Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Fungsi, Prinsip Terlengkap

Posted on

Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Fungsi, Prinsip Terlengkap – Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli. Pada pembahasan kali ini izinkanlah kami menjelaskan lebih detail tentang kewirausahaan yang dilihat dari manfaat, fungsi dan prinsip kewirausahaan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk itulah silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan berasal dari bahasa kata “Entrepreneur”. Dari bahasa Perancis “Entreprende” yang artinya petualan, pengambil risiko, kontraktor. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sama dengan wiraswasta yakni orang yang padai atau memiliki bakat mengetahui produk baru, menetapkan cara produksi baru, merancang operasi untuk membuat produk baru, memasarkan dan mengatur permodalan operasinya.

Secara umum kewirausahaan ialah kemampuan seorang manajer risiko (risk manager) yang menuju pada ilmu/sikap mental/jiwa yang ada pada wirausaha untuk menjadikan sumber daya yang ada dengan beberapa perpaduan ide kreatif, inovatif, dan original yang seluruhnya dikemas dalam visi untuk dijadikan suatu peluang yang output adalah membawa keuntungan untuk dirinya dan orang lain yang terlibat dengannya.

Menurut lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengguna Kecil No.961/KEP/M/XI/1995 menjelaskan tentang pengertian wirausaha dan kewirausahaan, yakni:

  • Wirausaha yaitu orang yang mempunyai sikap, perilaku, semangat tinggi serta kemampuan kewirausahaan.
  • Kewirausahaan yaitu sikap, perilaku, semangat, dan kemampuan seorang yang bertanggung jawab pada usaha yang menuju pada usaha dalam mencari, mewujudkan dan mengaplikasikan yang mencakup kepada cara kerja, teknologi serta produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam memberikan layanan dengan tepat dan juga lebih baik dan mendapatkan keuntungan yang semakin besar.
Baca Juga:  42 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Manfaat Kewirausahaan

Ada beberapa penelitian yang identifikasi bahwa pemilik bisnis mikro, kecil, atau percaya bahwa mereka cenderung bekerja lebih keras, menghasilkan lebih banyak uang, dan lebih membanggakan daripada bekerja pada sebuah perusahaan besar.

Thomas W Zimmerer et al (2005) mengatakan manfaat kewirausahaan adalah:

1.Membuka peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri
Mempunyai usaha sendiri akan membuat suatu kebebasan dan peluang untuk pebisnis dalam mencapai tujuan hidupnya. Pebisnis akan mencoba memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk menggunakan bisnisnya untuk bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya.

2.Memberi peluang melaksanakan perubahan
Semakin banyak pebisnis yang mengawali usahanya karena mereka bisa menangkap peluang untuk melakuka serangkaian perubahan yang bagi mereka adalah penting.

Mungkin dalam bentuk menyediakan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai, dan mendirikan daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas, pebisnis sekarang memiliki cara dalam mengkombinasikan wujud kepedulian mereka kepada berbagai masalah ekonomi dengan sosial dengan suatu arahapan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

3.Memberik peluang untuk meraih potensi diri dengan penuh
Banyak orang yang mulai sadar bahwa bekerja pada sebuah perusahaan sering membuat bosan, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku untuk seorang wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang dimiliki oleh wirausahawan adalah alat sebagai aktualisasi diri. Keberhasilan mereka merupakan sebuah hal yang ditentukan oleh kreativitas, antusias, inovasi dan visi mereka sendiri. Mempunyai usaha atau perusahaan sendiri dapat memberi kekuasaan terhadap mereka, kebangkitan spiritual dan dapat mengikuti minat atau hobi sendiri.

Baca Juga:  23 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli Terlengkap

4.Mempunyai Peluang Untuk Meraih Keuntungan
Meskipun di tahap awal uang bukan daya tarik utama untuk wirausahawan, keuntungan berwirausaha adalah faktor motivasi yang sangat penting untuk mendirikan usaha sendiri, seringkali pebisnis tidak ingin menjadi kaya raya, tetapi banyak diantara mereka yang menang menjadi berkecukupan.

5.Mempunyai Peluang Untuk Berperan Aktif
Didalam masyarakat dan memperoleh pengakuan terhadap usahanya pengusaha atau pemilik usaha kecil biasa meruapak warga masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya. Kesepakatan bisnis menurut kepercayaan dan saling menghormati merupakan ciri pengusaha kecil. Pemilik sangat suka kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang sudah dilayaninya dengan setia selama bertahun-tahun. Peran yang sangat penting dijalankan dalam sistem bisnis pada lingkungan setempat dan juga kesadaran bahwa kerja mempunyai dampak yang nyata dalam membuat lancar fungsi sosial dan ekonomi nasional yang merupakan imbalan untuk manajer perusahaan kecil.

6.Mempunyai Peluang Untuk Melaksanakan Sesuatu Yang Disukai
Dengan menjadi wirausahawan akan mempunyai peluang melakukan sesuatu yang disenangi dan menimbulkan rasa senang dalam mengerjakan hal yang didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa aktivitas usaha mereka sesungguhnya bukanlah bekerja. Banyak kewirausahaan yang bisa berhasil mempunyai masuk dalam bisnis tertentu, karena mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut.

Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Fungsi, Prinsip
Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Fungsi, Prinsip Terlengkap

Fungsi Wirausaha

Adapun fungsi wirausaha adalah antara lain sebagai berikut:

  • Membuat keputusan-keputusan yang penting serta mengambil resiko mengenai tujuan dan sasaran perusahaan
  • Membuat keputusan tujuan dan sasaran perusahaan
  • Menetapkan bidang usaha dan pasar yang akan dilayani
  • Menghitung skala usaha yang dikehendaki
  • Menetapkan modal yang dikehendaki (modal sendiri, atau modal dari luar)
  • Memilih dan menentukan kriteria pegawai atau karyawan dan memotivasinya
  • Melakukan pengendalian dengan efektif dan efisien
  • Membuat terobosan baru dalam memperoleh masukan atau input dan juga mengelolanya menjadi barang atau jasa yang menarik
  • Memasarkan barang dan jasa tersebut untuk membuat pelanggan puas dan juga bisa memperoleh dan mempertahankan keuntungan maksimal.
Baca Juga:  √ Pengertian Produktivitas, Ruang Lingkup & Faktor Yang Mempengaruhi

Fungsi lain dari wirausaha adalah:

  • Mengetahui atau mengenali lingkungan sekitar perusahan dalam rangka mencari dan menciptakan peluang usaha
  • Melakukan pengendalian lingkungan pada arah yang membuat untuk bagi perusahan
  • Menjaga lingkungan usaha supaya tidak membuat rugi masyarakat ataupun merusak lingkungan akibat dari limbah usaha yang mungkin dihasilkan
  • Meluangkan dan peduli pada CSR. Setiap pengusaha wajib peduli dan ikut serta bertanggung jawah pada lingkungan sekitar.

Prinsip Kewirausahaan

Prinsip-prinsip kewirausahaan menurut Dhidiek D. Machyudin antara lain:

  • Harus Optimis
  • Memiliki ambisi tinggi
  • Bisa membaca peluang pasar
  • Sabar
  • Jangan putus asa
  • Jangan takut gagal
  • Kegagalan pertama dan kedua itu biasa, anggaplah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Fungsi, Prinsip Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post