√ Pengertian Valuta Asing, Fungsi, Tujuan, Sistem Kurs Lengkap

Posted on

Pengertian Valuta Asing, Fungsi, Tujuan, Sistem Kurs Lengkap – Dalam dunia perbankan atau ekonomi, kita sering mendengar istilah valas atau valuta asing. Istilah ini tidak asing untuk orang yang bekerja atau berinteraksi dengan pasar saham. Untuk itulah kali ini kami akan menjelaskan tentang valuta asing yang meliputi pengertian, fungsi dan sistem kurs dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih jelasnya silakan ikuti pembahasan Studinews.co.id dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Valuta Asing, Fungsi, Tujuan, Sistem Kurs Lengkap

Mari kita bahas dulu apa itu valuta asing.

Pengertian Valuta Asing

Valuta asing atau yang sering disebut juga dengan Valas yaitu mata yang yang dapat dipakai dan juga mudah diterima oleh banyak negara yang terlibat dengan aktivitas perdagangan internasional. Definisi lain dari valuta asing yaitu, mata uang yang diakui, dipakai, dan diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Valuta asing seringkali digunakan biasanya adalah mata uang suatu negara yang mempunyai kendali atau peradanan besar pada sistem perekonomian di seluruh dunia.

Beberapa negara di dunia saat ini memakai valuta asing yang sering adalah Dollar. Valuta asing merupakan bagian dari devisa sebuah negara.

Fungsi Valuta Asing

Valuta asing dipergunakan karena memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Untuk Alat Tukar Internasional
Valas berfungsi sebagai alat tukar barang maupun jasa dari pada suatu negara dengan negara lain. Hal ini berlaku ketika suatu negara (misalnya Indonesia) akan melakukan pembelian barang dari negara lain contohnya Amerika, oleh sebab itu uang yang digunakan untuk membayar adalah Dollar Amerika, bukan mata uang Indonesia.

Baca Juga:  √ 23 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Untuk Alat Pembayaran Internasional
Valuta asing berfungsi juga untuk dijadikan alat pembayaran internasional yang salah satunya adalah pembayaran hutang dari sebuah negara ke negara lain.

Untuk Pengendali Kurs Mata Uang
Kurs ialah perbandingan nilai mata uang antar satu negara dengan mata uang negara lain. Contohnya 1 Dollar Amerika adalah setara dengan Rp. 14.000 Indonesia. Kurs mata uang suatu negara menjadi naik atau melemah sesuai dengan kondisi negara itu, menjadikan dalam tersebut, valuta asing bisa dimanfaatkan untuk alat pengendalian kurs mata uang negara.

Untuk Alat Mempermudah Perdagangan Internasional
Valuta asing menjadikan perdagangan internasional karena akan memudahkan jalannya dengan menggunakan pasar valuta asing.

Tujuan Valuta Asing

Adanya valuta asing memiliki beberapa tujuan yaitu antara lain:

  • Untuk transaksi pembayaran
  • Untuk mempertahankan daya beli
  • Bisa mengirimkan uang ke luar negeri
  • Untuk mendapatkan keuntungan
  • Untuk pemagaraan resiko (hedging)
  • Untuk mempermudah belanja.

Pengertian Valuta Asing, Fungsi, Tujuan, Sistem Kurs

Sistem Kurs Valuta Asing

Bank Indonesia memiliki wewenang secara penuh dalam menentukan nilai kurs asing yang telah diatur pada Undang-Undang No. 24 tahun 1999. Terdapat tiga cara yang bisa dipakai untuk menetapkan sistem kurs valuta asing, antara lain:

Kurs Tetap (Fixed Exchange Rate)

Kurs tetap adalah nilai mata uang dalam negeri kepada mata uang asing yang ditetapkan oleh pemerintah, dan menurut standar emas. Dengan bahasa lain, pemerintah memakai emas sebagai jaminan uangnya.

Kurs Mengambang (Floating Exchange Rate)

Sistem kurs mengambang adalah penetapan besarnya nilai mata uang menurut penawaran dan permintaan kepada uang asing tersebut. Kurs ini mengakibatkan nilai kurs mata uang dalam negeri tidak stabil. Jika permintaan terhadap mata uang asing (dollar Amerika) naik, maka nilai mata uang rupiah akan turun kepada dollar Amerika. Sebaliknya, jika permintaan akan mata uang dollar turun, maka nilai mata uang rupiah kepada dollar naik.

Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya (Bahas Lengkap)

Sedangkan apabila penawaran mata uang asing (dollar Amerika) naik, maka nilai dollar Amerika akan turun kepada rupiah. Dan seperti itu sebaliknya, jika penawaran mata uang asing turun, maka nilainya akan menurun kepada rupiah. Oleh sebab itu, sistem kurs ini ditentukan oleh tinggi rendahnya permintaan dan penawaran mata uang asing.

Kurs Distabilkan (Managed Floating Rate)

Sistem kurs ini merupakan sistem campuran dari kurs mengambang dan tetap yang mana pemerintah bisa ikut campur dalam menetapkan kurs mata uang asing jika nilainya terlalu tinggi kepada nilai rupiah. Apabila nilai dollar terlalu tinggi kepada nilai rupiah, maka pemerintah akan menjualnya melalui Bank Indonesia untuk mengurangi tingkat penurunan nilai rupiah kepada nilai dollar (Depresiasi), menjadikan nilainya mata uang dollar menjadi turun terhadap nilai mata uang rupiah.

Itulah penjelasan lengkap tentang Pengertian Valuta Asing, Fungsi, Tujuan, Sistem Kurs Lengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 11 votes