20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap – Persepsi merupakan suatu istilah yang sering digunakan dalam bidang Psikologi. Kita tentu sering mendengarnya disuatu situasi dan kesempatan, tetapi sebenarnya apa pengertian dari persepsi? Untuk itu kali ini kita akan mengkaji pengertian persepsi yang dikemukakan oleh para ahli yang bisa kalian baca dibawah ini.

Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli

1.Purwodarminto

Purwodarminto mengemukakan pengertian persepsi adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang dalam mengetahui beberapa hal melalui pengidraan.

2.Joseph A. Devito

Joseph A. Devito mengemukakan pengertian persepsi adalah proses menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita.

3.Maramis

Maramis mengemukakan pengertian persepsi adalah daya mengenal barang, kualitas atau hubungan dan perbedaan melalui proses mengamati, mengetahui, dan mengartikan setelah panca indera mendapatkan rangsangan.

4.Desirato

Desirato mengemukakan pengertian persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

5.Eysenck dalam Asrori (2009:215)

Eysenck mengemukakan pengertian persepsi adalah proses belajar dan pengalaman. Hasil proses belajar dan interaksi seseorang akan memberikan pengalaman bagi dirinya untuk dapat membandingkan keadaan yang dihadapi.

Baca Juga:  Pengertian Moral, Karakteristik, Contohnya Terlengkap

6.Robbins (1999:124)

Robbins mengemukakan pengertian persepsi adalah kesan yang diperoleh individu melalui panca indera kemudian dianalisa, diinterprestasikan, dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna.

7.Irwanto (1991:71)

Irwanto mengemukakan pengertian persepsi adalah proses diterimanya rangsang (objek, kualitas, hubungan antar gejala, maupun peristiwa) sampai rangsa itu disadari dan dimengerti.

8.Wirawan Sarwono (1983:89)

Wirawan Sarwono mengemukakan pengertian persepsi adalah kemampuan seseorang untuk mengorganisir suatu pengamatan. Kemampuan tersebut antara lain, kemampuan membedakan, mengelompokkan, dan memfokuskan.

9.Slameto (2010:102)

Slameto mengemukakan pengertian persepsi adalah proses yang berkaitan dengan masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia.

10.Rahmat (1990:64)

Rahmat mengemukakan pengertian persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa dan hubungan-hubungan yang diperoleh dengan meyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

11.Asrori

Asrori mengemukakan pengertian persepsi adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang dalam mengetahui beberapa hal melalui pengidraan.

12.Bimo Walgito

Bimo Walgito mengemukakan pengertian persepsi adalah suatu proses yang didahului oleh penginderaan yaitu merupakan proses yang berwujud diterimanya stimulus oleh individ melalui alat indera atau juga disebut proses sensoris.

13.Kamus Besar Psikologi

Kamus Besar Psikologi mengemukakan pengertian persepsi adalah suatu proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indra-indra yang dimiliki sehingga ia menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada di lingkungannya.

Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli
20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap

14.Kotler (2004:193)

Kotler mengemukakan pengertian persepsi adalah suatu proses dimana seseorang dapat memilih, mengatur dan mengartikan informasi menjadi suatu gambar yang sangat berarti di dunia.

15.Trianto Dan Titik Triwulan, T. (2006:53)

Trianto dan Titik Triwulan, T. mengemukakan pengertian persepsi adalah suatu proses pengenalan atau identifikasi sesuatu dengan menggunakan panca indera. Kesan yang diterima individu sangat tergantung pada seluruh pengalaman yang telah diperoleh melalui proses berpikir dan belajar, serta dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri individu.

Baca Juga:  Pengertian Sistem, Elemen, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur Terlengkap

16.Kreitner Dan Kinicki (2005:208)

Kreitner dan Kinicki mengemukakan pengertian persepsi adalah proses kognitif yang memungkinkan kita dapat menafsirkan dan memahami lingkungan sekitar kita.

17.Khairani (2012:62)

Khairani mengemukakan pengertian persepsi adalah suatu proses yang didahului stimulus yang diterima oleh individu melalui alat reseptor yaitu indera. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

18.Suranto Aw (2010:107)

Suranto Aw mengemukakan pengertian persepsi adalah proses internal yang diakui individu dalam menyeleksi, dan mengatur simuli yang datang dari luar. Stimuli itu ditangkap oleh indra, secara spontang pikiran dan perasaan kita akan memberi makna atas stimuli tersebut. Secara sederhana persepsi bisa dikatakan sebagai proses individu dalam memahami kontak/hubungan dengan dunia sekelilingnya.

19.Verderber dalam Suranto Aw (2010:107)

Verderber mengemukakan pengertian persepsi adalah proses menafsirkan informasi indrawi.

20.Young dalam Adrian (2010:1)

Young mengemukakan pengertian persepsi adalah aktivitas mengindra, mengintegrasikan dan memberikan penilaian pada obyek-obyek fisik maupun obyek sosial, dan pengindraan tersebut tergantung pada stimulus fisik dan stimulus sosial yang ada dilingkungannya.

Itulah telah dijelaskan tentang 20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post