11 Pengertian Web Server Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

11 Pengertian Web Server Menurut Para Ahli Terlengkap – Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang web server, fungsi web server dan jenis dan lain sebaginya, maka kali ini kami akan menjelaskan tentang web server menurut para ahli. Yang mana pengertian web server menurut para ahli ini sudah dirangkum dari berbagai sumber, agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui pengertian web server, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud web menurut para ahli.

1.Yuhefizar

Yuhefizar mengemukakan pengertian web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi didalam jaringan internet, baik berupa teks, gambar, suara, maupun video yang interaktif. Lebih lanjut disebutkan juga bahwa web memiliki kelebihan untuk menghubungkan (link) satu domain dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

2.Feri Indayudha

Feri Indayudha mengemukakan pengertian web adalah suatu program yang dapat memuat banyak hal, seperti film, gambar, suara, serta musik yang dapat ditampilkan dan juga dilihat, dengan menggunakan teknologi jaringan internet yang ada.

3.Boone

Boone mengemukakan pengertian web adalah sebuah koleksi sumber informasi yang kaya akan desain dan juga grafis yang mana dapat saling berhubungan satu sama lain dalam suatu jaringan internet yang lebih besar.

4.Haertalib

Haertalib mengemukakan pengertian web adalah sebuah loasi didalam jaringan internet, dimana lokasi tersebut memiliki tempat dan juga alamat tertentu, sehinga bisa diakses siapa saja.

Baca Juga:  Pengertian Php, Sejarah, Fungsi Terlengkap

5.Taufiq Hidayatullah

Taufiq Hidayatullah mengemukakan pengertian web adalah bagian dari sebuah aplikasi didalam internet paling terlihat, dan juga paling banyak digunakan oleh user atau clientnya.

6.Wahana Komputer

Wahana Komputer mengemukakan pengertian web adalah sebuah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada suatu jaringan komputer, salah satunya adalah penggunaan pada jaringan internet.

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli
11 Pengertian Web Server Menurut Para Ahli Terlengkap

7.Suwanto Raharjo

Suwanto Raharjo mengemukakan pengertian web adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan oleh usernya dibandingkan dengan layanan lain seperti layanan internet ftp, gopher, news dan juga layanan surat elektronik atau email.

8.Wikipedia

Wikipedia mengemukakan pengertian web adalah A web server is a computer system that processes request via HTTP, the basic network protocol to distribute information on the World Wide Web.

Setelah mengetahui pengertian web, maka selanjutnya adalah pengertian web server menurut para ahli. Antara lain:

1.Khairil

Khairil mengemukakan pengertian web server dalam modul tentang jaringan dan juga web komputer adalah suatu software atau perangkat lunak yang menjadi tulang belakang atau tulang punggung dari sebuah www atau world wide web. Lebih lanjut disebutkan juga bahwa web server akan menunggu permintaan dari klien yang memakai browser, selanjutnya melaksanakan pemrosesan terhadap permintaan atau request tersebut dan kemudian menampilkan kembali dalam suatu browser, dan sebagai hasil dari pemrosesan data yang sudah dilaksanakan.

2.Nugroho (2004)

Nugroho mengemukakan pengertian web server adalah sebuah bentuk dari server yang khusus digunakan untuk menyimpan halaman website atau home page. Suatu komputer bisa disebut sebagai web server jika komputer tersebut mempunyai suatu program server yang disebut dengan Personal Web Service (PWS). PWS ini selanjutnya berfungsi supaya halaman web yang ada didalam komputer server bisa dipanggil oleh komputer lain..

Baca Juga:  Pengertian Hosting, Jenis-Jenis Hosting, Contoh Hosting Terlengkap

3.Solochin

Solochin dalam diktat kuliah pemrograman website mengemukakan pengertian web server adalah sebuah perangkat lunak yang terinstal didalam komputer server, yang fungsinya untuk menerima permintaan dan juga request berbentuk halaman website melalui HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) atau HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) dari user atau client, dan selanjutnya mengirimkannaya kembali dalam bentuk halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

Web server adalah salah satu bentuk dan juga macam dari server. Menurut dasarnya web server ditujukan untuk pemakaian dari suatu alamat web atau website pada jaringan internet.

Itulah telah dijelaskan tentang 11 Pengertian Web Server Menurut Para Ahli Terlengkap semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari materi ini. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post