27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap – Setelah sebelumnya membahas tentang pengertian promosi secara umum, di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian promosi yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Yang mana pengertian ini dikemukakan oleh ahli yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

1.Boyd (2000:65)

Boyd mengemukakan pengertian promosi adalah upaya untuk membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

2.Swastha (2000:22)

Swastha mengemukakan pengertian promosi adalah promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian promosi adalah kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan pameran, periklanan, demontrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasif.

4.Stanton (1993)

Stanton mengemukakan pengertian promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.

5.Saladin (2003)

Saladin mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didaya gunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Uang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

6.Zimmerer (2002)

Zimmerer mengemukakan pengertian promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publistas, penjualan perorangan dan periklanan.

7.Marwan Asri (1991)

Marwan Asri mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu bagian dari marketing mix yang besar peranannya. Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

8.Ratih Hurriyati

Ratih Hurriyati mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatau program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mengenal ataupun mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.

9.American Marketing Association (AMA)

AMA mengemukakan pengertian promosi yang dikutip dari bukunya Sustina (2003) adalah sales promotion is media and non media marketing pressure applied for a predetermined, limited period of time in order to stimulate trial, increase consumer demand, or improve product quality. Promosi adalah upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap

10.Rambat Lupiyoadi (2006:120)

Rambat Lupiyoadi mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk kita.

11.Kotler (2000:119)

Kotler mengemukakan pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

12.Gitosudarmo (2000:237)

Gitosudarmo mengemukakan pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepad mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Baca Juga:  19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Terlengkap

13.Sistaningrum (2002:98)

Sistaningrum mengemukakan pengertian promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.

14.Swastha dan Irawan (2005:349)

Swastha dan Irawan mengemukakan pengertian promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

15.Tjiptono (2002:219)

Tjiptono mengemukakan pengertian promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya agar bersedian menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

16.Madura (2001:157)

Madura mengemukakan pengertian promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan tentang spesifikasi produk atau merek.

17.Kusmono (2001:374)

Kusmono mengemukakan pengertian promosi adalah usaha yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.

18.Suryana (2001:112)

Suryana mengemukakan pengertian promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli

19.Boone dan Kurtz (2002:129)

Boone dan Kurtz mengemukakan pengertian promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

20.Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman(2002:123)

Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman mengemukakan pengertian promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi membeli dan mengingat produk tersebut.

21.Buchari Alma (2006:179)

Buchari Alma mengemukakan pengertian promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenani barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen.

22.Kotler dan Keller (2010:496)

Kotler dan Keller mengemukakan pengertian promosi adalah sarana dimana perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen baik secara langsung atau tidak langsung tentang suatu produk dan merek yang mereka jual.

Baca Juga:  √ 30 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

23.Stanton (2007:456)

Stanton mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu unsur dalma bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan dengan harapan mempengaruhi penerima, sehingga merasa percaya.

24.Agus Hermawan (2013:38)

Agus Hermawan mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu prioritas dari kegitan pemasaran yang diberitahukan kepada konsumen bahwa perusahaan meluncurkan produk baru yang menggoda konsumen untuk melakukan kegiatan pembelian.

25.Kotler dan Armstrong (2012:76)

Kotler dan Armstrong mengemukakan pengertian promosi adalah promotion means activities that communicate the merits of the product and persuade targe customers to buy it. Artinya promosi merupakan kegiatan yang mengkomunikasikan manfaat dari sebuah produk dan membujuk target konsumen untuk membeli produk tersebut.

26.Daryanto (2011:94)

Daryanto mengemukakan pengertian promosi adalah kegiatan terakhir dari marketing mix yang sangat penting karena kebanyakan pasar lebih banyak bersifat pasar pembeli dimana keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh konsumen

27.Rangkuti (2009:49)

Rangkuti mengemukakan pengertian promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan.

Itulah 27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap yang dapat kami jelaskan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Save

Rate this post