12 Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam-Macam, Sikap, Arti Terlengkap

Posted on

12 Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam-Macam, Sikap, Arti Terlengkap – Dalam proses belajar tentu ada sebua hasil yang didapat. Hasil yang paling maksimal atau yang paling tinggi sering disebut dengan prestasi. Suatu prestasi tentu didapat dengan tidak mudah ada proses dan aspek yang mempengaruhinya.

Untuk itu dikesempatan yang baik ini, izinkanlah kami menjelaskan dengan detail tentang pengertian prestasi, baik secara umum atau yang dikemukakan oleh beberapa ahli, dan juga apa saja macam-macam prestasi, sikap dalam berprestasi dan arti penting sebuah prestasi. Maka dari itu pastikan kalian membacanya sampai selesai agar memahami materi ini.

Pengertian Prestasi

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam-Macam, Sikap, Arti
Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam-Macam, Sikap, Arti

Kata Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya “Hasil Bisnis”. Prestasi didapat dari usaha yang dilakukan. Sehingga prestasi bisa artikan dengan hasil usaha yang dilakukan seseorang yang membuahkan hasil.

Selain dari pengertian diatas, berikut ini kami sertakan beberapa pengertian prestasi yang dikemukakan oleh pada ahli dengan masing-masing pendapatnya.

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli

1.WS. Winkei (1989)

WS. Winkei mengemukakan pengertian prestasi adalah hasil dari pembelajaran yang ditunjukan oleh siswa menurut kemampuan internal yang didapatkan sesuai dengan tujuan instruksional

2.Bukhari M.Ed (1983)

Bukhari M.Ed mengemukakan pengertian prestasi adalah diartikan sebagai hasil yang dicapai atau hasil yang telah dicapai

Baca Juga:  √ Pengertian Konjungsi Beserta Macam-macam Konjungsi (Lengkap)

3.Kamus Bahasa Indonesia

Kamus Bahasa Indonesia mengemukakan pengertian prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, dilakukan dan sebagainya.

4.Siti Pratini (2005)

Siti Pratini mengemukakan pengertian prestasi adalah hasil dari seseorang dalam kegiatan pembelajaran.

5.Sumadi Suryabrata (1998)

Sumadi Suryabrata mengemukakan pengertian prestasi adalah sebagai rumus yang diberikan guru mata pelajaran mengenai kemajuan atau prestasi belajar selama periode tertentu.

6.Sutratinah Tirtonegoro (1984:4)

Sutratinah Tirtonegoro mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah suatu bentuk penilaian terhadap hasil aktivitas transfer ilmu (belajar) yang dilakukan di sekolah dan diwakilkan dalam bentuk angka sebagai salah satu bentk penilaian standar akan pencapaian suatu peserta didik dalam rentan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

7.Asmara (2009:11)

Asmara mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah suatu bentuk pencapaian atas usaha seseorang dalam penguasaan materi, keterampilan, maupun pengetahuan yang ditunjukkan ataupun diwakilkan dalam bentuk nilai.

8.Hetika (2008:23)

Hetika mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah pencapaian atua kecakapan yang dinampakkan dalam keahlian atau kumpulan pengetahuan

9.Harjati (2008:43)

Harjati mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah hasil usaha yang dilakukan dan menghasilan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu.

10.Dewa Ketut Sukardi (1983:51)

Dewa Ketut Sukardi mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah bagiand ari alat ukur kemampuan para siswa untuk menghitung maupun menyimpulkan tingkat keberhasilan dari suatu proses pembelajaran dari seluruh mata pelajaran yang ada.

11.Haditomo dkk (1980:4)

Haditomo dkk mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah bentuk dari kemampuan seseorang dalam melewati beragam proses pembelajaran dengan hasil yang maksimal serta tingkat kemampuan yang tinggi sehingga hasil yang dicapai memiliki kelebihan tersendiri baik dari sisi waktu, ketepatan maupun unsur lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Slogan beserta Contoh Slogan (Pembahasan Lengkap)

12.Sunarya (1983:4)

Sunarya mengemukakan pengertian prestasi belajar adalah lebih mengarah ke perubahan sikap maupun tingkah laku seseorang yang tentunya meliputi tiga ranah seperti kognitig, afektif dan psikomotorik yang bisa diwakili sebagai tolak ukur keberhasilan.

Macam-Macam Prestasi

Terdapat beberapa prestasi yang bisa diraih seseorang, antara lain:

Prestasi Belajar
Hasil yang didapat terhadap usaha belajar, seperti prestasi siswa di sekolah, menjadi juara umum dan lain sebagainya.

Prestasi Kerja
Adalah hasil yang diperoleh dari upaya kerja keras yang sudah dilakukan. Seperti naiknya jabatan atas kerja keras selama ini.

Prestasi Seni
Adalah hasil yang didapat dari usaha seni. Sepeti seorang penyanyi maupun seniman lain yang dalam bentuk penghargaan.

Prestasi Olahraga
Adalah hasil yang didapat atas usaha dan kerja keras pada bidang olahraga. Seperti seorang olahragawan yang memperoleh medali emas pada kejuaraan.

Prestasi Lingkungan Hidup
Prestasi yang didapatkan atas usaha menyelamatkan lingkungan hidup. Seperti individu ataupun kelompok memperoleh penghargaan atas usaha penyelamatan lingkungan hidup dalam bentuk penanaman pohon kembali atau reboisasi di hutan.

Sikap Dalam Berprestasi

Sikan pendukung seseorang ketika berprestasi adalah:

  • Orientasinya ke masa depan dan cita-cita
  • Orientasinya pada keberhasilan
  • Berani mengambil atau menghadapi risiko
  • Memiliki rasa tanggung jawab yang besar
  • Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik
  • Mempunyai sikap kreatif, dan inovatif, dan bisa memanajemen waktu dengan baik.

Disetiap pencapaian keberhasilan, setiap orang akan menghadapi tantangan, antara lain:

  • Berasal Dari Diri Sendiri
    Tantangan dari diri sendiri yaitu bakat, potensi, kecerdasan, atau intelektual, minat, motivasi, kebiasaan, emosi, kesehatan, pengalaman pribadi.
  • Berasal Dari Lingkungan
    Tantangan dari lingkungan dalam bentuk tantangan dari keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana, fasilitias, gizi dan tempat tinggal.
Baca Juga:  √ 22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Arti Penting Prestasi

Prestasi bisa dipakai untuk membuat potensi diri meningkat, dibawah ini adalah arti pentingnya prestasi.

  • Prestasi adalah wujud nyata kualitas dan kuantitas yang didapatkan seseorang atas usaha yang diperoleh
  • Prestasi adalah pengalaman yang dialami seseorang dan dapat menjadi pelajaran berharga di masa depan
  • Prestasi adalah kebanggaan untuk diri sendiri, keluarga, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara
  • Prestasi digunakan sebagai ukuran tingkat pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan seseorang, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara.

Itulah telah dijelaskan tentang 12 Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam-Macam, Sikap, Arti Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimaasih telah mengunjungi blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post