√ Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek dan Cara Pencegahannya

Posted on

Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek dan Cara Pencegahannya – Saat ini kita sering merasakan panas yang teramat panas bukan? Di kala siang panasnya sangat terik dan dimalam hari dingin sekali. Bisa saja itu adalah salah satu efek dari Global warming.

Untuk itu kali ini kami akan membahas tentang global warming dengan lengap, seperti pengertian, penyebab, efek, cara pencegahan. Untuk lebih memahaminya silakan simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek dan Cara Pencegahannya

Mari kita bahas pengertian global warming terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Global Warming

Global warming sudah seringkali menjadi materi yang dibahas di forum-forum dunia. Pemanasan global atau global warming merupakan naiknya temperatur rata-rata yang berada di Bumi, Laut dan atmosfer di muka bumi.

Terjadinya global warming sangat berdampak yang tinggi pada kehidupan di bumi, seperti intensitas cuaca ekstrim dan naiknya permukaan air laut.

Ada beberapa akibat dari global warming, yang ditandai dengan banyak hewan-hewan yang tiba-tiba mati atau punah. Global warming juga berdampak buruk pada berbagai hasil pertanian dan menghilangkan gletser.

Dari banyaknya dampak buruk yang dikarenakan global warming, sekarang ini banyak negara telah mengambil tindakan mengurangi kasus ini dengan cara mereduksi emisi gas dari efek rumah kaca.

Sehingga definisi dari global warming dari ulasan diatas adalah naiknya suhu di dalam bumi yang dikarenakan oleh tingginya produksi atau emisi gas dari efek rumah kaca yang memiliki imbas pada lingkungan yang ada disekitar bumi.

Baca Juga:  √ Pengertian Angin Beserta Sifat, Proses, Dan Kecepatan Angin

Tetapi ada beberapa penyebab global warming lain yang sudah lama menjadi suatu topik pembahasan diseluruh dunia.

Penyebab Global Warming

Adapun penyebab atau sebab terjadinya global warming adalah:

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sudah banyak diketahui sejak lama. Telah kita ketahui jika matahari adalah pemberi suplai energi paling besar untuk bumi sebagai sumber energi. Energi yang bersumber dari matahari berbentuk radiasi dari gelombang pendek, seperti cahaya yang terlihat.

Ketika sinar matahari menyentuh permukaan bumi, maka cahaya tersebut diubah menjadi panas yang tujuannya menghangatkan bumi. Sementara permukaan bumi akan menyerap beberapa kalor atau panas dalam sinar matahari, sedang sisanya akan dipantulkan kembali.

Untuk rumah kaca membuat beberapa panas matahari tidak bisa keluar dari atmosfer, ini merupakan sebab tumpukan gas-gas rumah kaca. Seperti karbon dioksida, metana, uap air, dan sulfur oksida. Gas-gas kaca tersebut yang berperan dalam meningkatnya suhu setiap tahun dibumi.

Efek Umpan Balik

Sebab lain terjadinya global warming adalah efek umpan balik, seprgi menguapnya air. Pada saat terjadi pemanasan yang dikarenakan oleh peningkatan kadar gas rumah kaca dalam bumi seperti karbon dioksida ini, maka akan terjadi penguapan air di dalam atmosfer.

Tetapi karena H2O atau uap air masuk dalam gas rumah kaca, maka pemanasan akan semakin berlanjut terus menerus.

Variasi Matahari

Sebab selanjutnya dari pemanasan global adalah variasi matahari. Variasi matahar dapat menyebabkan pemanasan global sebab variasi itu terjadi karena dampak umpan balik terjadi di awan menjadikan dapat memberikan peranan di terjadinya global warming.

Polusi Karbon Dioksida

Polusi itu bersumber dari pembangkit listri bahan bakar fosil. Sekarang ini manusia menjadi sangat tergantung terhadap listrik dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil yang berdampak juga semakin tingginya tingkat pelepasan.

Baca Juga:  √ Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap

Gas karbon dioksida sisa dari pembakaran ke amosfer. Keperluan ini akan semakin terus tinggi setiap harinya. Seperti upaya penggunaan energi alternatif selain fosil harus segera dijalankan.

Polusi Karbondioksida

Selain sebab diatas, penyebab lain dan juga sering kita lihat ataupun kita lakukan adalah polusi yang bersumber dari pembakaran bensin sebagai alat transportasi.

Untuk melakukan pengurangan polusi ini diperlukan kesadaran yang tinggi dari masing-masing orang untuk pindah memakai kendaraan umum, untuk mengurangi polusi yang dikarenakan dari sisa pembakaran.

Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek, Cara Pencegahan

Akibat Terjadinya Global Warming

Terdapat beberapa akibat yang diterima atau dirasakan dari efek global warming ini, antara lain:

  • Tingginya Permukaan Air Laut
    Para ilmuwan sudah melakukan prediksi peningkatan air laut diseluruh dunia dikarenakan mencairkan dua lapisan es raksaksa yakni antartika dan di Greenland. Dampak dari naiknya permukaan laut akan berbahaya untuk seluruh negara di dunia. Dampak kecil dari hal itu adlaah akan ada banyak pulau yang tenggelam.
  • Tingginya Intensitas Terjadinya Badai
    Tingkat terjadinya badai akan tinggi karena kecepatan angin juga meningkat yang bisa menjadi pemicu adanya badai yang kuat. Hal itu ditambah dengan bukti-bukti yang telah ditemukan oleh para ilmuwan pemanasan global, yang menyatakan dengan signifikan hal itu akan menjadi sebab terjadinya kenaikan temperatur suhu udara dan lautan.
  • Turunnya Produksi Pertanian
    Akibat atau dampak lain dari adanya pemanasan globat adalah turunnya produksi pangan hasil pertanian, sebab perubahan iklim, tanah, dan cuaca yang kurang kondusif untuk tanaman.
  • Ekosistem Hancur
    Akibat dari perubahan iklim yang terjadi karena global warming akan menghancurkan ekosistem yang sudah ada. Akan ada banyak hewan ataupun tumbuhan yang mati karena efek dari pemanasan global tersebut, serta banyak juga akibat dan efek yang terjadi karena global warming.
Baca Juga:  √ Pengertian Gunung Berapi, Jenis, Klasifikasi & Skema Peringatannya

Cara Pencegahan Global Warming

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi global warming diantaranya adalah:

  • Melakukan penghematan listrik, tidak menyalakan lampu di siang hari
  • Tidak melakukan penebangan pohon sembarangan
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dengan memakai kendaraan umum
  • Melakukan penanaman pohon/penghijauan
  • Membuang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah organik dan anorganik untuk dikelola agar tidak menambah tercemarnya lingkungan
  • Dan lain sebagainya.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek dan Cara Pencegahannya semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 5 votes