Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, Manfaat Terlengkap

Posted on

Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, Manfaat Terlengkap – Psikologi pendidikan merupakn suatu ilmu yang menerangkan bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengatura, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pendidikan, psikologi pengajaran dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi.

Untuk itu pada kali ini kami akan menjelaskan tentag psikologi pendidikan, ruang lingkup dan manfaatnya. Agar lebih memahaminya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

1.Muhibin Syah (2012)
Muhibin Syah mengemukakan definisi psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelediki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.

2.Tardif
Tardif mengemukakan definisi psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

3.Witherington
Witherington mengemukakan definisi psikologi pendidikan adalah sebuah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan erat dengan pendidikan manusia.

4.Ensiklopedia Amerika
Ensiklopedia Amerika mengemukakan definisi psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan-penemuan dan menerapkan prinsip-prinsip dan cara meningkatkan ke-efisienan didalam pendidikan.

5.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
KBBI mengemukakan definisi psikologi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia dalam suatu pembelajaran atau pelatihan.

6.Djiwandono (2002)
Djiwandono mengemukakan definisi psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Persepsi, Proses, Jenis, Syarat & Faktornya (Lengkap)

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, Manfaat

Ruang lingkup psikologi pendidikan adalah batasan ilmu terhadap apa saja yang dipelajari dalam psikologi pendidikan. Secara umumnya, ruang lingkup psikologi pendidikan menerangkan tentang proses, lingkungan dan hereditas, evaluasi belajar, perkembangan, kesehatan mental dan sebagainya.

Soerjabrata menyatakan ruang lingkup psikologi pendidikan bisa dilihat dari segi situasi dan proses belajar yang dinyatakan pusatnya yakni kajian psikologi mengenai anak didik dalam peninjauan yang statis dan dinamis dalam situasi belajar dan proses pendidikan didalam kelasnya.

Kemudian dari dasar ilmu psikologi pendidikan menjelaskan tentang beberapa hal dibawh ini.

  • Lingkungan dan hereditas
  • Pertumbuhan dan perkembangan anak didik
  • Potensi dan karakteristik tingkah laku peserta didik
  • Hasil proses pendidikan dan pengaruh kepada individu yang bersifat personal dan sosial
  • Higine mental dan pendidikan dari peserta didik
  • Melakukan evaluasi hasil belajar

Manfaat Psikologi Pendidikan

Adapun beberapa manfaat dalam mempelajari psikologi pendidian menurut Muhammad dan Wiyani (2013) adalah sebagai berikut:

Memahami Perbedaan Siswa

Setiap siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang tidak sama. Sebagai guru, perlu untuk memahami perbedaan perbedaan karakteristik setiap siswa, tahap tumbuh kembangnya dan juga tipe perbuatannya.

Pemahama itu bisa menghasilkan interaksi pembelajaran yang sesuai dan pembelajaran yang efektif dan juga efisien.

Menciptakan Iklim Belajar Yang Kondusif di kelas

Kemampuan guru dalam membuat iklim belajar yang kondusif bisa membuat efektifitas kegiatan belajar mengajar didalam kelas menjadi tinggi. Pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dasar pendekatan dan interaksi yang menyenangkan kepada siswa sesuai dengan masing-masing karakteristik siswa akan membeirkan iklim belajar yang kondusif dan proses pembelajaran yang efektif.

Memilih Strategi Pembelajaran Yang Tepat

Mempelajari psikologi untuk mengetahui karakteristik setiap siswa dan mengenal metode pembelajaran yang disukai, akan memberikan kemampuan untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat di dalam kelas. Strategi pembelajaran yang tepat akan memberikan situasi efektif belajar mengajar.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap

Memberikan Bimbingan Pada Siswa

Psikologi memberikan kemampuan kepada guru untuk menjadi seorang pembimbing untuk siswanya dengan melakukan pendekatan emosional dari hati ke hati untuk memperoleh kepercayaan siswa.

Pada saat siswa telah memberikan rasa percayanya kepada guru, maka proses menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran yang efektif akan bisa dijalankan dengan mudah.

Berinteraksi  Dengan Tepat Dengan Siswa

Prinsip-prinsip psikologi mendasari cara berkomunikasi yang tepat dalam pembelajaran. Komunikasi dengan siswa dinyatakan dengan menempatkan diri sesuai tahapan tumbuh kembang siswa.

Menjadikan bisa memberikan suatu interaksi yang menyenangkan. Penyesuaian dengan tahapan tumbuh kembang siswa membuat pemahaman pengajar dari sudut siswa dan mengetahui keinginan atau proses pembelajaran yang disenangi dan juga karakter setiap siswa.

Memotivasi Belajar

Dengan dasar psikologi pendidikan untuk pengajar supaya guru dapat memberikan dukungan, dorongan atau motivasi untuk siswanya dalam semangat belajar yang tinggi. Psikologi pendidikan memberikan pelajaran tentang memahami setiap karakteristik siswa dan memberikan motivasi sesuai dengan karakter tersebut supaya lebih efektif mempengaruhi semangat belajar siswa.

Menetapkan Tujuan Pembelajaran

Psikologi pendidikan membantu seorang guru atau pengajar untuk menentukan tujuan pembelajaran kepada perubahan perilaku seperti apa yang dikehendaki sebagai hasil pembelajaran. Tujuan pembelajaran ditetapkan pada masing-masing materi yang hendak diberikan.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, Manfaat Terlengkap semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post
Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap