Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi, Konsep, Perencanaan Terlengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi, Konsep, Perencanaan Terlengkap – Manajemen pemasaran merupakan suatu proses analisa, perencanaan, pelaksanaan dan juga pengawasan terhadap program dimana yang bertujuan untuk memunculkan pertukaran dengan pasar yang hendak dituju dengan maksud untuk meraih tujuan dari perusahaan.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, konsep dan perencanaan dari manajemen pemasaran dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Seperti yang telah disinggung pada paragraf pertama, bahwa manajemen pemasaran berkaitan dengan proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi program dengan tujuan untuk mendapatkan pertukaran dengan pasar yang ingin dituju agar bisa meraih tujuan perusahaan.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

1.Dharmmesta dan Handoko (1982)

Definisi manajemen pemasaran menurut Dharmmesta dan Handoko adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dalam proses manajemen pemasaran dimulai sejak sebelum memproduksi serta tidak berakhir saat penjualan.

2.Kotler (1980)

Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

3.Kotler dan Amstrong

Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian program yang di desain untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor dan Contohnya

4.American Marketing Association (AMA)
Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi, Konsep, Perencanaan

Definisi pemasaran menurut AMA adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai.

5.Philip Kotler (dalam buku Marketing Management Analysis, Planning and Control)

Definisi pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

6.William J. Stanton

Definisi pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegaitan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Fungsi Pemasaran

Menurut Sofjan Assauri (1987:19) fungsi dari pemasaran dibedakan menjadi tiga yaitu:

  • Fungsi penjualan dan juga pembelian
  • Fungsi supply fisik, yakni menyangkut distribusi dan juga penyimpanan
  • Fungsi penunjang, yakni pengamanan, standarisasi, serta grading, penanggungan terhadap resiko yang ada, informasi pasar, serta keuangan.

Konsep Manajemen Pemasaran

Secara falsafah konsep pemasaran mempunyai tujuan memberikan kepuasan kepada keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Semua kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Secara definitifnya bisa disebut bahwa, konsep pemasaran yaitu suatu falsafah bisnis yang menjelaskan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup perusahaan. Stanton, 1987

Elemen krusial dalam konsep pemasaran antara lain:

  • Market oriented. Berorientasi kepada keinginan konsumen
  • Penyusunan aktivitas pemasaran dengan terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan konsumen

Konsep manajemen pada hakikatnya meliputi usaha dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Perencanaan Stategi Pemasaran

Strategi pemasaran (marketing strategy) merupkaan proses menentukan target pasar, dengan strategi bauran pemasaran yang berhubungan dimana:

  • Target market merupakan sekumpulan pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaanya oleh perusahaan
  • Bauran pemasaran (marketing mix) adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing mix artinya kombinasi dari empat variabel atau kegaitan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakniL produk, struktur harga, kegiatan promosi dansistem saluran distribusi.
Baca Juga:  27 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Variabel-variabel marketing mix ini bisa digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha memperoleh posisi yang sangat strategi dipasar.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi, Konsep, Perencanaan Terlengkap semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post