Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan Terlengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan Terlengkap – Setelah beberapa waktu lalu sudah dibahas tentang Manajemen. Untuk itu kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen perusahaan. Yang mana penjelasan ini meliputi pengertian manajemen perusahaan,fungsi atau tugas manajemen perusahaan dan tingkatan manajemen perusahaan yang dibahas dengan lengkap dan rinci. Untuk itu simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

Pengertian Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan merupakan suatu proses memimpin, administrasi, dan mengarahkan perusahaan. Didalam proses tersebut, manajemen menggunakan berbagai sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Biasanya manajemen perusahaan tidak berbeda dengan manajemen-manajemen lainnya. Adapun pembedanya terletak pada fungsinya, tugas dari sistem manajemen itu sendiri.

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian diatas, berikut ini adalah beberapa pengertian manajemen perusahaan yang dikemukakan oleh ahli.

1.Mary Parker

Mary Parker mengemukakan manajemen perusahaan adalah suatu seni, dimana tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

2.Lawrance A Appley

Lawrance A Appley mengemukakan manajemen perusahaan adalah sebuah seni untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan dan dilaksanakan dengan usaha orang lain

3.Wilson

Wilson mengemukakan manajemen perusahaan adalah sebuah rangkaian tindakan-tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistem yang sistematis.

4.Stoner

Stoner mengemukakan manajemen perusahaan adalah sebuah ilmu manajmen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pendengalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Baca Juga:  √ Pengertian Sekretaris Dan Tugas Sekretaris (Pembahasan Lengkap)

5.Koontz

Koontz mengemukakan manajemen perusahaan adalah adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu, ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing-masing saling melengkapi.

6.George R. Terry (1997)

George R. Terry mengemukakan manajemen perusahaan adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actualing, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.

Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan
Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan Terlengkap

Fungsi Manajemen Perusahaan

Suatu perusahaan memakai sistem departemen atau divisi yang mempunyai kemepimpinan bertingka. Seringkali perusahaan mempunyai 10 divisi dengan fungsi dan tugas yang berbeda. Berikut ini adalah divisi pada perusahaan dengan fungsinya:

  • Human Resources Development (HRD)
    Fungsi dan tugas dari Human Resources Development (HRD) adalah memberikan saran serta wawasan untuk menarik, mempertahankan dan memberikan apresiasi terhadap para karyawan.
  • Credit Risk
    Pada divisi ini adalah berfungsi untuk mengawasai dan melindungi aset perusahaan. Divisi ini mempunyai informasi lengkap dan bisa berpengaruh pada perusahaan. Bagian ini diwajibkan mempunyai informasi yang lengkap berhubungan dengan pasar, pesaing, produk dan hal lain yang bisa mempengaruhi perusahaan supaya divisi lain dapat bertindak se efektif mungkin dan meminimalisir risiko yang ada.
  • Corporate Treasury
    Fungsi dan tugas dari Corporate Treasury adalah melakukan pengelolaan sumber daya keuangan keseluruhan perusahan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam melakukan tugasnya, divisi ini bekerja sama dengan manajemen senior, unit bisnis dan juga regulator sehinga bisa memasitkan efisiensi pemakaian dana dan perputaran keuangan perusahaan.
  • Compliance
    Divisi ini memiliki tugas mengidentifikasi dan memberikan bimbingan terhadap pelanggar peraturan dan membuat rencana program yang efektif dalam mendukung komitmen perusahaan
  • Firm Risk Management
    Pada divisi ini memiliki tugas melakukan pengembangan manajemen risiko untuk dimanfaatkan secara khusus dalam kerjasama perusahaan.
  • Firm Strategy dan Execution
    Pada divisi ini mempunyai tugas dalam membantu pengambilan keputusan untuk memperkuat bidan jasa keuangan global. Divisi ini juga memberikan nasihat tentang alternatif strategi dengan analisa dinamika industri yang ada dalam dunia bisnis.
  • Finance
    Finance atau divisi keuangan memiliki tugas membuat laporan keuangan perusahaan kepada Chief Financial Officer.
  • Internal Audit
    Pada divisi ini memiliki tugas membuat tinjauan independen dari kualitas pengendalian internal, manajemen risiko dan juga sistem tata kelola proses perusahaan.
  • Market Risk
    Pada divisi ini memiliki tugas dalam pengelolaan semua eksposur risiko pasar yang muncul dari kegiatan bisnis perusahaan. Market risk juga membantu perusahaan untuk meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan dengan melihat peluang melalui proses manajemen risiko pasar.
  • Operational Risk
    Pada divisi ini bekerja sama dengan unit bisnis dan kelompok kontrol untuk memastikan suatu perusahaan mempunyai program yang transparan, konsisten dan komprehensif untuk mengelola risiko operasional. Baik itu risiko dari internal ataupun eksternal perusahaan.
Baca Juga:  27 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Sedangkan menurut Louis A. Alen, fungsi utama manajamen adalah: Memimpin (Leading), Merencanakan (Planning), Menyusun (Organizing) dan Mengawasi (Controlling).

