√ 35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Negara merupakan tempat tinggal dari warganya, dalam negara ada sistem yang mengatur, pemerintahan yang berdiri, kepala negara yang memimpin. Sebenarnya apa pengertian negara? Berikut ini kami akan memberikan beberapa pengertian negara yang dikemukakan oleh beberapa ahli dengan masing-masing pernyataannya. Untuk itu perhatikanlah dengan seksama agar lebih memahaminya.

35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian negara dengan seksama.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari negara menurut ahlinya.

1. Valkeneir

Valkeneir mengemukakan pengertian negara adalah rakyat sebagai kekuasaan yang merdeka, hidup dalam persatuan hukum yang berlaku lama di suatu daerah yang tertentu.

2. Bluntschi

Bluntshi mengemukakan pengertian negara adalah diri rakyat yang disusun dalam suatu organisasi politik di suatu daerah tertentu.

3. Fr. Oppenheimer

Fr. Oppenheimer mengemukakan pengertian negara adalah sekumpulan masyarakat yang mempunyai diferensial politik, yaiyu terdapat hubungan antar pihak yang memerintah dan pihak yang diperintah.

Baca Juga:  √ Pengertian Artikulasi, Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

4. J.H.A Logemann

J.H.A Logemann mengemukakan pengertian negara adalah organisasi kemasyarakatan dengan kekuasaan yang bertujuan untuk mengatur dan menyelenggarakan suatu masyarakat.

5. Jean Bodin

Jean Bodin mengemukakan pengertian negara adalah sejumlah keluarga dengan segala harta bendanya yang dipimpim oleh akal dari satu kuasa yang berdaulat

6. Hans Keisen

Hans Keisen mengemukakan pengertian negara adalah pergaulan hidup bersama, suatu tata paksaan.

7. Hugo de Groot (Grotius)

Hugo de Groot mengemukakan pengertian negara adalah ikatan dari manusia yang insaf akan arti dan panggilan hukum kodrat.

8. Aristoteles

Aristoteles mengemukakan pengertian negara adalah sekumpuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya.

9. Plato

Plato mengemukakan pengertian negara adalah manusia dalam ukuran besar yang senantiasa maju dan berevolusi

10. Benedictus de Spinoza

Benedictus de Spinoza mengemukakan pengertian negara adalah susunan masyarakat yang integral (kesatuan) antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat.

11. Thomas Hobbes

Thomas Hobbes mengemukakan pengertian negara adalah hasil perjanjian antar individu untuk menciptakan suatu lembaga dengan wewenang mutlak untuk menata mereka melalui UU dan untuk memaksana semua agar taat pada UU tersebut.

12. J.J. Rousseau

J.J. Rousseau mengemukakan pengertian negara adalah perkumpulan dari rakyat yang melindungi dan mempertahankan hak dan harta benda masing-masing, tetapi tetap hidup dengan bebas dan merdeka.

13. Roger F. Soltau

Roger F. Soltau mengemukakan pengertian negara adalah alat atau kewenangan untuk mengatur dan mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama rakyat.

14. Karl Marx

Karl Marx mengemukakan pengertian negara adalah alat kekuasaan bagi penguasa untuk menindas kelas manusia yang lain

15. Kranenburg

Kranenburg mengemukakan pengertian negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan sekelompok masyarakat yang disebut dengan bangsa.

16. Miriam Budiarjo

Miriam Budiarjo mengemukakan pengertian negara adalah suatu daerah yang penduduknya diperintah oleh sejumlah pejabat dan hasil menuntut dari warga negaranya kepatuhan dan peraturan perundang-undangan melalu kontrol dari kekuasaa kekuasaan yang sah.

Baca Juga:  √ Pengertian Sentralisasi, Tujuan, Ciri dan Dampaknya (Lengkap)

17. M. Solly Lubis, S.H

M. Solly Lubis, S.H mengemukakan pengertian negara adalah suatu bentuk pergaulan manusia atau suatu komunitas. Menurutny juga negara mempunyai syarat-syarat tertentu, seperti daerah tertentu, dan memiliki pemerintah

18. Senarko

Senarko mengemukakan pengertian negara adalah suatu organisasi yang memiliki daerah yang tertentu, tempat kekuasaan negara berlaku sepenuhnya kedaulatan.

19. Prof Djokosoetono, S.H

Prof Djokosoetono, S.H mengemukakan pengertian negara adalah suatu organisasi manusia atua kumpulan manusia-manusia yang berbeda dibawah pemerintah yang sama.

20. Prof Nasroen

Prof. Nasroen mengemukakan pengertian negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup, karena sebab itu harus di tinjau secara sosiologis agar dapat dijelaskan dan dipahami.

21. Van Apeldoorn

Van Apeldoorn mengemukakan pengertian negara adalah suatu wilayah tertentu yang didalamnya diam suatu bangsa di bawah kekuasaan tertinggi.

22. Kranwer

Kranwer mengemukakan pengertian negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik militer, ekonomi, politik, sosial budaya diatur oleh pemerintah yang berada di wilayah negara tersebut.

23. Leon Duguit

Leon Duguit mengemukakan pengertian negara adalah dominasi sejumlah elite penguasa terhadap rakyat melalui penegakkan hukum.

24. Georgh Wilhelm Friedrich Hegel

Georgh Wilhelm Friedrich Hegel mengemukakan pengertian negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dengan kemerdekaan universal.

25. Dr. Oeripan Notohamidjojo

Dr. Oeripan Notohamidjojo mengemukakan pengertian negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

26. G. Pringgodigdo, SH

G. Pringgodigdo, SH mengemukakan pengertian negara adalah suatu organisaasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus mempunyai pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu bangsa.

27. Prof. Mr. Soenarko

Prof. Mr. Soenarko mengemukakan pengertian negara adalah organisasi masyarakat di wilayah tertentu dengan kekuasaan yang berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

Baca Juga:  √ 26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

28. Bellefroid

Bellefroid mengemukakan pengertian negara adalah suatu persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya.

29. Max Weber

Max Weber mengemukakan pengertian negara adalah suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah tertentu.

30. R. M. Maclver

R.M. Maclver mengemukakan pengertian negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan ketertiban di dalm suatu masyarakat di suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberi kekuasaan memaksa.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

31. Dr. W.L.G. Lemaire

Dr.W.L.G. Lemaire mengemukakan pengertian negara adalah suatu masyarakat manusia teritorial yang diorganisasikan.

32. Harold J. Laski

Harold J. Laski mengemukakan pengertian negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada kelompok atau individu yang merupakan bagian dari masyarakat

33. Georg Jellinek

Georg Jellinek mengemukakan pengertian negara adalah organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu

34. Phillimore

Phillimore mengemukakan pengertian negara adalah orang-orang yang secara permanen mendiami suatu wilayah tertentu, dijilid dengan hukum-hukum kebersamaan, kebiasaan dan adat-istiadat didalam satu kebijaksanaan.

35. Gettel

Gettel mengemukakan pengertian negara adalah komunitas oknum-oknum, secara permanent mendiami wilayah tertentu, menuntut dengan sah kemerdekaan diri dari luar dan mempunyai sebuah organisasi pemerintahan, dengan menciptakan dan menjalankan hukum secara menyeluruh didalam lingkungan.

Itulah telah dijelaskan tentang 35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 6 votes