Pengertian Persepsi, Proses Terjadi, Jenis-Jenis, Syarat Terjadi, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Posted on

Pengertian Persepsi, Proses Terjadi, Jenis-Jenis, Syarat Terjadi, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap – Setelah pada postingan sebelumnya kita telah membahas pengertian persepsi menurut para ahli. Untuk sekarang ini kami akan mengulas pengertian persepsi lebih mendalam. Yang meliputi pengertian persepsi, proses persepsi, jenis-jenis persepsi , syarat terjati persepsi dan faktor yang mempengaruhi persepsi dengan pembahasan lengkap dan ringan. Agar lebih detail silakan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Persepsi

Persepsi adalah suatu proses yang diawali dengan pengindraan, yaitu suatu proses yang diterima oleh individu dengan alat reseptor yaitu alat indera. Pada proses penginderaan ini tidak lepas dari proses persepsi. Alat indera adalah penghubung antara individu dengan dunia luar.

Pengertian persepsi menurut Wikipedia adalah tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Persepsi mencakup seluruh sinyal didalam sistem saraf, yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindra.

Proses Terjadinya Persepsi

Menurut Hamka, proses terjadinya persepsi melewati beberapa tahap, yang antara lain:

  • Tahap Pertama: Adalah tahap yang sering disebut dengan nama proses kealaman atau proses fisik yakni proses ditangkapnya suatu stimulus “objek” oleh panca indera.
  • Tahap Kedua: Adalah tahap yang dikenal dengan proses fisiologis yakni proses dilanjutkannya stimulus atau objek yang sudah diterima alat indera dengan syaraf-syaraf sensoris ke otak.
  • Tahap Ketiga: Adalah proses yang dikenal dengan nama proses psikologis yakni proses didalam otak, sehingga membuat individu mengerti, menyadari, menafsirkan dan menilai objek tersebut.
  • Tahap Keempat: Adalah hasil yang didapatkan dari proses presepsi yang dalam bentuk tanggapan, gambaran atau kesan.
Baca Juga:  20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap

Jenis-Jenis Persepsi

Proses memahami terhadap rangsangan atau stimulus yang didapatkan oleh indera membuat persepsi dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Persepsi Visual
    Persepsi visual diperoleh dari indera penglihatan. Persepsi ini merupakan persepsi yang paling awal berkembang pada bayi, dan memengaruhi bayi dan balita untuk memahami dunianya. Persepsi visual adalah hasil dari apa yang dilihat baik sebelum kita melihat atau masih membayangkan dan sesudah melakukan pada objek yang dituju.
  • Persepsi Auditori
    Persepsi auditori diperoleh dari indera pendengaran yakni telinga.
  • Persepsi Perabaan
    Persepsi perabaan diperoleh dari indera taktil yakni kulit
  • Persepsi Penciuman
    Persepsi penciuman atau olfaktori diperoleh dari indera penciuman yakni hidung.
  • Persepsi Pengecapan
    Persepsi pengecapan atau rasa diperoleh dari indera pengecapan yakni lidah.
  • Persepsi Selektif
    Persepsi selektif yaitu menginterprestasikan secara selektif terhadap yang dilihat seseorang menurut minatnya, latar belakang, pengalaan dan sikap seseorang.
Pengertian Persepsi, Proses Terjadi, Jenis-Jenis, Syarat Terjadi, Faktor Yang Mempengaruhi
Pengertian Persepsi, Proses Terjadi, Jenis-Jenis, Syarat Terjadi, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Syarat Terjadinya Persepsi

Menurut Walgito (1989: 54) terdapat tiga syarat terjadinya persepsi, yakni:
-Terdapat objek yang dipersepsi
-Terdapat alat indera atau reseptor
-Terdapat perhatian

Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses persepsi, yaitu:

Faktor Internal

Individu merupakan faktor internal saling berinteraksi dalam individu mengadakan persepsi. Tentang keadan individu yang bisa memberi pengaruh hasil persepsi datang dari dua sumber yakni berhubungan dengan sisi kejasmanian dan sisi psikologis.

Jika sistem fisiologis terganggu, maka hal ini akan berpengaruh terhadap persepsi seseorang. Sedangkan sisi psikologis yakni antara lain tentang pengalaman, perasaan, kemampuan berpikir, kerangka acuan dan motivasi akan mempengaruhi pada seseorang dalam pengadaan persepsi.

Faktor Eksternal

Beberapa faktor eksternal antara lain:

  • Stimulus

    Supaya stimulus bisa dipersepsi, maka stimulus harus cukup kuat. Jelasnya Stimulus akan banyak mempengaruhi dalam persepsi. Stimulus yang kurang jelas akan memiliki pengaruh pada ketepatan persepsi. Apabila stimulus wujudnya benda bukan manusia, maka ketepatan persepsi lebih terletak pada individu yang mengadakan persepsi, karena benda yang dipersepsi itu tidak ada usaha untuk mempengaruhi yang mempersepsi.

  • Lingkungan Atau Situasi

    Lingkungan atau situasi khususnya yang menjadi latar belakang stimulus juga akan memiliki pengaruh terhadap persepsi jika obyek adalah manusia. Obyek dan lingkungan yang menjadi latar belakang obyek adalah kesatuan yang sulit dipisahkan. Obyek yang sama dengan situasi sosial yang berbeda bisa menghasilkan persepsi yang berbeda.

Itulah tadi diatas, telah dijelaskan tentang Pengertian Persepsi, Proses Terjadi, Jenis-Jenis, Syarat Terjadi, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post