Memimpin (Leading)
Untuk meraih tujuan perusahaan, seorang manajer tentu harus mempunyai tugas untuk memimpin rekan kerja dalam perusahaan. Lebih detailnya tugas seorang pemimpin atau manajer adalah:

  • Mengambil keputusan
  • Melakukan komunikasi
  • Memberikan motivasi
  • Memilah orang
  • Pengembangan orang lain dengan menilai hasil kinerja, memberikan saran dan memberikan latihan

Merencanakan (Planning)
Tugas manajemen perusahaan dalam menjalankan tugas atau fungsi perencanaan adalah:

  • Meramalkan waktu yang akan datang
  • Membuat target dan sasaran
  • Membuat rencana susunan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai target
  • Mengatur susunan waktu pelaksanaan
  • Budgeting atau menyusun rencana anggaran biaya
  • Membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan
  • Menetapkan dan menafsirkan kebijakan pelaksanaan pekerjaan

Menyusun (Organizing)
Fungsi dari organizing atau menyusun dalam manajemen perusahaan adalah:

  • Mendesain struktur organisasi
  • Penentuan job description dari setiap jabatan untuk mencapai sasaran organisasi
  • Mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang menetapkan pertanggungjawaban untuk hasil yang dicapai
  • Menetapkan hubungan-hubungan yang menjadi pembeda antara atasan dan staff
  • Mendeskripsikan hal yang dianggap efektif berhubungan dengan memanfaatkan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran

Mengawasi (Controlling)
Dalam melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pengamatan, fungsi manajemen perusahaan adalah:

  • Melakukan pengembangan pekerjaan
  • Melakukan pengukuran hasil kerja
  • Melakukan perbaikan dan mengoreksi kesalahan

Tingkatan Dalam Manajemen Perusahaan

Dalam suatau organisasi atau perusahaan, tingkatan manajemen dapat dibagi menjadi tiga golongan, yakni:

1.Top Management

Top management adalah jenjang yang paling tinggi atau disebut juga dengan manajer senior, eksekutif kunci. Top management memiliki tanggung jawab atas kebijakan dan strategi perusahana yang selanjutnya diterjemahkan secara lebih khusus oleh manajer di atasnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Media Komunikasi Beserta Fungsinya (Lengkap)

2.Middle Management

Middle management mempunyai tugas mengawasi sebagian unit kerja dan menerapkan rencana yang sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi dan melaporkannya kepada top management.

3.Lower Management

Lower management merupakan tingkatan yang paling bawah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga operasional. Lower management disebtu juga dengan istilah Operasional, Mandor, Supervisor, dan kepala Seksi.

Itulah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan Terlengkap semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya:

Silakan Baca Juga:

Rate this post