√ Pengertian Artikel, Ciri, Jenis & Cara Penulisannya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Artikel, Ciri, Jenis & Cara Penulisannya (Lengkap) – Dalam bidang penulisan tentu kita tidak asing dengan istilah artikel. Artikel adalah suatu karangan yang dalam bentuk tulisan yang memiliki tujuan dalam memberikan informasi atau fakta yang ada.

Agar lebih memahaminya untuk itu kali ini kami akan menjelaskan tentang artikel. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan cara penulisan artikel dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Artikel, Ciri, Jenis & Cara Penulisannya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian artikel terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Artikel

Artikel yaitu suatu karangan yang dalam bentuk faktual dengan penulisan yang lengkap dan mempunyai tujuan untuk memberikan gagasan atau fakta yang meyakinkan, menghibur dan juga mendidik. Seringkali artikel banyak dijumpai di media cetak, seperti koran, majalah atau media online seperti blog, website dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Sedangkan beberapa para ahli mengemukakan artikel adalah sebagai berikut:

  1. Andi Baso Mappatoto

    Andi Baso Mappatoto mengemukakan pengertian artikel adalah karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.

  2. Rillan E. Wolseley

    Rillan E. Wolseley mengemukakan pengertian artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

  3. Penguin English Student Dictionary

    Penguin English Student Dictionary mengemukakan pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis untuk dipublikasikan dalam surat kabar atau majalah.

  4. Webster’s New World Dictionary

    Webster’s New World Dictionary mengemukakan pengertian artikel adalah tulisan nonfiksi, yang biasanya singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar, majalah.

  5. Essential English Dictionary

    Essential English Dictionary mengemukakan pengertian artikel adalah tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.

  6. Longman Pitman Office Dictionary

    Longman Pitman Office Dictionary mengemukakan pengertian artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran dan lain-lain.

  7. The American Heritage Desk Dictionary

    The American Heritage Desk Dictionary mengemukakan pengertian artikel adalah bagian tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

  8. Ensiklopedia Pers Indonesia

    Ensiklopedia Pers Indonesia mengemukakan pengertian artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

  9. AL-Aqli

    Al-Aqli mengemukakan pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu dan setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan denagn cara tuntas, lugas dan jelas sehingga para pembaga dapat mengambil intisari dari karangan yang ditulis.

  10. Sumandiria

    Sumandiria mengemukakan pengertian artikel adalah sebuah tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan memberitahu, mempengaruhi, menghibur serta meyakinkan pembaca.

  11. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

    KBBI mengemukakan pengertian artikel adalah sebuah karya tulisa secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan berita, surat kabar, dan lain sebagainya.

  12. Webster Collegiate Thesaurus

    Webster Collegiate Thesaurus mengemukakan pengertian artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri dari artikel yaitu:

  • Mempunyai isi yang sumbernya dari fakta dan tidak hanya sebuah tulisan realita
  • Mengandung tulisan yang singkat, padat, jelas dan tuntas
  • Hasil tulisan berdifat asli
  • Memiliki sifat faktual dengan menggambarkan beberapa data yang diketahui oleh pengarang
  • Isi atau uraian karangannya sesuai fakta yang didapatkan dari narasumber atau objeknya, sehingga tidak hanya hasil pemikiran dari penulis
  • Isi artikel dapat dalam bentuk pemaparan tentang biografi seorang tokoh, peristiwa, kisah perjalan seseorang, argumentasi, hasil riset dan berita terbaru
  • Gagasan yang dibahas harus berkaitan dengan kebutuhan para pembaca atau khalayak umum.

Jenis-Jenis Artikel

Adapun jenis-jenis artikel antara lain:

  • Argumentasi

    Artikel jenis argumentasi memiliki tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat atau opini dengan fakta dijadikan bukti atau alasan. Pada penulisan artikel seperti ini, pengarang menginginkan terdapat kebenaran yang terdiri dari unsur data, fakta dan opini.

  • Deskripsi

    Artikel jenis deskripsi mengandung isi mengenai gambaran tentang suatu hal yang seolah pembaca merasakan, melihat dan juga mendengar kondisi dalam bentuk fakta dan fiksi.

  • Eksposisi

    Artikel jenis eksposisi mengandung isi tentang pembahasan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan untuk pembaca yang lengkap dengan gambar, grafik dan lain-lain

  • Persuasi

    Artikel jenis ini mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu yang sifatnya mengajak.

  • Narasi

    Artikel jenis narasi mengandung suatu peristiwa atau kejadian dalam setiap urutan waktu, dimana dalam kejadian itu ada seorang tokoh yang mengalami suatu konflik.

Pengertian Artikel, Ciri-Ciri, Jenis, Cara Penulisan

Cara Penulisan Artikel

Untuk melakukan penulisan pada jenis-jenis artikel, berikut langkah-langkahnya:

  • Artikel Prediktif

    Artikel prediktif merupakan artikel yang mengandung tentang hal yang belum atau akan terjadi sesuai pemikiran atau analisa penulis.

  • Artikel Eksploratif

    Artikel eksploratif merupakan artikel yang berisikan ungkapan dari berbagai fakta sesuai dengan sudut pandang penulis.

  • Artikel Deskriptif

    Artikel deskriptif merupakan artikel yang penyusunannya sebagai gambaran masalah atau konflik yang terjadi di kehidupan.

  • Artikel Eksplanatif

    Artikel eksplanatif merupakan artikel yang berisikan tentang penjelasan suatu hal kepada pembaca dengan sudut pandang penulis.

  • Artikel Preskriptif

    Artikel preskriptif merupakan artikel yang mengajarkan tuntunan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu supaya tidak mengalami kesalahan atau kekeliruan.

Itulah tadi penjelasan dari saya mengenai Pengertian Artikel, Ciri, Jenis & Cara Penulisannya (Lengkap), semoga dapat bermanfaat. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

√ Pengertian Artikel, Ciri, Jenis & Cara Penulisannya (Lengkap)
5 (100%) 5 votes