√ Pengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap)

Posted on

Pengertian Kejujuran, Karakteristik dan Macam Sifat Jujur – Jujur adalah suatu sifat manusia yang sangat sulit untuk diterapkan. Sifat jujur yang benar-benar jujur seringkali hanya dapat diterapakan oleh orang yang sudah terlatih dari kecil untuk menegakkan sifat jujur.

Untuk itu pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang Kejujuran. Yang mencakup pengertian, karakteristik dan macam-macam sifat jujur dalam Islam dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Studinews.co.id dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap)

Mari kita bahas mulai dari pengertian kejujuran terlebih dahulu.

Pengertian Kejujuran

Jika diatas sudah dibahas tentang definisi jujur maka sekarang adalah penjelasan tentang kejujuran. Pengertian Kejujuran adalah suatu sikap seseorang yang biasanya diungkapkan dengan ucapan ataupun perbuatan dengan spontan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa ada rekayasa dari yagn diucapkan dan dilakukannya.

Pengertian Kejujuran Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian kejujuran dari para ahli terkemuka.

1. Kesuma, dkk (2012: 16)

Kesuma, dkk mendefinisikan jujur adalah suatu keputusan seseorang untuk mengungkapkan perasaannya, kata-katanya atau perbuatannya bahwa realitas yang ada tidak dimanipulasi dengan cara berbohong atau meniru orang lain untuk keuntungan dirinya.

2. Mustari (2011: 13-15)

Mustari mendefinisikan jujur adalah suatu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya ataupun pihak lain.

Baca Juga:  √ Pengertian DPD Beserta Tugas dan Wewenangnya (Pembahasan Lengkap)

3. Zuriah (2008: 49)

Zuriah mendefinisikan jujur adalah nilai dan prinsip kejujuran juga dapat ditanamkan pada diri siswa di jenjang pendidikan dasar melalui kegiatan mengoreksi hasil ulangan secara silang dalam kelas.

Karakterisktik Kejujuran

Kesuma, dkk (2012: 17) menyatakan orang yang mempunyai karakter jujur memiliki ciri-ciri dengan perbuatan sebagai berikut:

  • Apabila bertekad (inisiasi keputusan) untuk menjalankan sesuatu, tekadnya adalah kebenaran dan kemaslahatan.
  • Apabila berkata tidak berbohong (benar sesuai adanya)
  • Apabila terdapat kesamaan antara yang dikatakan hatinya dengan apa yang dilakukannya.

Individu yang mempunyai karakter jujur akan disegani oleh banyak orang dalam segala hal seperti dalam persahabatan, mitra kerja, dan lain sebagainya. Karakter jujur ialah salah satu karakters penting yang dapat membuat seseorang cinta kebenaran dan mau mengambil resiko sebesar apapun dari kebenaran yang dilakukannya.

Pengertian Kejujuran, Karakteristik, Macam-Macam Sifat Jujur

Macam-Macam Sifat Jujur dalam Islam

Didalam agama Islam, terdapat lima jenis atau macam sifat jujur yang harus dimiliki setiap yang menganutnya, antara lain:

Shidq Al-Qalbi
Shidq Al-Qalbi adalah sifat jujur yang diterapkan pada niat seorang manusia.

Shidq Al-Hadits
Shidq Al-Hadits adalah sifat jujur yang diterapkan pada perkataan yang diucapkan oleh manusia.

Shidq Al-Amal
Shidq Al-Amal adalah sifat jujur yang diterapkan pada kegiatan dan perbuatan manusia.

Shidq Al-Wa’d
Shidq Al-Wa’d adalah sifat jujur yang diterapkan pada janji yang diucapkan oleh manusia.

Shidq Al-Hall
Shidq Al-Hall adalah sifat jujur yang diterapkan pada kenyataan yang terjadi pada kehidupan manusia.

Itulah penjelasan saya tentang PPengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap) semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Hukum, Tujuan, Jenis & Macamnya (Pembahasan Lengkap)
5 (100%) 7 votes