√ Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Cara Mengukur & Teorinya

Posted on

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Cara Mengukur, Teori Pertumbuhan, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap – Dalam suatu aktivitas ekonomi ada istilah yaitu pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi berhubungan dengan kapasitas produksi suatu perekonomian yang berupa kenaikan pendapatan nasional. Untuk lebih detailnya kali ini kami akan membahas tentang pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumuhan ekonomi, teori pertumbuhan ekonomi dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dengan lengkap dan mudah dipahami.

Sehingga dengan pembahasan ini kalian menjadi lebih tahu apa itu pertumbuhan ekonomi dan bagaimana cara mengukur dan hal lainnya yang berkaitan dengan materi tersebut. Marilah baca ulasan lengkapnya dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Cara Mengukur & Teorinya

Mari kita bahas dulu apa itu pertumbuhan ekonomi.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yaitu sebuah proses berubahnya kondisi perekonomian sebuah negara dengan berkesinambungan mengarah pada keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi juga bisa didefinisikan dengan suatu proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang ditampilkan berupa kenaikan pendapatan nasional. Terdapatny pertumbuhan ekonomi mengindikasikan berhasilnya pembangunan ekonomi didalam kehidupan bermasyarakat.

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara bisa diukur dengan cara melakukan perbandingan seperti untuk ukuran nasional GNP (Gross National Product), tahung sedang berjalan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Pengertian Keluarga, Tugas, Fungsi, Bentuk, Macam-Macam, Ciri-Ciri Terlengkap

Teori Pertumbuhan Ekonomi

Teori pertumbuhan ekonomi secara umum antara lain:

Teori Pertumbuhan Ekonomi Historis

Teori ini dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain:

  • Werner Sombart (1863-1974)
    Menurut Wernert Sombart pertumbuhan ekonomi suatu bangsa bisa dibedakan menjadi tiga tingkatan:
  • Masa Perekonomian Tertutup
    Dimasa ini, seluruh aktivitas manusia hanya semata-mata untuk mencukupi kebutuhannya sendiri. Individu atau masyarakt bertindak sebagai produsen dan juga konsumen menjadikan tidak terjadi suatu pertukaran barang atau jasa.
  • Masa Kerajinan Sama Pertukangan
    Dimasa ini, keperluan manusia semakin bertambah, baik secara kuantitatif ataupun secara kualitatif akibat berkembangnya peradaban. Peningkatan kebutuhan tersebut tidak bisa terpenuhi sendiri menjadikan dibutuhkan pembagian kerja yang sesuai dengan keahlian masing-masing.

Pembagian kerja ini menjadikan timbulnya tukar barang dan jasa. Pertukaran barang dan jasa di masa ini belum didasari dengan tujuan untuk mencari keuntungan, tetapi karena semata-mata untuk saling mencukupi kebutuhan.

Masa Kapitalis
Di masa ini, timbul kaum pemilik modal (kapitalis). Didalam menggerakkan usaha kaum kapitalis membutuhkan tenaga kerja (kaum buruh). Produksi yang dijalankan para kaum kapitalis tidak lagi hanya untuk mencukupi kebutuhannya, tetapi sudah memiliki tujuan mencari keuntungan/laba.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Cara Mengukur, Teori Pertumbuhan, Faktor Yang Mempengaruhi

Teori Klasik Dan Neo Klasik

Teori Klasik

Teori klasik terdiri dari beberapa pendapat para ahli, yaitu:

  • Adam Smith
    Teori Adam Smith menganggap jika pertumbuhan ekonomi sebenarnya berpijak pada terdapatnya pertambahan penduduk. Dengan adanya pertambahan penduduk, makan akan ada pertambahan output atau hasil.
  • David Ricardo
    David Ricardo memiliki pendapat jika faktor pertumbuhan penduduk yang semakin cepat sampai menjadi dua kali lipat di suatu saat akan menjadi sebab jumlah tenaga kerja melimpah. Kelebihan tenaga kerja akan mengakibatkan gaji menjadi turun.

Gaji tersebut hanya bisa dipakai untuk memenuhi biaya hidup minimun sehingga perekonomian akan mengalami kemandegan (statonary state).

Baca Juga:  Pengertian Supervisi Pendidikan, Tujuan, Prinsip, Fungsi, Obyek Terlengkap

Teori Neoklasik

Teori Neoklasik terdiri dari beberapa pendapat para ahli, yiatu:

  • Robert Solow
    Robert Solow memiliki pendapat jika pertumbuhan ekonomi adalah serangkaian aktivitas yang sumbernya adalah manusia, akumulasi moda, penggunaan teknologi modern dan hasil atau outputnya. Yang mana pertumbuhan penduduk bisa menjadi dampak positif dan dampak negatif. Oleh sebab itu, menurut Robert Solow mengungkapkan pertambahan penduduk harus dimanfaatkan sebagai sumber daya positif.
  • Harord Domar
    Teori Harord Domar menganggap bahwa modal harus digunaan dengan cara efektif, karena pertumbuhan ekonomi sangat terpengaruh dari pembentukan modal tersebut.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi antara lain:

Faktor Sumber Daya Manusia

Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi dari SDM. Sumber daya manusia adalah faktor yang paling penting dalam proses pembanguan, cepat lambatnya proses pembangunan bergantung dari sejauh mana sumber daya manusiannya selalu subjek pembangunan mempunyai kompentensi yang memadai untuk melakukan proses pembangunan dengan membangun infrastruktur pada setiap daerah.

Faktor Sumber Daya Alam

Di beberapa besar negara berkemang bergantung dari sumber daya alam dalam menjalankan proses pembangunannya. Tetapi sumber daya alam saja tidak bisa menjadi jaminan proses pembangunan ekonomi jika tidak didukung oleh kemampuan sumber daya manusia dalam pengelolan sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya alam tersebut antara lain kesubuhran tanah, kekayaan mineral, tambah, hasil hutan dan kekayaan laut.

Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menjadi pendorong terdapatnya percepatan proses pembangunan, pergantian pola kerja yang awalnya memakai tangan manusia diganti dengan mesin-mesin canggih yang berdampak pada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas beberapa aktivitas pembangunan ekonomi yang dilaksanakn dan di akhirnya berakibat di percepatan laju pertumbuhan perekonomian.

Baca Juga:  √ Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat & Contohnya

Faktor Budaya

Faktor budaya memiliki dampak sendiri pada pembangunan ekonomi yang dijalankan, faktor ini bisa berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi bisa juga menjadi penghambat pembangunan. Budaya yang bisa mendorong pembangunan antara lain sikap kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan lain sebagainya.

Faktor Sumber Daya Modal

Sumber daya modal diperlukan manusia untuk mengolah Sumber Daya Alam dan meningkatkan kualitas Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Sumber daya modal dalam bentuk barang-barang modal sangatlah penting untuk perkembangan dan kelancara pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga bisa meningkatkan produktivitas.

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Cara Mengukur, Teori Pertumbuhan, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 3 votes