√ 22 Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

22 Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Berbicara tentang media maka kita akan banyak membahas lingkupnya. Ada media cetak, media masssa, media visual, media audio, media elektronik, media pendidikan. Namun untuk kali ini kami akan menjelaskan tentang media secara umum yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Untuk itu silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

22 Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian media dengan seksama.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari media yang dibahas oleh ahlinya.

1. Wilbur Schram

Wilbur Schram mengemukakan media adalah teknologi pembawa pesan. Teknologi ini dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

2. Syaiful Bahri Djamarah

Syaiful Bahri DJamarah mengemukakan media adalah sebuah alat bantu, yang bisa berupa apa saja digunakan untuk menyalurkan pesan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis & Contohnya

3. Santoso S. Hamijaya

Santoso S. Hamijaya mengemukakan media adalah segala bentuk perantara yang dipakai seseorang untuk menyebarkan ide, agar ide tersebut sampai pada penerimanya.

4. Sadiman

Sadiman mengemukakan media adalah mencakup segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan/mengirimkan pesan kepada penerima pesan, sehingga siswa dapat dirangsang pikiran, perasanan, minat, atau perhatianyna dalam proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

5. National Education Asociation (NEA)

NEA mengemukakan media adalah sarana komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun audio visual. Mencakup teknologi perangkat lunak dan perangkat kerasnya.

6. Miarso

Miarso mengemukakan media adalah mencakup segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, sehinga dapat merangsang perhatian, pikiran, perasaan dan kemauan siswa untuk mempelajari sesuatu.

7. Leslie J. Briggs

Leslie J. Briggs mengemukakan media adalah alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi. Dapat berupa buku, video recorder, tape recorder, kaset, video kamera, gambar, grafik, televisi atau komputer

8. Heinich, Molenida dan Russel

Heinich, Molenida dan Russel mengemukakan media adalah teknologi atau media pembelajaran adalah penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia. Dalam hal ini berhubungan tugas praktis belajar mengajar

9. Gerlach dan Ely

Gerlach dan Ely mengemukakan media adalah orang/material/kejadian yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk memperoleh pengetahuan/keterampilan/sikap baru. Media disini mencakup buku teks, guru, teman sebaya, dan lingkungan di dalam ataupun diluar sekolah.

10. Gagne

Gagne mengemukakan media adalah komponen-komponen yang dapat merangsang kemauan belajar siswa. Komponen tersebut dalam bentuk komponen yang terdapat di lingkungan siswa.

11. Degeng

Degeng mengemukakan media adalah komponen strategi penyampaian, bisa berupa alat bahan atau orang. Komponen ini bisa di isi dengan pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran.

Baca Juga:  √ Pengertian Supervisi Pendidikan, Tujuan, Prinsip, Fungsi & Obyeknya

12. Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2006)

Cangara mengemukakan media adalah alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Dalam hal ini media yang paling mendominasi dalam berkomunikasi adalah panca indra manusia, seperti mata dan telinga. Pesan yang diterima panca indra kemudian diproses oleh pikiran untuk menentukan reaksi atau sikapnya, kemudian dinyatakan dalam tindakan.

13. Briggs dan Cagne

Briggs dan Cagne mengemukakan media adalah alat yang digunakan untuk memberikan rangsangan pada siswa, agar terjadi proses pembelajaran.

14. Blake dan Horalsen

Blake dan Horalsen mengemukakan media adalah saluran komunikasi. Dipakai untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.

15. AECT (Association of Education and Communication Technology)

AECT mengemukakan media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi.

16. Arsyad

Arsyad mengemukakan media adalah dapat diartikan perantara atau pengantara pesan, dari pengirim pesan ke penerimanya. Media disini bisa dalam bentuk suatu bahan.

17. Arifs S Sadirman

Arif S Sadirman mengemukakan media adalah media mencakup segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

18. Ali

Ali mengemukakan media adalah mencakup berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa, yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

19. Ahmad Rohani

Ahmad Rohani mengemukakan media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra manusia, yang berfungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

20. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan media pendidikan adalah alat danbahan yang digunakan dalam proses pengajaran atau pembelajaran.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

21. Mc Luhan (Wibawa, 1991:7)

Mc Luhan mengemukakan media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dari seseorang ke orang lain yang tidak ada dihadapannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri & Contohnya Lengkap

22. Romiszowski (Wibawa, 1991:8)

Romiszowski mengemukakan media adalah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa orang atau benda) kepada penerima pesan.

Itulah telah dijelaskan tentang 22 Pengertian Media Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 4 votes