√ 22 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

22 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dikesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian investasi yang dikemukakan oleh para ahli. Sehingga kita akan mengerti apa saja definisi dari investasi menurut pakarnya. Agar lebih jelasnya yuk ikuti ulasan dibawah ini dengan seksama.

22 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian investasi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui pengertian investasi yang dikemukakan oleh para ahli, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi secara umum. Investasi dalam ilmu ekonomi adalah pengeluaran penanaman modal perusahaan untuk pembelian barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi untuk menambah kekuatan produksi barang dan jasa yang telah tersedia dalam perekonomian.

Setelah mengetahui investasi secara umum, berikut ini adalah pengertian investasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli yang sudah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Henry Simamora

Henry Simamora mengemukakakan, Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi misal pendapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain-lain, untuk apresiasi nilai, investasi atau juga untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi melalui hubungan dagang.

Baca Juga:  √ Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk & Contoh

2. Sudono (2000)

Sudono mengemukakan Investasi adalah pengeluaran-pengeluaran untuk membeli barang modal dan sebuah peralatan produksi yang bertujuan untuk mengganti dan menambah suatu barang-barang modal dalam suatu perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan.

3. Sunariyah

Sunariyah mengemukakan Investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

4. James C Van Horn

James C Van Horn mengemukakan Investasi adalah kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas sekarang dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang.

5. Sadono Sukirno

Sadono Sukirno mengemukakan Investasi adalah pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.

6. Mulyadi

Mulyadi mengemukakan Investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang.

7. Haming dan Basalamah

Haming dan Basalamah mengemukakan Investasi adalah pengeluaran saat sekarang untuk membeli aktiva real seperti tanah, rumah, mobil, dan lain-lain atau juga aktiva keuangan memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di masa yang mendatang, selanjutnya dikatakan investasi adalah aktivitas yang berkatian dengan usaha penarikan sumber-sumber atau dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

8. Fitz Gerald

Fitz Gerald mengemukakan Investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang. Barang modal itu selanjutnya akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Baca Juga:  √ Pengertian Diversifikasi, Tujuan, Bentuk, Strategi dan Manfaatnya

9. Wikipedia

Wikipedia mengemukakan Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi.

10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

11. Jogiyanto

Jogiyanto mengemukakan Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktiv selama periode waktu tertentu.

12. Nanga (2001:124)

Nanga mengemukakan Investasi adalah tambahan bersih terhadap stok kapital yang ada atau bisa juga disebut akumulasi modal.

13. Kamaruddin Ahmad

Kamaruddin Ahmad mengemukakan Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut.

14. Salim HS dan Budi Sutrisno

Salim HS dan Budi Sutrisno mengemukakan Investasi adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun investor domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

15. Ensiklopedia Indonesia

Ensiklopedia Indonesia mengemukakan Investasi adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesin, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya.

16. Kamarauddin

Kamarauddin mengemukakan Investasi dalam tiga artian yaitu:

  • Investasi yaitu suatu tindakan untuk membeli saham, obligasi atau surat penyertaan lainnya.
  • Investasi merupakan suatu tindakan untuk membeli barang-barang modal.
  • Investasi adalah pemanfaatan dana yang tersedia untuk dipergunakan dalam produksi dengan pendapatan di masa yang akan datang.

17. Gitman dan Joehnk (2005:3)

Gitman dan Joehnk mengemukakan Investasi adalah Investment is any vehicle into which funds can be played with expectation that it will generate positive income and/or preserve or increase its value. Artinya investasi adalah suatu sarana dimana dana dapat ditempatkan dengan harapan hal tersebut akan menghasilkan pendapatan positif dan/atau menjaga atau meningkatkan nilainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

18. Tandelilin (2010:2)

Tandelilin mengemukakan Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumberdaya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa datang.

19. Martalena dan Malinda (2011:1)

Martalena dan Malinda mengemukakan Investasi adalah bentuk penundaan konsumsi di masa sekarang untuk memperoleh konsumsi di masa yang akan datang, dimana didalamnya terkandung unsur risiko ketidakpastian sehingga dibutuhkan kompensasi atas penundaan tersebut.

20. PSAK No.13 dalam Standar Akuntansi Keuangan per 1 Oktober 2004 dalam Fahmi dan Hadi (2011:6)

PSAK mengemukakan Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (acceraton of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalti, dividen dan uang sewa), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi perusahan yang berinvestasi seperti manfaat yang diperoeh melalui hubungan perdagangan.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

21. Sophar Lumbantoruan (1996:59)

Sophar Lumabtoruan mengemukakan Investasi adalah penyertaan modal pada perusahaan lain

22. Farid Harianto dan Siswanto Sudomo (1998:2)

Farid Harianto dan Siswanto Sudomo mengemukakan Investasi adalah suatu kegiatan menempatkan dana pada suatu atau lebih dari satu aset (assets) selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan dan atau peningkatan investasi.

Itulah tadi telah dijelaskan tentang 22 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa menambah wawasan kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 10 votes