√ Pengertian Ideologi, Fungsi, Dimensi, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Ideologi, Fungsi, Dimensi, Contoh Terlengkap – Dalam Wikipedia, Ideologi dijelaskan sebagai ide atau gagasan. Kata ideologi diciptakan oleh Antonie Destutt de Tracy di akhir abad ke-18 untuk mengartikan sains tentang ide”. Agar lebih detailnya pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Ideologi, yang meliputi pengertian, fungsi, dimensi dan contohnya dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak pembahasan Studinews.Co.Id berikut ini dengan seksama.

Pengertian Ideologi, Fungsi, Dimensi, Contoh Terlengkap

Mari kita bahas dulu apa itu Ideologi.

Pengertian Ideologi

Kata Ideologi berasal bahasa Inggris dari kata “Ide” yang mempunyai arti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita. Dam kata “Logi” dalam bahasa Yunani “Logos” yang artinya ilmu atau pengetahuan. Definisi lain dari Ideologi adalah pengetahuan dasar mengenai gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, ajaran mengenai pengertian-pengertian dasar.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

1.Ali Syariati
Ali Syariati mendefinisikan ideologi adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

2.C.C Rodee
C.C. Rodee mendefinisikan ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

3.Alfian
Alfian mendefinisikan ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

Baca Juga:  Pengertian Globalisasi, Penyebab, Ciri-Ciri, Dampak Terlengkap

4.G.W.F. Hegel
G.W.F. Hegel mendefinisikan ideologi adalah produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Ideologi dihasilkan dari abstraksi yang merupakan manifestasi realitas sosial.

5.Padmo Wijayono
Padmo Wijayono mendefinisikan ideologi adalah kesatuan yang bulat, utuh dari ide-ide dasar.

6.Soerjanto Poespowardojo
Soerjanto Poespowardojo mendefinisikan ideologi adalah sebagai pengetahuan dan nilai secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau kelompok orang yang memahami bumi dan jagat raya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

7.Sastrapratedja
Sastrapratedja mendefinisikan ideologi adalah sebagai seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan dengan organisasi sistem yang teratur.

Fungsi Ideologi

Ideologi memiliki formula, pelajaran, penyematan pada tataran abstrak di alam pikiran atau jiwa manusia. Ideologi dapat menciptakan struktur kognitif, yakni landasan dasar yang menjadi cara pandang manusia untuk memahami dan menafsirkan dunia.

  • Ideologi dapat menjadi pedoman tindakan sosial manusia
  • Ideologi dapat menjadi inspirasi norma dan nilai sosial
  • Ideologi dapat memberikan jalan untuk manusia dalam menemukan identitas dirinya.
  • Ideologi dapat menjati motivator dalam mengejar cita-cira dan tujuan hidup.

Dimensi Kekuatan Ideologi

Adapun dimensi kekuatan pada ideologi utama yang menentukan kekuatan ideologi antara lain:

  • Dimensi realitas ideologi adalah nilai-nilai dasar yang secara nyata hidup dalam kebudayaan dan pengalaman sejarah manusia.
  • Dimensi pengembangan ideologi adalah nilai-nilai dasar yang terwujud keluwesan dalam mempelajari terdapatnya perbedaan nilai dalam masyarakat.

Pengertian Ideologi, Fungsi, Dimensi, Contoh

Contoh Ideologi

Adapun contoh dari ideologi antara lain:

Liberalisme

Gagasan inti ideologi liberalisme yaitu kebebasan individu. Liberalisme menjunjung tinggi kesetaraaan. Hak-hak dasar setiap individu harus dilindungi oleh negara.

Kapitalisme

Gagasan utama kapitalisme merupakan kebebasan individu untuk melaksanakan akumulasi kapital individual. Negara tidak boleh membatasi atau mengntervensi peran setiap orang untuk mengakumulasi kekayaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Warga Negara Dan Penduduk (Pembahasan Lengkap)

Sosialisme

Gagasan utama sosialime yaitu kesetaraan sosial yang didukung oleh fungsi dominan pemerintah atau negara terhadap inidividu. Hak milik pribadi tidak diakui oleh sistem yang menganut sosialisme.

Marxisme

Gagasan utama marxisme yaitu pemikiran Karl Marx sebagai poros utama. Marxisme mengambil inspirasi konseptual dari pemikiran Marx mengenai bagaiamana masyarakat bekerja.

Nasionalisme

Gagasan utama nasionalisme yaitu perbuatan individu atau kelompok harus diorientasikan untuk kepentingan nasional. Ruang lingkup nasional yang dimaksud yaitu negara-bangsa.

Feminisme

Gagasan utama feminisme yaitu perlawanan kepada dominasi terhadap perempuan. Ideologi feminisme berupaya mengangkat perspektif perempuan dari posisi semula yang subordinat.

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Ideologi, Fungsi, Dimensi, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 5 votes