√ 15 Pengertian Gaji Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

15 Pengertian Gaji Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam perusahaan segala hal yang dilakukan untuk mendapatkan atau meraih tujuan agar memperoleh hasil yang maksimal. Sehingga perusahaan harus menggunakan Sumber Daya Manusia yang ahli dan cerdas dalam bidangnya. Menjadikan seorang pimpinan harus memberi rangsangan terhadap karyawannya supaya bisa melakukan tugasnya dengan baik. Rangsangan tersebut dapat dalam bentuk gaji tinggi ataupun fasilitas yang lengkap.

Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang gaji. Yang mana penjelasan berikut adalah berdasarkan pernyataan para ahli. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

15 Pengertian Gaji Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian gaji secara detail.

Pengertian Gaji Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian gaji menurut para ahli dari baerbagai sumber.

1.Wikipedia

Wikipedia mengemukakan pengertian gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja.

2.G. Sugiyarso Dan F. Winarni

G. Sugiyarso dan F. Winarni mengemukakan pengertian gaji adalah sejumlah pembayaran kepada pegawai yang diberi tugas administratif dan manajemen yang biasanya ditetapkan secara bulanan. Sedangkan upah merupakan imbalan yang diberikan kepada buruh yang melakukan pekerjaan kasar dan lebih banyak mengandalkan kekuatan fisik, jumlah pembayaran upah biasanya ditetapkan secara harian atau berdasarkan unit pekerjaan yang diselesaikan.

Baca Juga:  √ Pengertian Visi dan Misi, Tujuan, Perbedaan dan Contohnya

3. Achmad S. Ruky

Achmad S. Ruky dalam Manajemen Penggajian dan Pengupahan Karyawan Perusahaan (2001) mengemukakan pengertian gaji adalah pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukn oleh para karyawan yang mempunyai jenjang jabatan PNS, anggota TNI dan POLRI dan anggota pemerintah yang dibayarkan secara bulanan. Sedangkan upah adalah penerimaan sebagai imbalan dari pengusaha kepada tenaga kerja untuk suatu pekerjaan atau jasa yang telah dilakukan dan dinilai dalam bentuk uang sesuai dengan perjanjian kerja antara pengusaha dan pekerja termasuk tunjangan baik untuk pekerja sendiri maupun keluarganya.

4. Mulyadi dalam Sistem Akuntansi (2001)

Mulyadi mengemukakan pengertian gaji adalah pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh para karyawan yang mempunyai jenjang jabatan manager, dan dibayarkan secara tetap per bulan. Sedangkan upah merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana (buruh) umumnya dibayarkan berdasarkan hari kerja, jam kerja, atau jumlah satuan produk yang dihasilkan oleh karyawan.

5. Andrew F. Sikula (2007:119)

Andrew F. Sikula dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia mengemukakan pengertian gaji adalah balas jasa dalam bentuk uang yang diterima karyawan sebagai konsekuensi dari statusnya sebagai seorang karyawan yang memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan.

6. Malayu S. P Hasibuan (2007:118)

Malayu S.P Hasibuan mengemukakan pengertian gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti.

7. Sadili Samsudin (2010:189)

Sadili Samsudin mengemukakan pengertian gaji adalah sesuatu yang berkaitan dengan uang yang diberikan kepada pegawai atau karyawan.

8. Anwar Prabu Mangkunegara (2008:85)

Anwar Prabu Mangkunegara mengemukakan pengertian gaji adalah uang yang dibayar kepada pegawai atas jasa pelayanannya yang diberikan secara bulanan.

Baca Juga:  √ Pengertian Supervisor, Fungsi, Tugas, Syarat dan Kegiatannya

9. Rivai (2009:360)

Rivai mengemukakan pengertian gaji adalah balas jasa dalam bentuk uang yang diterima karyawan sebagai konsekuensi dari kedudukan sebagai karyawan yang memberikan sumbangan dan pikiran dalam mencapai tujuan perusahaan.

10. Wung dan Brotoharjoso (2003:86)

Wung dan Brotoharjoso mengemukakan pengertian gaji atau salary adalah komponen imbalan jasa atau penghasilan yang pemberiannya didasarkan pada berat-ringannya tugas jabawan yang diduduki oleh pegawai.

11. Umar (2005:34)

Umar mengemukakan pengertian gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti.

12. Handoko (2003)

Handoko mengemukakan pengertian gaji adalah pemberian pembayaran finansial kepada karyawan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivasi pelaksanaan kegiatan di waktu yang akan datang.

13. Hariandja (2002:34)

Hariandja mengemukakan pengertian gaji adalah salah satu unsur yang penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, sebab gaji adalah alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai, sehingga dengan gaji yang diberikan pegawai akan termotivasi untuk bekerja lebih giat.

14. Moch Tofik (2010:2)

Moch Tofik mengemukakan pengertian penggajian adalah semua gaji yang dibayarkan perusahana kepada karyawannya. Para manajer, pegawai administrasi, dan pegawai penjualan, biasayanya mendapat gaji dari perusahaan yang jumlahnya tetap. Tarif gaji biasanya dinyatakan dalam gaji perbulan.

Pengertian Gaji Menurut Para Ahli

15. Mulyadi (2013:373)

Mulyadi mengemukakan pengertian gaji adalah pembayaran atau penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan yang mempunyai jenjang jabatan manajer, sedangkan upah umumnya merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana (buruh). Umumnya gaji dibayarkan secara tetap perbulan, sedangkan upah dibayarkan berdasarkan hari kerja, jam kerja atau jumlah satuan produk yang dihasilkan.

Itulah telah dijelaskan tentang 15 Pengertian Gaji Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Supervisi, Fungsi, Jenis Kegiatan Supervisi Terlengkap
5 (100%) 7 votes