Pengertian Flora Dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Flora Dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat, Contoh Terlengkap – Dalam kehidupan organisme tidak terlepas dari peran flora dan fauna. Untuk itu pada kesempatan kali ini izinkan Studinews.co.id untuk membahas tentang pengertian, klasifikasi, manfaat dan contoh dari flora dan fauna. Agar lebih memahaminya silakan baca dengan detail artikel dibawah ini.

Pengertian Flora dan Fauna

Flora merupakan semua kehidupan jenis tumbuh-tumbuhan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu. Flora berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “Flora” yang mempunyai arti alamat tumbuhan atau nabatah. Flora juga dapat dimaknai sebagai sekelompok tanaman. Adapun arti flora endemik yaitu jenis tumbuhan yang hidup di daerah tertentu.

Secara bahasa (etimologi) flora diambil dari bahasa Latin “Flora” yang mempunyai arti nama seorang dewi pelindungn bunga dan taman serta dewi kesuburan dalam mitologi Romawi.

Sedangkan definisi Fauna yaitu berasal dari bahasa layin yang memiliki arti sebagai alam hewan. Pada mitologi romawi, kata fauna bisa didefinisikan sebagai kakak daru faunus, yang berarti sebagai roh yang baik hutan dan daratan. Pengertian fauna endemik yaitu semua jenis hewan yang hidup pada daerah tertentu.

Klasifikasi Flora

Penggolongan atau pengelompokkan flora di bedakan menurut wilayah, iklik, periode, atau lingkungan tertentu. Wilayah-wilayah atau daerah yang berbeda secara geografis, seperti pada pegunungan yang dibandingkan dengan daerah daratan, seringkali mempunyai jenis flora yang tidak sama. Dibawah ini adalah klasifikasi flora:

Baca Juga:  22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Flora Asli
Florasi Asli merupakan berbagai macam tumbuhan asli, yang hidup pada daerah tertentu.

Flora Tanaman
Flora tanamah (pertanian dan holtikultura) adalah meliputi berbagai macam tumbuhan yang ditanaman atau dibudidayakan oleh manusia.

Gulma
Flora gulma ialah daftar dari beberapa macam tumbuhan yang keberadaannya tidak diinginkan untuk tumbuh di lahan pertanian atau tempat lainnya, yang disusun dan juga dipelajari yang berhubungan dengan usaha dalam memberantas atau melakukan pengendalian tumbuhan tersebut.

Manfaat Flora Untuk Kehidupan
Pengertian Flora Dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat, Contoh

Adapun manfaat flora dalam kehidupan antara lain:

Sebagai Pemasok Oksigen

Fungsi utama untuk flora adalah sebagai pemasok oksigen. Seluruh makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Satu-satunya penghasil oksigen di dunia merupakan tumbuhan berdaun hijau. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan hijau melepaskan oksigen ke udara menjadikan memberikan kehidupan untuk makhluk hidup lain termasuk hewan dan manusia. Hutan yang adalah bagian dari paru-paru dunia juga tersusun atas flora itu sendiri.

Sebagai Sumber Makanan

Tumbuhan atau flora menjadi penyedia sumber makanan baik dari daun, batang, bagian-bagian bunga ataupun buahnya. Tumbuhan juga menjadi bagian dari rantai makanan menjadikan bisa menjaga keseimabgan hayati.

Beberapa jenis makanan bisa diolah oleh manusia dan dinikmati menjadi sumber gizi dari adanya tumbuhan. Tumbuhan juga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia.

Penyimpanan Cadangan Air di Dalam Tanah

Akar-akar tumbuhan bisa menahan air didalam tanah menjadikan dapat memberikan persediaan air untuk makhluk hidup lainnya.

Penghasil Kayu

Sebagian jenis tumbuhan yang membentuk hutan, bisa menjadi sumber penghasil kayu untuk memenuhi berbagai keperluan manusia. Kayu digunakan sebagai bahan membuat rumah ataupun perabotan. Dan juga dapat dijadikan bahan baku dalam pembuatan kertas.

Baca Juga:  Pengertian Bakteri, Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dampak Terlengkap

Menahan Longsor

Manfaat berikutnya dari tumbuhan yaitu sebagai penahan terjadinya tanah longsor karena akar-akar pohon besar bisa menjadi penahan terjadinya tanah longsor. Oleh sebab itu penghijauan atau reboisasi sangat diperlukan.

Menjaga Kesuburan Tanah

Flora juga mempunyai fungsi dalam menjaga kesuburan tanah sebab tumbuhan yang mati menghasilkan humus menjadikan keseimbangan ph tanah terjada serta menjaga tanah supaya tetap subur untuk memberikan nutrisi kembali pada makhluk hidup yang tumbuh di permukaannya.

Contoh Fauna Endemik

Contoh dari Fauna endemik antara lain burung cendrawasih yang asli dari Papua. Fauna asli jawa yaitu badak bercula satu, sedangkan fauna endemik sumatera adalah harimau sumatera.

Sama dengan flora, fauna juga memiliki imbuhan nama geografis dalam pemakaiannya, seperti fauna australia, fauna asia, dan sebagainya.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan tentang Pengertian Flora Dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post