Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Contoh WWW Terlengkap

Posted on

Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Contoh WWW Terlengkap – Dalam jaringan internet www mungkin kalian sudah tidak asing lagi. Karena setiap membuka internet biasanya diawali dengan www. Namun banyak orang belum tahu apa sebenarnya pengertian www, sejarahnya, fungsi dan contoh dari www. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelasnnya dengan lengkap dan ringan agar kalian lebih mengerti tentang Www.

Pengertian WWW (World Wide Web)

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web yaitu suatu ruang informasi yang digunakan oleh pengenal global yang disebut pengidentifikasi sumber seragam agar mengenal secara pasti sumber daya yang berguna. WWW juga bisa disebut dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya hanya sebagian dari internet.

World Wide Web adah suatu kumpulan penyedia jasa website yang ada diseluruh dunia. Dengan website ini pengguna internet bisa mengakses informasi yang ada didalam internet baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video, suara dan berbagai hal lain yang dapat ditemukan ketika mengakses internet.

Www merupakan bagian yang menarik dari internet. Yang sebenarnya merupakan suatu kumpulan dokumen yang tersimpan di web, dan yang pelayanannya tersebar di lima benua termasuk di negara Indonesia yang tersambung menjadi satu dengan jaringan internet. Dokumen-dokumen Informasi tersebut disimpan atau dibuat dengan menggunakan format HTML (Hyper Text Markup Language).

Sejarah WWW (World Wide Web)

WWw merupakan suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee di tahun 1991. Awalnya Barners-Lee hanya hendak menemukan bagaimana cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Maka dari itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk kebutuhan pribadi. Sistem itu merupakan program peranti lunak atau software yang diberi nama Enquiere. Dengan program tersebut, Berners-Lee dapat menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehinga menjadikan mudah dalam pencarian informasi yang diperlukan. Ini merupakan cikal bakal dari sebuah perkembangan pesat yang sekarang dikenal dengan WWW.

Baca Juga:  √ Pengertian HTTP, Fungsi HTTP, Cara Kerja, Contoh HTTP (Lengkap)

WWW Dikembangkan pada mulanya di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa Swiss. Di tahun 1989, Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bulan Oktober 1990, World Wide Web telah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Di musim panas pada tahun 1991, WWW secara resmi dapat dipergunakan secara luas untuk jaringan Internet.

WWW yang adalah kependekan dari World Wide Web yang menjadi perhatian publik teramat besar dan tidak dapat untuk disamai oleh aplikasi internet lain. Pada sekitar tahun 1995, WWW menjadi pengganti dari FTP sebagai suatu aplikasi internet yang memiliki tanggung jawab terhada sebagian besar dari lalu lintas pada jaringingan internet.

Pengertian Www, Sejarah Www, Fungsi Www, Contoh Www
Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Contoh WWW Terlengkap

Fungsi WWW (World Wide Web)

Adapun fungsi dari Www adalah sebagai berikut:
Sebagai informasi yang bersifat global yang menyambungkan pengguna jaringan internet atau lebih dikenal dengan sebutan user ke server dan juga user lain untuk menampilkan suatu data, dokumen dan juga berbagai macam informasi yang bisa digunakan bersama dengan memakai bahasa HTML.

Www memililiki fungsi sebagai program yang memiliki tugas untuk mengatur, menyediakan dan juga menampilan dari setiap data informasi yang berada di jaringan Internet. Kehadiran program www membuat semua proses transfer data di jaringan internet menjadi berjalan dengan lebih cepat dan juga lebih teratur.

Www merupakan bagian yang cukup menarik dari internet dengan melalui web. Para user bisa membuka atau mengakses informasi yang tidak hanya berupa teks saja tetapi juga dapat berupa gambar, video, ataupun audio.

Contoh Www (World Wide Web)

Pada saat ini tentu sangat tidak susah untuk menemukan contoh world wide web (www). Jika kita biasa membuka internet maka kita akan menemukan bahwa hampir seluruh web yang ada saat ini memakai awalan www sebelum nama website tersebut. WWW atau world wide web pada awal kalimat website ini yang selanjutnya mengantarkan masuk disebuah website. Contohnya, ketika kita hendak mencari alamat websitenya google sudah tentu kita menuliskan www. sebelum kata google supaya lebih mudah menemukan alamat websitenya.

Baca Juga:  √ Pengertian Newsgroup Beserta Sejarah & Fungsinya (Lengkap)

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Contoh WWW Terlengkap semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, jangan lupa membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post