Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap – Dalam dunia komputer, tentu kita tidak asing lagi dengan sebutan software atau sering disebut juga dengan perangkat lunak. Karena dengan software kita bisa bekerja dengan komputer, softtware adalah aplikasi yang kita gunakan untuk menyelesaikan sebuah project atau apapun yang berhubungan dengan komputer atau laptop. Agar lebih detailnya berikut ini kami akan menjelaskan tentang Software, fungsi software, jenis-jenis software dan contoh software dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti.

Pengertian Software

Software atau dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak yaitu sebuah data atau pekerjaan digital yang disimpan, diedit, diperbaharui dengan suatu komputer. Dengan software informasi dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Software tidak berwujud karena bekerja didalam komputer, yang mana komputer terdiri dari hardware, brainware dan software.

Dapat disebut juga perangkat lunak atau software adalah penggerah dan pengontrol hardware dalam sebuah komputer. Software dibuat dengan sebuah bahasa pemrograman yang ditulis dan diciptakan oleh seorang programmer yang dicampurkan dengan aplikasi komputer sehingga menjadi suatu kode yang akan dikenali oleh mesin (hardware).

Fungsi Software

Dalam sebuah komputer software memiliki beberapa fungsi khusus yang ada. Fungsi tersebut diataranya adalah sebagai berikut:

  • Software menampilkan fungsi dasar untuk keperluan komputer yang bisa dibedakan menjadi sistem operasi atau sistem pendukung
  • Software funginya dalam mengatur seluruh hardware dalam bekerja dengan bersama-sama
  • Sebagai perantara antara software yang lain dengan hardware
  • Sebagai penerjemah kepada software-software di masing-masing instruksi-instruksi pada bahasa mesin menjadikan bisa diterima oleh hardware.
  • Intentifikasi program
Baca Juga:  11 Pengertian Web Server Menurut Para Ahli Terlengkap

Pembagian software

Menurut garis besarnya, software bisa dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya berikut:

Sistem Operasi
Merupakan perangkat lunak yang mengorganisasi seluruh komponen pada perangkat komputer. Contoh dari sistem operasi adalah Macintosh, Linux, Unix, Microsoft Windows

Program Aplikasi
Merupakan suatu program yang dibuat dalam bahasan pemrograman tertentu yang penerapannya di bidang tertentu. Program aplikasi bisa dibagi menjadi beberap ajenis aplikasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengolah Kata (Word Processor) : Seperti Ms. Word, Word Star, Word Perfect
  • Pengolah Angka (Spread Sheet): Seperti Ms. Excel, Lotus, Quattro Pro
  • Pengolah Data (Database): Seperti Ms. Access, DBase, Foxpro
  • Pengolah Citra (Drawing): Seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint, 3DStudio

Program Bantu (Utility)
Merupakan sebuah program yang fungsinya membantu sistem operasi. Contohnya: Mozilla Firefox, Anti virus, Winamp, FLV Player

Bahasa Pemrograman
Merupakan sebuah program yang dibuat dari assambler compiler atau interpreter. Contohnya: ASP, HTML, Java, Delphi, PHP, SQL, Visual Basic

Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh
Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap

Jenis-Jenis Software

Software dibagi menjadi beberapa jenis yang berikut ini penjelasannya lengkapnya:

Freeware

Merupakan perangkat lunak gratis yang bisa dipakai tanpa ada batasan waktu. Freeware seringkali disumbangkan untuk komunitas-komunitas, tetapi mempunyai hak sebagai pengembang dan pengontrol dalam perkembangan aplikasi selanjutnya.

Free Software

Adalah perangkat lunak yang bebas untuk di custom atau modifikasi dalam penggunaannya, disalin, diubah dengan beberapa keharusan yang bisa dinikmati oleh pemakai berikutnya. Konsep bebas disini artinya setiap orang dalam perangkat lunak ini bebas untuk mengkomersilkan dan mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya dan juga bisa menyebarkan secara luas dan gratis.

Istilah free software dibuat oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation (organisasi nirlaba dan sponsor utama dari proyek GNU).

Baca Juga:  √ Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya (Lengkap)

Open Source Software

Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan dan disebarluaskan karena sifatnya dari perangkat lunak terbuka yaitu pengembangan oleh suatu komunitas atau kelompok yang terbuka mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka.

Malware

Merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk merusak sistem komputer, jaringan komputer tanpa izin dari pemiliknya. Malware disebut juga perangkat perusak yagn asalnya dari Malicious dan Software. Istilah virus komputer dipakai sebagai sebutan dalam jenis perangkat perusak. Contoh Software malware/perangkat perusak: Virus komputer, kuda troya, rootkit, cacing komputer

Commercial Software

Merupakan perangkat lunak dengan tujuan komersil yang bisa dibeli pada distributor, pengembang software, atau kepada rekan pengembang software. User yang sudah membeli software tersebut tidak bisa menyebarluaskan atau membagikan ulang software secara bebas dan tanpa ijin penerbitnya akan di ilegalkan. Contoh Software Komersil: Adobe photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, Microsoft Visual Basic dan lain sebagainya.

Firmware

Merupakan perangkat lunak yagn tersimpan pada ROM. Firmware tidak bisa berubah meskipun tidak dialiri oleh listrik dan tidak bisa diubah tempat untuk menyimpannya di ROM tetapi bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROM nya seperti EEPROM atau Flash ROM.

Shareware

Merupakan perangkat lunak uji coba yang diberikan dengan gratis dengan ada batasan fitur-fitur tertentu seperti ketersediaan, fungsi, toolsnya, dan kenyamanan yang tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Shareware disebut pula dengan Trialware, yang merupakan perangkat lunak uji coba yang tujuannya adalah memperkenalkan perangkat lunak itu dan merupakan suatu strategi marketing pengembang aplikasi.

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat, Contoh Terlengkap

Silakan Baca Juga:

Rate this post