√ 42 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

42 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) -Kata sistem sering kita dengar dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari. Istilah ini sering digunakan dalam banyak hal, dan berbagai bidang sehingga artinya menjadi sangat banyak. Sistem sering dipakai untuk menunjukkan suatu entitas yang saling berinteraksi satu sama lainnya. Kata sistem dalam bahasa Yunani disebut dengan Sustema yang artinya suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang di yang dihubungkan dalam memudahkan aliran informasi, materi dan energi.

Selain pengertian diatas, berikut ini kami juga akan memberikan rangkuman pengertian sistem menurut para ahli yang secara lengkap dan detail. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

42 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian sistem terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Berikut ini adalah definisi dari sistem menurut ahlinya.

1. Sutarman

Sutarman mengemukakan pengertian sistem adalah kumpulan elemen yang saling berinteraksi dalam suatu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.

2. Arifin Rahman

Arifin Rahman mengemukakan pengertian sistem adalah suatu kumpulan pendapat pendapat, (collection of opinions), prinsip prinsip (principles), dan lain yang membentuk suatu kesatuan yang berhubung hubungan satu sama lain.

Baca Juga:  √ Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peranannya Lengkap

3. Jerry Fith Gerald

Jerry Fith Gerald mengemukakan pengertian sistem adalah suatu jaringan kerja dair prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

4. Edgar F. Huse dan James L. Bowdict

Edgar F. Huse dan James L. Bowdict mengemukakan pengertian sistem adalah suatu serti atau rangkaian beberapa bagian yang berhubungan dan bergantung sedemikian rupa, hingga menimbulkan interaksi dan saling pengaruh.

5. Robert Allen dan Mark Victor Hansen

Robert Allen dan Mark Victor Hansen mengemukakan pengertian sistem adalah prosedur yang terorganisir dan mapan yang membuahkan hasil.

6. Anatol Raporot

Anatol Raporot mengemukakan pengertian sistem adalah suatu komponen kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.

7. J. C Hinggins

J.C Hingins mengemukakan pengertian sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.

8. Pilecki

Pilecki mengemukakan pengertian sistem adalah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut.

9. Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan

Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan mengemukakan pengertian sistem adalah serangkaian komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

10. Webster’s Unabridged

Webster’s Unabridged mengemukakan pengertian sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.

11. Davis, G.B

Davis, G.B mengemukakan pengertian sistem adalah sekumpulan elemen yang beroperasi secara bersama untuk menyelesaikan dan mencapai sasaran tertentu.

12. John Mc Manama

John Mc Manana mengemukakan pengertian sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

13. Salisbury

Salisbury mengemukakan pengertian sistem adalah sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.

14. Poerwadarminta

Poerwadarminta mengemukakan pengertian sistem adalah sekelompok bagian-bagian berupa alat dan lain sebagainya yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.

15. Inu Kencana Syafie

Inu Kencana Syafie mengemukakan pengertian sistem adalah kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya.

16. Sumantri

Sumantri mengemukakan pengertian sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud.

17. C.W. Churchman

C.W. Churchman mengemukakan pengertian sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan dengan selaras dan harmonis untuk melaksanakan seperangkat pada tujuan.

18. Andri Kristanto

Andri Kristanto mengemukakan pengertian sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

19. Prajudi

Prajudi mengemukakan pengertian sistem adalah suatu jaringan dari prosedur-prosedur yang berkaitan satu sama lain menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi utama.

Baca Juga:  √ Pengertian Asuransi Jiwa Berserta Jenis & Manfaatnya (Lengkap)

20. Indrajid

Indrajid mengemukakan pengertian sistem adalah mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

21. Colin Cherry

Colin Cherry mengemukakan pengertian sistem adalah suatu keseluruhan yang dibentuk dari banyak bagian dari berbagai macam sifat.

22. Ludwig Von Bartalanfy

Ludwig Von Bartalanfy mengemukakan pengertian sistem adalah seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.

23. A. Hall dan R.Fagen

A.Hall dan R. Fagen mengemukakan pengertian sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan diantara objek tersebut serta hubungan antara sifat yang mereka miliki.

24. Gordon B. Davis

Gordon B. Davis mengemukakan pengertian sistem adalah terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberaa sasaaran dan maksud.

25. Musanef

Musanef mengemukakan pengertian sistem adalah suatu sarana yang menguasai pekerjaan dan keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.

26. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian sistem adalah:

  1. Sistem merupakan perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran dara di tubuh.
  2. Sistem merupakan susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dsb. Contoh: pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb)
  3. Sistem adalah metode. Contoh: pendidikan (klasikal, individual, dsb)

27. Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler mengemukakan pengertian sistem adalah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian tertentu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergantungan tersebut.

28. L. James Havery

L. James Havery mengemukakan pengertian sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling ketergantungan satu sama lainnya.

29. Djekky R. Djoht

Djekky R. Djoht mengemukakan pengertian sistem adalah agregasi atua pengelompokkan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni, sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

30. Bertalanfy

Bertalanfy mengemukakan pengertian sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

31. O’Brien

O’brien mengemukakan pengertian sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

32. Mulyadi

Mulyadi mengemukakan pengertian sistem adalah adalah pada dasarnya merupakan sekelompok unsur yang erat berhubungan antara satu dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Dropship, Cara Kerja, Keuntungan dan Kelemahannya

33. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat mengemukakan pengertian sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak.

34. Umar Fahmi Achmadi

Umar Fahmi Achmadi mengemukakan pengertian sistem adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam rangka waktu tertentu dan terencana.

35. Zulkifli A.M

Zulkifli A.M mengemukakan pengertian sistem adalah himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, dan saling mendukung mendukung, yang secara kelesuruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

36. Ashar Susanto

Ashar Susanto mengemukakan pengertian sistem adalah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/kelompok apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.

37. Jogianto

Jogiyanto mengemukakan pengertian sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

38. L. Ackof

L.Ackof mengemukakan pengertian sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

39. Murdick, R.G

Murdick, R.G mengemukakan pengertian sistem adalah seperangkat elemen-elemen yang membentuk suatu kumpulan dari berbagai prosedur atau berbagai bagan pengolahan untuk mencari sebuah tujuan bersama dengan cara mengoperasikan data maupun barang untuk menghasilkan suatu informasi.

40. Mc Leod (2001)

Mc Leod mengemukakan pengertian sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

41. Lucas (1993)

Lucas mengemukakan pengertian sistem adalah suatu himpunan komponen atau variabel yang teroganisasi, saling berinteraksi, saling bergantungan satu sama lain dan terpadu.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

42. Wilkinson (1993)

Wilkinson mengemukakan pengertian sistem adalah suatu kerangka kerja terpadu yang mempunyai satu sasaran atau lebih. Sistem ini mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengubah masukan-masukan menjadi keluaran. Sumber daya dapat berupa manusian, bahan, mesin, maupun tenaga surya tergantung pada jenis sistem yang dibicarakan.

Itulah telah dijelaskan tentang 42 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 10 votes