√ Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri dan Dampaknya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri dan Dampaknya (Lengkap) – Istilah globalisasi sering digunakan diawal pertengahan tahun 1980 an dan seringkali sejak pertengahan 1990 an. Globalisasi berhubungan dengan kemajuan suatu bangsa dan pembangunan. Untuk lebih lengkapnya di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian globalisasi, penyebab globalisasi, ciri-ciri globalisasi dan dampak globalisasi yang akan diulas berikut ini.

Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri dan Dampaknya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian globalisasi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Globalisasi

Dalam Wikipedia, Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Pengertian lain dari globalisasi adalah pengalaman pada kehidupan sehari-hari, ide dan informasi yang menjadi suatu standar diseluruh dunia. Globalisasi berhubungan dengan kemajuan yang berkaitan dengan universal di perekonomian, perindustrian, gaya hidup, dan seluruh aspek kehidupan.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari globalisasi yang dijelaskan oleh ahlinya.

  1. Dr.Nayef R.F Al-Rodhan

    Menurut Dr. Nayef R.F Al-Rodhan globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus dan konsekuen dari integrasi transasional kegiatan manusia dan non-manusia.

  2. Albrow

    Menurut Albrow globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini (dimasukkan) diinkoporasikan kedalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global. Oleh sebab itu, proses ini sifatnya majemuk sehinga kita dapat memandang globalisasi mengandung unsur dari proses, individu/manusia yang heterogen tetapi mempunyai hubungan yang sama.

  3. Achmad Suparman

    Menurut Achmad Suparman globalisasi adalah sebuah proses menjadikan suatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Penyebab Globalisasi

Adanya globalisasi secara mendunia mempunyai beberapa sebab. Faktor yang menjadi sebab adanya globalisasi adalah sebagai berikut:

1. Mudahnya Melakukan Transaksi Ekonomi

Sebagian contoh transaksi ekonomi yang bisa dilakukan dengan mudah seperti transaksi ekonomi dan transaksi jual beli. Transaksi tersebut bisa dilakukan secara lintas wilayah bahkan antar negara.

Seperti perdangan online. Perdagangan ini seorang disebuah negara bisa melakukan transaksi jual beli dengan seseorang di negara yang berbeda. Contoh lain adalah akses perbankan yang bisa diakses tanpa harus langsung ke bank. Yang mana warga negara bisa mengirim uang atau melakukan transaksi tanpa harus datang ke tempatnya. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh perkembangan di bidang komunikasi dan informatika, yang juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi.

2. Mudah Berkirim Barang Dan Jasa Dalam Jaringan Antar Wilayah

Contoh seperti barang dari suatu negara bisa dikirim ke negara lain. Dengan terdapatnya kemudahan ini barang dari luar negeri bisa dengan mudah digunakan oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan suatu negara mengikuti kebudayaan negara lain. Seperti pakaian yang asalnya dari negara Korea yang begitu mudah bisa dipasarkan di Indonesia. Dalam hal itu sudah terjadi penggambungan kebudayaan Indonesia dan Korea (asimilasi).

3. Berkurangnya Konflik Antar Negara

Konflik antar negara yang sekarang ini berkurang ditambah dengan sadarnya menjalin hubungan internasional, menjadi sebab terjadinya globalisasi. Hal ini karena kerja sama pada bidang ekonomi antar negara semakin mudah dijalankan.

4. Sumber Daya Alam Yang Semakin Berkurang

Seiring berjalannya waktu bisa dilihat bahwa tersedianya sumber daya alam semakin menipis. Hal ini bisa dilihat apabila dikaji dari sudut pandang investasi.

Ciri-Ciri Globalisasi

Terjadinya globalisasi ditandai dengan empat ciri-ciri atau karakter perubahan, yakni sebagai berikut:

  1. Globalisasi membuat terjadinya pelebaran kegiatan sosial, politik dan ekonomi di pelosok wilayah, regional dan benua.
  2. Globalisasi merupakan terjadinya intensifikasi atau meningkatnya dan juga saling berhubungannya aliran perdagangan, investasi, keuangan, dan juga migrasi dan pertukaran budaya.
  3. Globalisasi adalah terjadinya percepatan interaksi dan komunikasi yang mendunia dengan terciptanya sistem trasnportasi maju, sehingga mempercepat pertukaran dan juga difugsi ide, barang-barang, informasi, modal dan juga masyarakat.
  4. Globalisasi adalah terjadinya peningkatan intensitas dan kecepatan interaksi global yang membuat terjadinya peristiwa lokal pada wilayah yang berjauhan bisa menjadi sesuatu yang berdampak global.

Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri-Ciri, Dampak

Dampak Globalisasi

Terjadinya globalisasi mempunyai dampak untuk kehidupan secara universal. Globalisasi memiliki dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Dampak Positif Globalisasi

Dampak dari globalisasi secara positif adalah sebagai berikut:

  • Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi
  • Mudahnya untuk mendapatkan kebutuhan
  • Mudahnya perkembangan ilmu pengetahuan
  • Mudahnya mendapatkan informasi
  • Menumbuhkan sikap cosmopolitan dan toleran
  • Memacu diri untuk bisa meningkatkan kualitas
  • Mudahnya terjadinya komunikasi
  • Cepat dan mudah dalam melakukan perjalanan
  • Terbentuk hubungan internasional yang baik
  • Terbukanya individu kepada suatu kemajuan dunia
  • Mudah menjalankan suatu transaksi
  • Meningkatkan dan mengembangkan hubungan dalam sektor ekonomi

Dampak Negatif Globalisasi

Dampai dari globalisasi secara negatif yaitu:

  • Terjadi peningkatan kriminalisasi dan kejahatan
  • Masuknya paham-paham yang menyesatkan yang bisa membuat timbul konflik di masyarakat atau negara
  • Masyarakat cenderung mempuyai sifat konsumtif bukan produktif
  • Mudahnya dipengaruhi oleh hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan barat
  • Banyak informasi yang tidak tersaring
  • Membuat seseorang mempunyai fikiran sempit dan cenderung menutup diri
  • Pemborosan yang dikarenakan pengeluaran besar karena ingin mengikuti perilaku yang tidak sesuai
  • Menjadikan masyarakat mempunyai sifat imitatif
  • Timbulnya sikap individualisme
  • Terjadi urbanisasi
  • Timbul kesenjangan sosial
  • Tergangunya budaya lokal, karena terkikisnya suatu kebudayaan

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri dan Dampaknya (Lengkap), semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

√ Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri dan Dampaknya (Lengkap)
5 (100%) 6 vote[s]

Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif (Lengkap)