Pengertian Virus Komputer, Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Cara Mengatasi Terlengkap

Posted on

Pengertian Virus Komputer, Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Cara Mengatasi Terlengkap – Dalam dunia komputer, kata virus sudah tidak asing lagi ditelinga. Virus adalah perusak aplikasi atau software. Virus bisa digolongkan menurut tingkat risiko yang diakibatkannya. Lalu seperti apa sebenarnya virus komputer, dan sejarahnya? Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang virus, pengertiannya, sejarah, cara kerja, jenis-jenis virus, cara mengatasi virus komputer.

Pengertian Virus Komputer

Virus komputer menurut Wikipedia adalah program-program yang bisa menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam program atau dokumen lain.

Virus komputer bisa merusak (seperti merusak data di dokumen), membuat pemakai komputer merasa terganggu ataupun tidak merasa terganggu. Dalam virus komputer seperti virus biolog yang menyebar menyisipkan dirinya sendiri pada dokumen atau file.

Sejarah Virus Komputer

Virus komputer awalnya ditemukan di tahun 1960 pada laboratorium komputer raksasa di dunia , AT & T Bell Laboratory. Ketika para ilmuwan sedang istirahat, komputer yang bekerja di laboratorium tersebut sedang menciptakan suatu permainan bernawa Core War, atau yang sering disebut dengan perang program. Para ilmuwan komputer berlomba membuat sebuah program yang dapat dipakai untuk menyerang, memperbaiki dan memusnahkan program lain. Pemenang akan ditentukan menurut jumlah sisa program terbanyak dari waktu yang telah ditentukan. Meskipun virus hanya suatu program, tetapi virus dibuat untuk merusak, menginfeksi, dan hal yang dampaknya sangat merugikan.

Pertama munculnya virus adalah tidak mempunyai tujuan untuk membuat rugi orang lain. Tetapi, pada perkembangan selanjutnya virus dibuat sebagai ajang untuk balas dendam terhadap sistem atau kelompok pemakai komputer tertentu, hanya sekedar untuk membuat sistem orang lain terganggu.

Baca Juga:  √ Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Cara Kerja Virus Komputer

Virus komputer seringkai bisa merusak software komputer dan tidak bisa secara langsung merusak perangkat keras (hardware) komputer namun bisa mengakibatkan kerusakan dengan cara membuat program yang memaksa over process pada perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer yaitu memperbanyak dirinya sendiri, yang menjadikan sumber daya di komputer (misalnya pemakaian memori) menjadi berkurang secara cepat. Hampir 95% virus komputer yang basisnya sistem operasi windows, dan sisanya menyerang Linux/GNU, Mac dan sistem operasi lain. Jenis virus komputer yang ganas bisa merusak perangkat keras komputer.

Pengertian Virus Komputer, Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Cara Mengatasi
Pengertian Virus Komputer, Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Cara Mengatasi Terlengkap

Jenis-Jenis Virus Komputer

Virus komputer merupakan suatu istilah yang seringkali digambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dibagi dari cara kerjanya, virus komputer bisa dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

Virus Worm
Sister kerjanya menggandakan dirinya sendiri pada hardisk. Ini menjadikan sumber daya komputer perangkat keras terutama hardisk menjadi penuh akan worm tersebut.

Virus Trojan
Sistem kerjanya mencuri data pada komputer yang sudah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Virus Backdoor
Hampir mirip dengan trojan. Tetapi backdoor seringkali serupa dengan file yang baik-baik saja. Seperti game

Virus Spyware
Virus ini selalu memantau komputer yang sudah terinfeksi

Virus Rogue
Adalah virus program yang meniru program antivirus dan menunjukkan kegiatan layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palus mengenai terdapatnya virus. Hal tersebut bertujuan supaya pemakai membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu tersebut dan mendatangkan uang untuk pembuat virus rogue tadi.

Virus Rootkit
Virus yang cara kerjanya serupa dengan kerja sistem komputer yang biasa.

Virus Polymorphic
Virus yang sering berubah-ubah supaya tidak bisa dideteksi

Virus Metamorphic
Virus yang merubah pengkodeannya sendiri supaya lebih susah dideteksi

Baca Juga:  Pengertian Hardware (Perangkat Keras), Fungsi, Jenis, Contoh Terlengkap

Virus Ponsel
Adalah virus yang menginfeksi telepon seluler, dan bisa menimbulkan berbagai jenis efek, mulai dari merusak telepon seluler, mengambil data-data dalam telepon seluler, hingga membuat panggilan diam-dima dan menghabiskan pulsa pemakai telepon seluler.

Cara Mengatasi Virus Komputer

Serangan yang disebabkan virus bisa dicegah atau diatasi dengan memakai antivirus. Jenis software ini bisa juga digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini bisa dihapus dengan basis data (database/signature based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri.

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Virus Komputer, Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis, Cara Mengatasi Terlengkap semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post