Pengertian Moral, Karakteristik, Contohnya Terlengkap

Posted on

Pengertian Moral, Karakteristik, Contohnya Terlengkap – Secara bahasa Moral merupakan istilah manusia dalam penyebutan ke manusia atau orang lain dalam perbuatan yang mempunyai nilai positif. Lebih lengkapnya kali ini Studinews.co.id akan membahas dengan lengkap apa definisi moral dan contohnya dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Moral

Seperti yang telah disinggung diatas, moral secara bahasa berhubungan dengan penyebutan manusia atau orang lain yang mengarah pada penilaian positif.

Definisi moral lainnya adalah pengetahuan atau suatu wawasan yang berikaitan dengan budi pekerti yang memiliki adab. Moral juga diartikan sebagai ajaran yang baik, buruknya perbuatan dan kelakuan. Sedangkan moralisasi yaitu uraian mengenai suatu perbuatan dan juga tingkahlaku yang baik. Sebaliknya Demoralisasi adalah kerusakan moral

Berdasarkan asal usulnya moral berasal dari kata “mores” yang merupakan bahasa Latin, dan diartikan atau diterjemahkan menjadi “aturan kesusilaan” maupun sebuah istilah yang dipakai untuk menentukan suatu batas-batas dari sifat peran lain, keinginan, opini, atau batasan perbuatan yang secara layak bisa disebut benar, salah, baik ataupun buruk.
Pengertian Moral, Karakteristik, Contohnya

Moralitas juga dimaknai sebagai pola-pola kaidah perbuatan, budi bahasa yang dipandang baik dan luhur pada sebuah lingkungan atau masyarakat tertentu.

Konsep diatas ditentukan secara rinci sebagai berikut:

  • Asas atau sifat moral dan kebajikan
  • Sistem atau ilmu pengetahuan mengenai moral
  • Ajaran, makna atau kesimpulan mengenai moral
  • Suatu kondisi yang sesuai dengan nilai dan asas akhlak yang baik

Moralisme merupakan suatu cabang filsafat yang mengutamakan kesusilaan maupun moral. Moralisme juga ajaran yang menganggap bahwa nilai moral sebagai yang paling luhur, ajaran yang mengharuskan manusia untuk menyelenggarakan nilai moral menjadi sebuah keutuhan dalam hidup

Baca Juga:  Pengertian Hukum, Tujuan, Jenis-Jenis, Macam-Macam Terlengkap

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

1.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Dalam KBBI Moral merupakan suatu kata sinonim dari akhlak, budi pekerti, atau susila.

2.Wijaya
Moral yaitu ajaran baik dan buruk tentang perbuatan atau kelakuan (akhlak)

3.Al-Ghazali
Moral atau akhlak adalah perangai, watak, atau tabiat yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber munculnya perbuatan tertentu secara mudah dan ringan.

Tidak mudah mendefinisikan moral dengan batasan pengertian yang ketat menjadikan banyak istilah yang dipakai sebagai padanan dari kata moral. Menurut uraian yang sudah dibahas diatas, bisa didapat bahwa definisi moral yaitu pada dasarnya berbicara tentang tingkah laku atau perbuatan manusia yang baik dan tidak baik.

Moral bisa diposisikan di ajaran tentang ide, aturan atau telah dalam bentuk perbuatan manusia. Dengan seperti itu, ada moral dalam tataran ide, yang hal ini bisa dikategorikan sebagai nilai-nilai moral.

Moral dalam tataran aturan-aturan bisa dibedakan sebagai norma-norma moral dan moral dalam tataran perbuatan nyata manusia yaitu daam bentuk berbagai perbuatan manusia bisa dibedakan sebagai perilaku bermoral dan atau perilaku tidak bermoral.

Selain itu kata moral juga sering disinonimkan dengan kata etika yang berasal dari kata Ethos (bahasa Yunani) yang memiliki arti kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap atau cara berpikir.

Karakteristik Moral

Moral mempunyai suatu karakter tertentu antara lain yaitu:

  • Moral sebagai etika, sebagai nilai moral intrinsik, prinsip baik dan buruk dalam sebuah kelompok masyarakat
  • Moral sebagai hipotesis imperatif
  • Moral merupakan suatu restricted action.

Contoh Moral

Adapaun contoh moral atau etika yaitu:

  • Mempunyai etika dalam memberikan pendapat atau kritik
  • Memiliki etika ketika berbicara kepada orang yang lebih tua
  • Bertutur kata yang sopan dan menghormati orang lain
  • Beretika ketika diskusi dengan orang lain
  • Dan lain sebagainya.
Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Itulah penjelasan saya tentang Pengertian Moral, Karakteristik, Contohnya Terlengkap semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post