√ Pengertian Web Browser, Fungsi & Cara Kerja (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Web Browser, Fungsi & Cara Kerja (Pembahasan Lengkap) – Dalam jaringan internet ada istilah yang tentu sudah tidak asing bagi kalian pecinta dunia teknologi. Yaitu Web Browser atau lebih dikenal dengan browser. Apa sebenarnya definisi browser? Bagaimanakah fungsi, cara kerjanya? Berikut ini Studinews.co.id akan mengulasnya lengkap dan mudah dipahami untuk kalian. Simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Web Browser, Fungsi & Cara Kerja (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian web browser terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Web Browser

Pada umumnya, web browser didefinisikan sebagai sebuah perangkat lunak atau software yang dipakai untuk menelusuri informasi atau mengakses situs web yang ada di internet. Perangkat ini akan memudahkan pengguna atau user dalam menjelajahi internet, mencari data, atau mencari informasi, referensi dan lain sebagainya. Banyak perangkat web browser yang bisa digunakan misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, dan yang lainnya.

Fungsi Web Browser

Adapun fungsi dari web browser antara lain sebagai berikut:

Membuka Halaman Web

Fungsi utama dari web browsert yaitu dapat digunakan untuk mengakses atau membuka halaman website yang dituju. Dengan memanfaatkan web browsert dapat langsung menuju alamt url dimana hal ini bisa dilakukan melalui search engine, sehingga dengan seperti itu akan bisa mengakses website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Baca Juga:  √ Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Memastikan Keamanan Situs Web

Seringkali dalam web browser juga ada proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau lamat dan memastikan bahwa laman itu tidak berbahaya untuk perangkat apabila dikunjungi seperti untuk menghindarkan perangkat komputer atau smartphone dari virus yang dapat merusak sistem operasi.

Mendukung Permintaan Data

Fungsi berikutnya dari web browser yaitu untuk mendukung permintaan data yang diperlukan oleh user atau yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir semua alamat web yang berada di internet bisa diakses dengan memakai web browser dan data yang dalam bentuk foto atau media lainnya bisa disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Selain memudahkan akses pada lama yang dituju dengan langsung, web browser juga memiliki fungsi dalam pengumpulan semua data di suatu website termasuk efek yang ada didalamnya menjadikan laman web bisa ditampilkan dengan baik dan maksimal. Bukan saja menampilkan teks, web browser juga dapat menampilkan foto, video, audi di suatu web.

Mendukung Penggunaan Search Engine

Search enging atau mesin pencari secaraa umum adalah bagian dari web browser menjadikan pengguna dapat mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat di addres bar dalam menu web browser.

Web browser banyak memiliki fungsi dalam memudahkan kehidupan manusia utamanya untuk mereka yang banyak beraktivitas dan mobilitas yang tinggi. Sebaiknya menggunakan dan memilih web browser yang sesuai dengan kebutuhan dan kelebihan yang dimilikinya.

Pengertian Web Browser, Fungsi, Cara Kerja

Cara Kerja Web Browser

Untuk menggunakan web browser pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah. Pengguna hanya butuh membuka aplikasi kemudian mengetikkan alamat maupun situs yang dituju.

Baca Juga:  √ Pengertian Power Supply Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Seringkali dengan memakai format WWW (World Wide Web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) di addres bar pada laman web browser akan memproses atau mengambil data yang biasanya sudah ditulis dalam kode html.

Alamat web atau url yang kita menggunakan di browser akan mengarahkan browser di halaman yang dituju. Misalnya apabila kita memasukkan alamat URL https://www.studinews.co.id/ maka browser pertama akan mengakses http atau yang sering dinamakan dengan protocol.

Http yang ada pada alamat tersebut akan melakukan transmisi file dari web server mengarah ke browser. Kemudian studinews.co.id akan mengarahkan browser ke lamat yang dituju yang mana data tersebut tersimpan di web server.

Contoh Web Browser

Adapun contoh dari web browser yang saat ini antara lain:

  • Mozilla Firefox
  • Opera
  • Safari
  • Chrome
  • Internet Explorer
  • Edge

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Web Browser, Fungsi & Cara Kerja (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 9 votes