27 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

27 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Banyak orang yang menggunakan istilah informasi di masyarakat yang semakin maju sekarang ini. Dalam bidang ilmu informasi dan ilmu komputer, sering digunakan kata infomasi. Namun apa sebenarnya arti informasi secara jelasnya? Inilah yang akan menjasi pembahasan pada kesempatan kali ini

Di ulasan kali ini kami akan menjelaskan pengertian informasi menurut para ahli. Dimana penjelasan ini sudah dikaji dan telah dirangkum dari beberapa sumber di media online atau offline. Agar lebih rincinya silakan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

1.Azhar Susanto (dalam buku Sistem Informasi Akuntansi)

Azhar Susanto mengemukakan pengertian informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.

2.Burch Dan Starter

Burch dan Starter mengemukakan pengertian informasi adalah proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan.

3.George R. Terry

George R. Terry mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang terpenting untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

Baca Juga:  Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi, Contoh WWW Terlengkap

4.Jogianto (dalam buku Analisis dan Desain Sistem Informasi)

Jogiyanto mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat bagi yang menerima informasi.

5.Lani Sidharta

Lani Sidharta mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang diberikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah keputusan

6.Anton M. Meliono

Anton M. Meliono mengemukakan pengertian informasi adalah suatu data yang sudah diprose untuk tujuan tertentu. Dimana tujuannya adalah agar menghasilkan suatu keputusan.

7.George H. Bodnar

George H. Bodnar mengemukakan pengertian informasi adalah data yang diolah sedemikian rupa, sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar

8.Tata Sutabri

Tata Sutabri mengemukakan pengertian informasi adalah data yang diolah/diinterpretasikan untuk mengambil sebuah keputusan

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
27 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Terlengkap

9.Gordon B. Davis

Gordon B. Davis mengemukakan pengertian informasi adalah suatu data yang sudah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti bagi si penerima informasi dan berguna dalam pengambilan keputusan

10.Jogiyanto HM

Jogiyanto HM. mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai hasil dari pengolahan data kedalam bentuk yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi penerimanya dan menggambarkan suatu peristiwa-kejadian (event) yang real (fact) yang digunakan untuk mengambil keputusan.

11.Raymond Mc. Leod

Raymond Mc. Leod mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti penting bagi penerimanya dan berguna untuk mengambil keputusan, baik saat itu juga maupun masa yang akan datang.

12.Abdul Kadir, McFadden dkk

Abdul Kadir, McFadden dkk mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

13.Wikipedia

Wikipedia mengemukakan pengertian informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

Baca Juga:  12 Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam-Macam, Sikap, Arti Terlengkap

14.Marshall B. Romney, Paul John Steinbart (2006:11)

Marshall B. Romney, Paul John Steinbart mengemukakan pengertian informasi adalah data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti

15.Budi Sutejo (2006:168)

Budi Sutejo mengemukakan pengertian informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada.

16.Barry E. Cushing

Barry E. Cushing mengemukakan pengertian informasi adalah suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data.

17.Firmanzah

Firmanzah mengemukakan pengertian informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.

18.Gelinas Dan Dull

Gelinas dan Dull mengemukakan pengertian informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data tersebut mempunyai fungsi dalam pembuatan atau pengambilan keputusan.

19.Joner Hasugian

Joner Hasugian mengemukakan pengertian informasi adalah sebuah konsep, yang bersifat universal dan dalam jumlah muatan yang besar. Konsep ini mencakup banyak hal dalam setiap ruang lingkup yang berhubungan, dan terekam dalam sejumlah media.

20.Kusrini

Kusrini mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi orang yang menggunakannya. Hasil pengolahan data tersebut mempunyai manfaat dalam pengambilan keputusan atau manfaat untuk mendukuk sumber informasi.

21.Robert G. Murdick

Robert G. Murdick mengemukakan pengertian informasi adalah informasi terdiri atas data yang sudah didapatkan kemudian diolah atau diproses agar dapat digunakan untuk menjelaskan, menerangkan, menguraikan atau menjadi dasar pertimbangan dalam membuat ramalan atau pengambilan keputusan.

22.Robert N. Anthony dan John Dearden

Robert N. Anthony dan John Dearden mengemukakan pengertian informasi adalah  sebagai suatu hal yang bersifat nyata, berupa data atau item yang dapat digunakan untuk menambah pengetahauan dan wawasan orang yang menerimanya.

Baca Juga:  Pengertian Syair Beserta Ciri Dan Contoh Syair Lengkap

23.Stephen A. Moscove dan Mark G.Slimkin

Stephen A. Moscove dan Mark G. Slimkin mengemukakan pengertian informasi adalah suatu bentuk yang nyata, yang memilik nilai manfaat, sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan.

24.Drs. The Liang Gie

Drs. The liang Gie mengemukakan pengertian informasi adalah keterangan, rangkaian perkataan, kalimat, gambar atau tanda tulis lainnya yang mengandung pengertian, buah pikir, pengetahuan atau semacamnya. Sehingga memimpin organisasi dapat memakainya untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat berdasarkan kenyataan yang ada.

25.Mc Leod

Mc Leod mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai data yang telah diproses menjadi data yang memilki arti bagi penerimannya.

26.Kenneth C. Loudon

Kenneth C. Loudon mengemukakan pengertian informasi adalah sebagai daya yang telah dibentuk menjadi sebuah bentuk yang bermanfaat yang dapat digunakan oleh manusia.

27.Davis

Davis mengemukakan pengertian informasi adalah daya yang telah dioleh sehingga memiliki bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi penerimanya. Yakni untuk bisa dipakai dalam pengambilan keputusan, baik untuk saat ini atau di masa yang akan datang

Itulah tadi telah dijelaskan 27 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post