27 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

27 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap – Kata belajar sering kita dengar sehari-hari, karena aktivitas belajar adalah kegiatan yang sering dilakukan apalagi jika kalian adalah termasuk seorang pelajar, mahasiswa. Namun apakah kalian tahu apa pengertian dari kata belajar?

Untuk itu, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dari belajar. Secara umum belajar adalah sebuah aktivitas berproses dan salah satu unsur fundamentasl di setiap jenjang pendidikan. Aktivitas belajar dilaksanakan setiap individu untuk mendapatkan suatu perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan ataupun sikap dan nilai positif.

Dari pengertian diatas ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang belajar, pendapat dari setiap yang diungkapkan oleh ahli ini berbeda-beda. Berikut ulasan lengkapnya

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

1.Drs. Ahmad Mudzalir

Drs. Ahmad Mudzalir mengemukakan pengertian belajar adalah syarat untuk menjadi pandai dalam segala hal baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun keterampilan.

2.Hilgard dan Bowner

Hilgard dan Bowner mengemukakan pengertian belajar adalah suatu proses yang mana suatu kegiatan berasal atau berubah lewat reaksi dari suatu situasi yang dihadapi dengan karakteristik-karakteristik dari perubahan-perubahan aktivitas tersebut tidak dapat dijelaskan dengan dasar kecenderungan-kecenderungan reaksi asli, kematangan atau perubahan-perubahan sementara dari organisme.

Baca Juga:  √ Pengertian Teks Pantun, Ciri, Struktur & Macamnya (Bahas Lengkap)

3.Teori Ilmu Jiwa Gestalt

Teori Ilmu Jiwa Gestalt mengemukakan pengertian belajar adalah belajar bukan hanya sekedar proses asosiasi antara stimulus dengan respon yang diperkuat dengan koneksi-koneksi atau conditioning dengan melalui latihan-latihan atau ulangan-ulangan.

4.Dr. Nana Sudjana

Dr. Nana Sudjana mengemukakan pengertian belajar adalah proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada disekitar individu. Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan, proses terbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, memahami sesuatu. Inilah hakikat belajar sebagai inti proses pengajaran.

5.Arthur T. Jerslid

Arthur T. Jerslid mengemukakan pengertian belajar adalah perubahan atau membawa akibat perubahan tingkah laku dalam pendidikan karena pengalaman dan latihan atau karena mengalami latihan.

6.Morgan

Morgan mengemukakan pengertian belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman

7.Gage

Gage mengemukakan pengertian belajar adalah suatu proses di mana suatu organisasi berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman.

8.E.Garret

E.Garret mengemukakan pengertian belajar adalah proses yang berlangsung lama melalui latihan maupun pengalaman yang membawa kepada perusahaan diri dan perubahan cara mereaksi terhadap suatu perangsang tertentu.

9.D. Crow

D. Crow mengemukakan pengertian belajar adalah upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan sikap-sikap.

10.James L. Murshell

James L. Murshell mengemukakan pengertian belajar adalah upaya yang dilakukan dengan mengalami sendiri, menjelajai, menelusuri, dan memperoleh sendiri.

11.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian belajar adalah suatu usaha untuk memperoleh kepandaian ilmu.

12.Dimyati dan Mudjiono

Dimyati dan Mudjiono mengemukakan pengertian belajar adalah suatu proses internal yang kompleks. Yang terlibat dalam proses internal tersebut diantaranya meliputi unsur afektif (berkaitan dengan sikap, nilai-nilai, ketertarikan, apresiasi dan penyesuaian perasaan sosial).

13.Muhibbin

Muhibbin mengemukakan pengertian belajar adalah suatu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.

Baca Juga:  √ Pengertian Proposisi Beserta Jenis-Jenis Proposisi (Lengkap)

14.Djamarah

Djamarah mengemukakan pengertian belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan melibatkan dua unsur yakni jiwa dan raga. Gerak raga ditunjukkan harus sejalan dengan proses jiwa untuk mendapatkan suatu perubahan. Dan perubahan yang diperoleh itu bukan perubahan fisik, melainkan perubahan jiwa dengan sebab masuknya kesan-kesan yang baru. Perubahan tersebut meruapakan hasil dari proses belajar.

15.Lisnawaty Simanjuntak

Lisnawaty Simanjuntak mengemukakan pengertian belajar adalah perubahan yang relatif menetap dalam potensi tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan dan kerasukan pada susunan syaraf atau dengan kata lain mengetahui dan memahami sesuatu sehingga terjadi suatu perubahan dalam diri seseorang yang belajar.

16.Hamalik

Hamalik mengemukakan pengertian belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkah latihan dan pengalaman

17.Anni

Anni mengemukakan pengertian belajar adalah proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan mencakup segala sesuatu yang difikirkan dan dikerjakan

18.Darsono

Darsono mengemukakan pengertian belajar adalah suatu kegiatan yang melibatkan individu secara keseluruhan, baik fisik maupun psikis, untuk mencapai suatu tujuan.

19.Sardiman

Sardiman mengemukakan pengertian belajar adalah perubahan tingkah laku atua penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya.

20.Slameto

Slameto mengemukakan pengertian belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya

21.Winkel

Winkel mengemukakan pengertian belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubaan dalam pengelolaan pemahaman.

22.Ernest R. Hilgard

Ernest R. Hilgard mengemukakan pengertian belajar adalah prose perubahan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat ilustrasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, maduk dan sebagainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Frasa Beserta Ciri-Ciri Dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

23.Gagne

Gagne mengemukakan pengertian belajar adalah sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

24.Moh. Surya

Moh. Surya mengemukakan pengertian belajar adalah suatu proses yang dilakukan idividu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

25.Doris Lessing

Doris Lessing mengemukakan pengertian belajar adalah mengerti sesuatu yang telah diketahui sepanjang hidup tetapi dengan pemahaman yang berbeda.

26.Witherington

Witherington mengemukakan pengertian belajar adalah perubahan dalam kepribadian yagn dimanifestasikan sebagai pola-pola respon yang baru berbentuk keterampian, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan.

27.Bell-Gredler (Winataputra, 2008:1.5)

Bell-Gredler mengemukakan pengertian belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competensi, skills, and attitudes.

Itulah telah dijelaskan tentang 27 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post