Pengertian Keyboard, Jenis-Jenis, Fungsi Terlengkap

Posted on

Pengertian Keyboard, Jenis-Jenis, Fungsi Terlengkap – Jika kita menggunakan komputer, notebook dan laptop tentu menggunakan keyboard sudah tidak asing lagi. Perangkat keras ini sering dan wajib ada dalah suatu sistem komputer karena keberadaannya sangat penting. Sebagai sebuah perangkat didalam komputer, keyboard mempunyai pengertian dan jenis serta fungsi, untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara rinci. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah sebagai salah satu perangkat input dalam sistem komputer yang mana keyboard berisi susunan huruf, angkat dan fungsi kontrol yang lain.

Walaupun bukan satu-satunya suatu input komputer, keyboard sangat berperan penting karena digunakan untuk menulis dan mengontrol perintah yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dengan melalui keyboard.

Susunan dan bentuk keyboard dalam komputer serupa dengan susunan keyboard pada mesin ketik, tetapi hanya berbeda beberapa fitur lain yang ditambahkan. Dengan sebutan lain, keyboard dipakai sebagai alat yang berfungsi menyampaikan data atau perintah dari user komputer yang kemudian data tersebut diubah menjadi bahasa pemrograman yang dipahami oleh CPU dan selanjutny akan diproses secara seksama.

Bentuk keyboard pada sekarang ini yang digunakan adalah hasil dari pengembangan keyboard yang telah dipatenkan oleh Christopher Scholes di tahun 1868. Definisi keyboard saat ini juga bukan hanya mengacu pada papan ketik di komputer, tetapi juga mengacu pada papan ketik pada laptop dan handphone. Huruf yang disusun di setiap keyboard selalu sama yaitu susunan tombol Qwerty.

Baca Juga:  √ Pengertian Field, Record, Table, File, Dan Data (Lengkap)

Keyboard dengan jenis konektor PS2 adalah jenis keyboard yang untuk sekarang lebih tertinggal atau jarang dipakai. Dan untuk itu ada yang namanya keyboard USB sehingga bisa dihubungkan pada CPU atau laptop dengan kabel USB. Dan juga ada jenis keyboard bluetooth sehingga tidak memerlukan kabel sebagai koneksi, tetapi sinyal bluetooth. Ada pula virtual keyboard yang mengandalkan software atau aplikasi tanpa membutuhkan perangkat keras.

Pengertian Keyboard, Jenis-Jenis, Fungsi
Pengertian Keyboard, Jenis-Jenis, Fungsi Terlengkap

Jenis-Jenis Keyboard

Adapun jenis-jenis keyboard adalah sebagai berikut:

Keyboard QWERTY

Susunan pada keyboard jenis ini ditemukan pada tahun 1878. Kemudian keyboard QWERTY ini dijadikan standar pada mesin ketik di tahun 1905. Nama QWERTY diambil menurut 6 huruf yang secara urut pada baris ke-2 dari tombol alafanumerik keyboard tersebut.

Keyboard Dvorak

Keyboard jenis ini ditemukan di tahun 1932. Susunan huruf di keyboard Dvorak disusun sedemikian rupa, pada keyboard ini tangna sebelah kanana kan lebih banyak dibebani pekerjaan daripada tangan sebelah kiri. Kemudian tata letak dari keyboard Dvorak dirancang agar 70% dari penekanan pada home row, sehingga mengurani kelelahan pada saat mengetik.

Keyboard Alphabetic

Tombol yang ada pada keyboard alphabetic disusun hampir sama dengan keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak, tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya di urutan huruf alpabhet. Keyboard jenis ini sangat jarang digunakan, karena memperlambat kecepatan ketika mengetik.

Keyboard Klogkenberg

Keyboard Klogkenberg dirancang bertujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan memisahkaan kedua bagian keyboard, yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan juga dibuat miring ke bagian bawah. Den keyboard ini mempunyai tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.

Baca Juga:  √ Pengertian Wireless LAN Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Keyboard Numeric

Keyboard Numeric adalah jenis keyboard yang dipakai untuk memasukan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, orang lebih menyukai menggunakan tombol numeric yang tata letaknya bisa dengan mudah terjangkau dengan tangan, sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

Fungsi Keyboard

Fungsi utama dari keyboard adalah sebagai perangkat untuk memasukkan perintah data ataupun perintah pada komputeer yang dikenal sebagai perangkat input. Dalam sebuah papan keyboard terdapat huruf beberapa tombol dan lampu idikator yang menjadi tanda keyboard berfungsi dengan benar. Dengan menggunakan keyboard sebuah pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Selain untuk input, keyboard juga berfungsi untuk mengetik naskah atau teks didalam komputer dengan sebuah aplikasi atau sotfware

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Keyboard, Jenis-Jenis, Fungsi Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post