Pengertian Bakteri, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dampak Terlengkap

Posted on

Pengertian Bakteri, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dampak Terlengkap -Dalam pelajaran biologi kita pasti pernah mendengar tentang bakteri. Bakteri merupakan senyawa yang sangat kecil, tidak terlihat dengan kasat mata, atau senyawa mikroskopik. Namun meskipun senyawa ini tidak terlihat dengan mata telanjang tetapi mempunyai manfaat untuk kehidupan manusia. Apa saja manfaat atau fungsinya?

Yuk ikuti pembahasan kali ini yang menjelaskan dengan lengkap tentang pengertian bakteri, fungsi bakteri, manfaat bakteri, ciri-ciri bakteri, jenis-jenis bakteri dan dampak bakteri. Untuk lebih detailnya sebaiknya Anda membaca sampai selesai.

Pengertian Bakteri

Bakteri adalah organisme mikroskopik. Bakteri adalah organisme memiliki sel tunggal atau uniseluler, prokatiota atau prokariot, ukurannya sangat kecil dan tidak mempunyai klorofil.

Kata bakteri berasal dari bahasa Latin “Bacterium”. Bakteri mempunyai banyak spesies yang sekitar ratusan ribu jumlahnya. Bakteri adlah organisme dengan jumlah paling banyak di bumi.

Bakteri pertama ditemukan oleh ilmuwan yakni Anthony Van Leewenhoek, selanjutnya di kenalkan dalam bentuk buku bergambar bakteri di tahun 1684. Ilmu yang mempelajari mengenai bakteri yakni bakteriologi.

Fungsi Bakteri

Pengertian Bakteri, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dampak
Pengertian Bakteri, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dampak

Fungsi atau peranan dari bakteri antara lain sebagai berikut:

Bidang Lingkungan
Dalam bidang lingkungan bakteri memiliki peranan yang penting. Seperti misalnya pada tumbuhan atau hewan terdapat bakteri saprofit yang bisa menguraikan sisa-sisa atau kotoran organisme. Bakteri itu kemnudian menguraikan protein, karbohidrat dan senyawa organik lainya menjadi gas CO2, gas amoniak, dan senyawa lain menjadi sederhana.

Baca Juga:  √ Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya (Bahas Lengkap)

Beberapa kelompok bakteri seperrti nitrigikasi berperan dalam siklus nitrogen. Bakteri ini adalah bakteri yang bisa menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia yang seringkali berlangsung dengan aerob didalam tanah.

Bidang Pangan
Dalam bidang pangan, bakteri banyak membantu proses fermentasi dan hal ini sudah banyak diterakan pada pengolahan berbagai macam makanan. Bahan pangan yang sudah terfermentasi seringkali dapat disimpan dalam waktu yang lama, juga bisa meningkatkan atau memberikan cita rasa baru dan unik di makanan tersebut.

Selain dalam fermentasi, beberapa jenis spesies bakteri pengurai dan patogen bisa tumbuh didalam makanan. Kelompok ini dapat melakukan metabolisme berbagai komponen dalam makanan dan selanjutnya menghasilkan metabolit sampingan yang sifatnya beracun.

Bakteri juga bisa menjadikan tanaman terserang penyakit. Seperti jenis bakteri Raistonia Solanacearum yaitu salah satu bakteri yang menyebabkan layu di tanaman tomat. Tanaman yang sudah terserang akan terlihat semakin layu dan akhirnya menimbulkan kematian.

Bidang Kesehatan
Bukan saja dalam bidang lingkungan dan pangan. Bakteri juga bisa memiliki peranan pada bidang kesehatan. Antibiotik adalah zat yang didapat oleh mikroorganisme dan memiliki daya hambat terhadap aktivitas mikroorganisme lain dan senyawa ini banyak dipakai dalam penyembuhan suatu penyakit.

Selain menghasilkan antibiotik, beberapa jenis bakteri juga bersifat patogen. Di manusia, sebagian jenis bakteri yang sering menjadi agen penyebab penyakit adalah jenis Salmonelia, enterica subspesies yang menjadi penyebab penyakti tifus, Ciostridium tetani yang menyebabkan penyakit tetanus. Dan tentu masih banyak yang lainnnya

Manfaat Bakteri

Adapun manfaat atau kegunaan bakteri yang menguntungkan untuk kehidupan adala sebagai berikut:

  • Bermanfaat untuk menyuburkan tanah dengan menghasilkan nitrat
  • Menguraikan sisa makhluk hidup melalui pembusukan
  • Melakukan fermentasi dalam pembuatan makanan dan minuman
  • Bisa menghasilkan antibiotik untuk pembuatan obat-obatan
  • Bisa menguraikan sampah yang digunakan untuk menghasilkan energi
  • Dapat digunakan untuk pembuatan zat kimia dan lain sebagainya
Baca Juga:  √ Pengertian Jaringan Kolenkim Dan Jaringan Sklerenkim (Lengkap)

Ciri-Ciri Bakteri

Ciri-ciri dari bakteri adalah sebagai berikut:

  • Seringkali tidak mempunyai klorofil pada tubuhnya
  • Mempunyai hidup bebas seperti parasif atau patogen
  • Mempunyai bentuk yang beragam
  • Tubuhnya sangat kecil antara 1 sampai 5 mikron
  • Tidak mempunyai membran di inti selnya atau prokariot
  • Seringkali mempunyai satu sel atau uniseluler
  • Mempunyai dinding sel peptidoglikan di lingkungan yang ekstrim dan kosmoploit yang terkandung didalamnya peptidoglikan

Jenis-Jenis Bakteri

Jenis-jenis bakteri bisa dibedakan menurut dari cara untuk bisa mendapatkan makanan dan dari cara mereka mendapatkan oksigen.

Jenis Bakteri Menurut Cara Mencari Makanan

Bakteri Heterotrof
Merupkaan bakteri yang makan senyawa organik berasal dari organisme lain. Bakteri heterotrof dibagi menjadi dua yakni bakteri parasit dan bakteri sprofit.

Bakteri Autrotof
Adalah bakteir yang bisa membuat makanan untuk dirinya sendir. Bakteri ini dibedakan menjadi dua yakni bakteri kemautrotof dan bakteri fotoautrotof.

Jenis Bakteri Menurut Cara Mendapatkan Oksigen

Bakteri Aerob
Adalah bakteri yang mendapatkan energi dengan cara menangkap oksigen bebas. Bakteri ini antara lain nitrosomonas, nitrosococcus, dan nitrobackter

Bakteri Anaerob
Adalah bakteri yang dalam mendapatkan energi tidak memerlukan oksigen bebas. Energinya dari proses perombakan senyawa organik tanpa memakai oksigen di dalam proses itu. Proses tersbut disebut dengan fermentasi.

Dampak Buruk Bakteri Yang Merugikan Untuk Kehidupan

  • Menyebabkan penyakit untuk makhluk hidup yang termasuk juga pada manusia (bakteri parasit/patogen)
  • Membuat makanan yang kita miliki menjadi busuk
  • Merusak tanaman dengan serangkaian penyakit yang merugikan (bakteri patogen/parasit)
  • Timbulnya bau yang tidak enak yang merupakan hasil aktivitas pembusukan
  • Menjadikan tubuh manusia kotor penuh bakteri yang membuat bau badan

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Bakteri, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dampak Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Ilmu Biologi, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Cabang Terlengkap

Silakan Baca Juga:

Rate this post