√ Pengertian WHO, Sejarah, Aktifitas, Fungsi & Tujuannya (Lengkap)

Posted on

Pengertian WHO, Sejarah, Aktifitas, Fungsi & Tujuannya (Lengkap) – Ada organisasi kesehatan dunia yang bergerak dalam urusan tentang kesehatan dunia. Organisasi ini adalah bentukan dari badan PBB yang berwenang sebagai koordinator kesehatan internasional. Lalu apa sebenarnya pengertian WHO? Untuk itulah dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengeritan WHO, sejarah terbentuknya WHO, fungsi dari WHO dan tujuan WHO dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silalkan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian WHO, Sejarah, Aktifitas, Fungsi & Tujuannya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian dari WHO terlebih dahulu

Pengertian WHO (World Health Organization)

WHO atau merupakan singkatan dari World Health Organization merupakan salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional. Organisasi ini berkantor di Jenewa, Swiss. WHO didirikan pada 7 April 1948 oleh PBB dan Direktur Jendralnya yang sekarang adalah Margaret Chan.

Sejarah WHO

Konstitusi WHO mengemukakn bahwa tujuan didirikannya WHO yaitu supaya semua orang memperoleh tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan.

WHO merupakan salah satu badan asli yang dimiliki PBB, konstitusinya pertam muncul di Hari Kesehatan Dunia yang pertama (7 April 1948) ketika Ratifikasi oleh anggota ke-26 PBB. Jawarharlal Nehru, yang merupakan pejuan kebebasan utama dari negara India, sudah menyuarakan pendapatnya untuk dimulainya WHO. Aktivitas WHO dan aktivitas Organisasi Kesehatan Liga Bangsa-Bangsa (LBB), diatur oleh suatu Komisi Inerim seperti ditentukan dalam suatu Konferensi Kesehatan Internasional di tahum musim panas 1946.

Baca Juga:  Pengertian Persepsi, Proses Terjadi, Jenis-Jenis, Syarat Terjadi, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Aktivitas WHO

WHO mengkoordinasikan usaha-usaha internasilnal dalam pengedalian wabah penyakit menular seperti SARS, malaria, TBC, flu babi, dan AIDS. WHO juga menjadi sponsor program -program untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut. WHO men support pengembangan dan distribuasi waksin yang aman dan efektif, diagnosik farmasi, dan juga obat-obatan.

WHO bekerja dalam membasmi penyakit, dan juga melakukan kampanye yang berhubungan dengan kesehatan. Seperti untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran di seluruh negara dan untuk mencegah pemakaian tembakau.

WHO juga mengenalkan pengembangan kapasitas di negara-negara anggota untuk menggunakan dan menghasilkan penelitian yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan menyarungkan sistem kesehatan penelitian nasional dan mempromosikan platform pengetahuan terjemahan seperti Bukti Jaringan Informasi Kebijakan -EVIPNet.

WHO juga melaksanakan penelitian kesehatan pada penyakit menular, kondisi non menular dan juga cedera, seperti memanjang studi tentang penuan untuk menentukan apakah tahum tambahan kami hidup dalam kesehatan yang baik atau miskin, dan apakah medan elektromagnetik sekitar ponsel mempunyai dampak pada kesehatan.

WHO memiliki target dalam pemusnahan penyakit polio dalam kurun waktu beberapa tahun. Organisasi ini telah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk negara Zimbabwe (dari 3 Oktober 2016) dengan standar Internasional.

Para ahli bertemu di kantor pusat WHO di Jenewa pada bulan Februari 2007 dan melaporkan jika usaha mereka pada perkembangan vaksin influenza yang pandemk yang sudah mencapai kemajuan yang baik. Lebih dari 40 percobaan klinik sudah diselesaikan atau sedang berlangsung. Kebanyakan difokuskan pada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan, sudah menyelesaikan analisis keamanan pada orang dewasa, sudah memulai percobaan klinik pada orang lanjut usia dan anak-anak.

Pengertian WHO, Sejarah WHO, Aktifitas WHO, Fungsi WHO, Tujuan WHO

Tujuan WHO

Tujuan dan fungsi dari WHO yaitu mencapai kesehatan secara maksimal untuk seluruh rakyat di dunia. Untuk mencapai hal tersebut, WHO aktif melaksanakan tugas-tugas berikut, antara lain:

  • Memiliki tugas menanggulangi kesehatan dengan membantuk melaksanakan pembatasan terhadap penyakit-penyakit menular.
  • Memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang perlu bantuan
  • Membantu dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak
  • Mendorong dan membantu melakukan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan bidang kesehatan.
Baca Juga:  Pengertian Hukum, Tujuan, Jenis-Jenis, Macam-Macam Terlengkap

Contoh peran WHO yaitu adanya pelaksanaan Africa Health Infoway yang dilakukan di tahun 2009. Program ini adalah jaringan yang berbasis teknologi informasi dalam mendukung pembangunan kesehatan di 53 negara Arika. Dukungan tersebut dalam bentuk penyediaan data bagi para pekerja, mengelola kesehatan dan pra pengambil keputusan di bidang kesehatan.

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian WHO, Sejarah, Aktifitas, Fungsi & Tujuannya (Lengkap) semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lain.

5 (100%) 11 votes