26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli Terlengkap – Kata metode merupakan berasal dari bahasa Yunani “Methodos” yang memiliki arti cara atau jalan yang ditempuh. Berhubungan dengan sistem ilmiah, maka metode berkaitan masalah cara kerja untuk bisa memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian metode menurut pendapat para ahli yang telah diulas dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih rincinya silakan simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Metode Menurut Para Ahli

1.Heri Rahyubi

Heri Rahyubi mengemukakan pengertian metode adalah suatu model cara yang bisa dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar demi tercapaianya suatu proses pembelajaran yang baik.

2.Hamid Darmadi

Hamid Darmadi mengemukakan pengertian metode adalah sebagai jalan atau cara yang harus dilewati dalam mencapai sebuah tujuan.

3.Pasaribu Simanjuntak

Pasaribu Simanjuntak mengemukakan pengertian metode adalah suatu cara sistematik yang digunakan demi tercapaianya sebuah tujuan.

4.Max Siporin

Max Siporin mengemukakan pengertian metode adalah suatu orientasi kegiatan yang mengarah pada persyaratan tujuan dan tugas yang nyata.

Baca Juga:  Pengertian Beasiswa, Tujuan, Syarat, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap

5.Departemen Sosial RI

Departemen Sosial RI mengemukakan pengertian metode adalah suatu cara teratur yang digunakan dalam menjalankan suatu pekerjaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

6.Ostle

Ostle mengemukakan pengertian metode adalah suatu pengejaran terhadap sesuatu dalam memperoleh sesuatu yang interelasi.

7.Wiradi

Wiradi mengemukakan pengertian metode adalah seperangkat langkah dari apa yang harus dikerjakan secara tersusun dan sistematis.

8.Rosdy Ruslan

Rosdy Ruslan mengemukakan pengertian metode adalah sebagai kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu subjek maupun objek penelitian dalam upaya menemukan suatu jawaban secara ilmiah dan keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

9.Macquarie

Macquarie mengemukakan pengertian metode adalah suatu cara dalam melakukan sesuatu terutama suatu hal yang berkaitan dengan rencana tertentu.

10.Hebert Bisno

Hebert Bisno mengemukakan pengertian metode adalah suatu teknik yang digeneralisasikan dengan baik dan benar agar bisa diterima ataupun digunakan dalam satu disiplin ilmu ataupun bidang disiplin dan praktek.

11.Rothwell dan Kazanas

Rothwell dan Kazanas mengemukakan pengertian metode adalah cara, proses atau pendektan untuk menyampaikan sebuah informasi.

12.Almadk

Almadk mengemukakan pengertian metode adalah suatu cara dengan menerapkan berbagai prinsip yang logis terhadap suatu penemuan dan penjelasan kebenaran.

13.Titus

Titus mengemukakan pengertian metode adalah serangkaian cara dan langkah-langkah yang tertib untuk menegaskan suatu bidang keilmuan.

Pengertian Metode Menurut Para Ahli
26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli Terlengkap

14.Drs. Agus M. Hardjana

Drs. Agus. M. Hardjana mengemukakan pengertian metode adalah cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu demi tercapaiannya sebuah tujuan.

15.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian metode adalah cara kerja yang mempunyai sistem dalam memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Teks Pantun, Ciri, Struktur & Macamnya (Bahas Lengkap)

16.Sudjana (2005:76)

Sudjana mengemukakan pengertian metode adalah perencanaan secara menyeluruh untuk menyajikan materi pembelajaran bahasa secara teratur, tidak ada satu bagian yang bertentangan dan semuanya berdasarkan pada suatu pendekatan tertentu.

17.Sangidu (2004:14)

Sangidu mengemukakan pengertian metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memulai pelaksanaan suatu kegiatan penilaian guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

18.Salamun (dalam Sudrajat 2009:7)

Salamun mengemukakan pengertian metode pembejalaran adalah sebuah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda dibawah kondisi yang berbeda.

19.Kerada Emzir (2007:3)

Kerada Emzir mengemukakan pengertian metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu, supaya dapat tercapai tujaun belajar dan mengajar.

20.Surachmad (dalam Hamamik 2003:4)

Surachmad mengemukakan pengertian metode adalah ilmun tentang jalan yang dilalui untuk mengajarkan kepada anak didik supaya dapat tercapai tujuan belajar dan mengajar dengan cara sistematik.

21.Sanjaya (2010:147)

Sanjaya mengemukakan pengertian metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal

22.Hasibuan dan Moedjiono (2013:3)

Hasibuan dan Moedjiono mengemukakan pengertian metode adalah alat yang dapat merupakan bagian dari perangkat alat dan cara dalam pelaksanaan suatu strategi belajar mengajar.

23.Warsita (2008:273)

Warsita mengemukakan pengertian metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

24.Supriyono

Supriyono mengemukakan pengertian metode pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.

25.Husnaeni (2009)

Husnaeni mengemukakan pengertian metode pembelajaran adalah model pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.

Baca Juga:  √ Pengertian Asuransi Jiwa Berserta Jenis & Manfaatnya (Lengkap)

26.Prawiradilaga (2007)

Prawiradilaga mengemukakan pengertian metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Itulah tadi telah dijelaskan tentang 26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post