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar
  • Investasi Saham
    Dengan melakukan investasi saham dapat diharapkan perusahaan memperoleh keuntungan dari hasil kerja atau penelitian
  • Investasi Mata Uang Asing
    Dengan melakukan investasi mata uang asing dapat diharapkan investor akan memperoleh keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal.

Tujuan Investasi

Adapun tujuan dari investasi adalah:

  • Untuk memperoleh pendapatan yang tetap dalam setiam periode, yakni antara lain seperti bunga, royalti, deviden, atau uang sewa dan lain sebagainya.
  • Untuk membentuk suatu dana khusus, seperti dana untuk suatu kebutuhan ekspansi, kepentingan sosial
  • Untuk mengendalikan atau mengontrol perusahaan lain, dengan pemilikan sebagaian ekuitas suatu perusahaan tersebut.
  • Untuk menjamin tersedianya suatu bahan baku dan untuk memperoleh pasar untuk produk yang dihasilkan
  • Untuk mengurangi persaingan antara sebuah perusahaan-perusahaan yang sejenis
  • Untuk menjaga hubungan antar perusahaan

Manfaat Investasi

Adapun manfaat dari investasi adalah sebagai berikut:

  • Dapat menjadi potensi pendapatan jangka panjang
  • Dapat mengungguli inflasi
  • Dapat memberikan suatu penghasilan yang tetap
  • Dapat menyesuaiakan dengan suatu perubahan kepentingan
  • Dapat berinvestasi sesuai dengan suatu keadaan keuangan Anda

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Investasi, Fungsi, Jenis, Bentuk, Tujuan, Manfaat Terlengkap semoga dapat membantu dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artkel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Baca Juga:  28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
Rate this post