Pengertian Sistem Pernapasan Manusia, Alat Pernapasan, Jenis-Jenis Terlengkap

Posted on

Pengertian Sistem Pernapasan Manusia, Alat Pernapasan, Jenis-Jenis Terlengkap – Pada manusia terdiri dari organ-organ yang bekerja secara terus menerus. Dan salah satunya adalah organ sistem pernapasan. Sistem pernapasan pada manusia terdiri dari alat pernapasan, dan lainnya. Untuk lebih detailnya pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang sistem pernapasan manusia, alat-alat pernapasan dan jenis-jenis sistem pernapasan manusia dengan ulasan yang lengkap. Untuk lebih detailnya silakan simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan manusia adalah sistem menghirup oksigen dari udara dan juga mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Pengertian sistem pernapasan adalah sistem organ yang dipakai untuk pertukaran gas. Dalam proses pernapasan, oksigen adalah zat yang dibutuhkan paling penting.

Alat Pernapasan Manusia

Pengertian Sistem Pernapasan Manusia, Alat Pernapasan, Jenis-Jenis
Pengertian Sistem Pernapasan Manusia, Alat Pernapasan, Jenis-Jenis

Adapun alat-alat atau bagian organ pernapasan pada manusia adalah:

Hidung (Cavum Nasalis)
Sebagai salah satu organ alat pernapasan manusia, hidung mempunyai fungsi untuk menghirup udara, mengaring udara yang akan masuk menuju paru-paru, dan sebagai indera penciuman.

Tekak (faring)
Faring adalah persimpangan antara ronggo hidup ke tenggorongan (saluran pernapasan) dan rongga mulut pada kerongkongan (saluran pencernaan). Dibagian belakang faring ada laring. Laring disebut juga pangkal tenggorok. Di laring ada pita suara dan epiglotis atau katup pangkal tenggorokan. Pada saat menelan makanan epiglotis menutupi laring menjadikan makanan tidak masuk pada tenggorokan. Sebalinya, pada saat bernapas epiglotis akan membuka menjadikan udara masuk ke dalam laring selanjutnya menuju tenggorokan.

Tenggorokan (Trakea)
Tenggorokan memiliki bentuk seperti pipa dengan panjang lebih kurang 10 cm. Pada paru-paru trakea mempunyai dua cabang membentuk bronkus.

Baca Juga:  Pengertian Dekomposer (Pengurai), Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap

Cabang Tenggorokan (Bronkus)
Bronkus adalah cabang batang tenggorokan. Berjumlah sepasang, yang satu mengarah pada paru-paru kanan dan yang satu mengarah pada paru-paru kiri.

Brokiolus
Bronkiolus adalah cabang dari bronkus. Bronkiolus mempunyai cabang yang banyak membuat saluran yang semakin halus, kecil dan dindingnya semakin tipis. Bronkiolus tidak memilki tulang rawan, namun rongganya bersilia.

Alveolus
Bronkiolus memiliki muara di alveol (tunggal: alveolus), struktur berbentuk bola-bola mungil yang ditutupi pembuluh darah. Epitel pipih yang menjadi pelapis alveoli menjadikan mudah darah pada dalam kapiler-kapiler darah mengikat oksigen dari udara dalam rongga alveolus.

Paru-Paru
Paru-paru berada pada rongga dada. Rongga dada dan perut dipisahkan oleh suatu sekat yang disebut dengan diafragma. Paru-paru terdapat dua buah, yakni paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paruk kanan tersusun atas tiga gelambir (Lobus) yakni gelambir atas, gelambir tengah dan gelambir bawah.

Sedangkan paru-paru kiri tersusun atas dua gelambir yakni gelambir atas dan gelambir bawah. Paru-paru diselimuti oleh suatu selaput paru-paru (pleura). Kapasitas maksimal paru-paru berkisar antara 3,5 liter.

Udara yang keluar masuk pada paru-paruu di waktu melakukan pernapasan seringkali disebut dengan udara pernapasan (udara tidal). Volume udara pernapasan pada orang dewasa lebih kurang 500 nl.

Jenis-Jenis Pernapasan Manusia

Pernapasan pada manusia dibedakan menjadi dua jenis. Yakni pernapasan dada dan pernapasan perut.

Pernapasan Dada
Pernapasan dada merupakan pernapasan yang menggunakan otot antartulan rusuk. Mekanismenya bisa dibagi sebagai berikut:

  • Fase Inspirasi
    Fase ini dalam bentuk kontraksi otot antar tulan rusuk sehingga rongga dada membesar, menjadikan tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil dibanding tekanan di luar sehingga udara luar kaya oksigen masuk.
  • Fase Ekspirasi
    Fase ini adalah fase relaksasi atau kembalinya otot antar tulang rusuk ke posisi semula diikuti juga turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan didalam rongga dada menjadi lebih besar dibanding tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbondioksida keluar.
Baca Juga:  Pengertian Flora Dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat, Contoh Terlengkap

Pernapasan Perut
Pernapasan perut merupakan pernapasan yang menggunakan otot diafragma. Mekanismenya bisa dibedakan sebagai berikut:

  • Fase Inspirasi
    Fase ini dalam bentuk berkontraksi otot diafragma menjadikan rongga dada membesar, mengakibatkan tekanan dalam ronga dada menjadi lebih kecil dibanding tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
  • Fase Ekspirasi
    Fase ini adalah fase relaksasi atau kembalinya otot diafragma ke posisi semula yang diikuti oleh turunnya tulang rusuk menjadikan rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya tekanan di dalam ronga dada menjadi lebi besar dibanding tekanan luar sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.

Itulah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Sistem Pernapasan Manusia, Alat Pernapasan, Jenis-Jenis Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post