Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur Terlengkap

Posted on

Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur Terlengkap – Setelah pada postingan sebelumnya kita telah membahas pengertian sistem menurut para ahli. Pada penjelasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian sistem, elemen-elemen sistem, jenis-jenis sistem, ciri-ciri dan unsur sistem secara lengkap. Agar lebih mengetahuai mendalam silakan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sistem

Kata sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang merupakan suatu kesatuan yang tersusun atas komponen atau elemen yang dikaitkan secara bersama untuk mempermudah aliran informasi, materi atau energi untuk meraih suatu tujuan.

Pengertian lain dari sistem adalah suatu kumpulan objek atau unsur-unsur atau bagian-bagian yang mempunyai arti tidak sama yang saling mempunyai hubungan, saling bekerjasama dan saling mempengaruhi satu sama lainnya dan juga mempunyai keterikatan terhadap rencana atau plane yang sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu pada lingkungan yang kompleks.

Elemen-Elemen Sistem

Terdapat elemen pembentuk suatu sistem, yakni tujuan, masukan, proses, keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik dan juga lingkungan. Elemen-elemen tersebut adalah sebagai berikut:

1.Tujuan

Setiap sistem mempunyi tujuan (goal) baik hanya satu tujuan atau banyak. Pada tujuan tersebut yang akan memotivasi dalam mengarahkan sistem. Dengan tidak adanya tujuan, sistem menjadi tidak terarah dan tidak terkendali. Yang tentu saja antara satu sistem dengan sistem lainnya tetap berbeda.

2.Masukan

Masukan atau input sistem yaitu seluruh sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan kemudian menjadi bahan yang diproses. Masukan bisa dalam bentuk hal-hal yang memiliki wujud nyata ataupun masukan yang tidak tampak. Contoh masukan yang memiliki wujud adalah bahan mentah, selanjutny contoh yang tidak berwujud yakni informasi (seperti permintaan jasa pelanggan).

Baca Juga:  Pengertian Gaji, Faktor Besarnya, Tujuan Pemberian, Sistem Penggajian, Metode Pembayaran Terlengkap

3.Proses

Proses adalah bagian yang melaksanakan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang lebih bermanfaat dan lebih memiliki nilai, seperti dalam bentuk informasi dan produk, tetapi juga dapat berupa hal-hal yang tidak berguna. Seperti sisa pembuagan atau limbah. Pada pabrik kimia, proses bisa dalam bentuk bahan mentah, pada rumah sakit proses bisa dalam bentuk pembedahan pasien.

4.Keluaran

Keluaran atau output adalah hasil dari pemrosesaan. Pada sistem informasi, keluaran dapat dalam bentuk suatu informasi, saran, cekatan laporan dan sebagainya.

5.Batas

Batas (boundary) sistem merupakan pemisah antara sistem dan daerah pada luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, dan kemampuan sistem. Sebagai contoh, tim sepak bola memiliki aturan permainan dan keterbatasan kemampuan pemain. Pertumbuhan suatu toko kelontong dipengaruhi oelh pembelian pelanggan, gerakan pesaing dan terbatasnya dana dari bank. Tentu saja batas suatu sistem bisa dikurangi atau dimodifikasi sehingga akan mengubah perilaku sistem. Sebagai contoh, dengan menjual saham ke publik atau sebuah perusahaan bisa mengurangi keterbatasan dana.

6.Mekanisme Pengendalian Dan Umpan Balik

Mekanisme pengendalian (control mechanism) dilakukan dengna memanfaatkan umpan balik (feedback), yang membahas keluaran. Umpan balik ini dimanfaatkan untuk mengendalikan baik masukan ataupun proses.

7.Lingkungan

Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di luar sistem. Lingkungan dapat mempengaruhi pada operasi sistem dalam arti dapat merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan agar tidak menganggu kelangsungan operasi sistem, sedangkan yang menguntungkan sistem adalah tetapi harus dijaga, dikarenakan akan menimbulkan kelangsungan hidup sistem.

Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur
Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur Terlengkap

Jenis-Jenis Sistem

Terdapat beberapa jenis sistem berdasarkan:

Atas dasar keterbukaan:

Baca Juga:  √ Pengertian Supervisor, Fungsi, Tugas, Syarat dan Kegiatannya
  • Sistem terbuka, yang mana pihak luar bisa mempengaruhi.
  • Sistem tertutup

Atas dasar komponen:

  • Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi
  • Sistem non-fisik atau konsep, yang terdapat ide-ide

Ciri-Ciri Sistem

Sistem terdiri atas 8 bagian yakni sebagai berikut:

  1. Komponen sistem
    Suatu sistem tersusun atas beberapa komponen yang saling berhubungan, yang artinya saling bekerja sama untuk membentuk satu kesatuan.
  2. Batasan Sistem (boundary)
    Batasan sistem mencakup daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
  3. Lingkungan Luar Sistem
    Lingkungan luar sistem yakni diluar batas dari sistem yang sudah terpengaruh oleh operasi sistem tersebut. Lingkungan dapat pula bersifat menguntungkan yang wajib dijaga dan yang tidak menguntungkan harus dikendalikan dan dijaga, apabila tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem tersebut.
  4. Penghubung Sistem (Interface)
    Penghubung sistem yakni media yang menghubungkan antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Dengan penghubung tersebut maka bisa memungkinkan sumber-sumber daya akan mengalir dari subsistem terhadap subsistem yang lain.
  5. Masukan Sistem atau Input
    Masukan adalah energi yang dimasukkan pada suatu sistem yang dapat berbentuk perawatan atau maintance input dan signal, input atau masukan signal.
  6. Keluaran Sistem atau Output
    Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi output yang bermanfaat dan sisa pembuagan.
  7. Pengolah Sistem
    Suatu sistem menjadi suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Sistem produksi akan mengolah bahan baku tersebut menjadi bahan jadi.
  8. Sasaran Sistem
    Suatu sistem pasti mempunyai goal ataupun tujuan atau sasaran dalam bentuk objek. Sasaran dari sistem tersebut sangat menentukan masukan atau input yang diperlukan oleh sistem dan keluaran yang akan dihasilkan oleh sistem.
Baca Juga:  √ Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peranannya Lengkap

Unsur Sistem

Unsur dalam sistem adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat kumpulan atau kesatuan objek
  2. Adanya hubungan atau interaksi antara unsur-unsur atau elemen-elemen
  3. Adanya sesuatu yang mengikat unsur-unsur tersebut menjadi suatu satu kesatuan
  4. Berada pada suatu lingkungan yang utuh dan kompleks
  5. Ada tujuan bersama atau output sebagai hasil akhirnya.

Itulah diatas telah dijelaskan tentang Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post