√ Pengertian Iklan, Ciri, Jenis, Syarat dan Tujuannya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Iklan, Ciri, Jenis, Syarat dan Tujuannya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini, StudiNews akan menjelaskan mengenai iklan. Iklan ini biasanya dibuat untuk memperkenalkan sebuah prdouk yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat dan mengharapkan tindakan tertentu. Iklan sangat mudah ditemukan diberbagai media dan tempat. Tujuannya adalah agar informasi dapat sampai kepada masyarakat lebih cepat dan juga tepat sasaran.

Untuk memahami apa itu iklan, bagaimana ciri, jenis, syarat dan tujuannya. Marilah kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Iklan, Ciri, Jenis, Syarat dan Tujuannya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian iklan terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Iklan

Secara umum, iklan diartikan sebagai bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi atau lembaga, dan perusahaan yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk ataupun jasa yang ditujukan kepada publik. Pada umumnya iklan berbentuk sebuah infomasi non personal mengenai produk, jasa, merek, perusahaan, dan lainnya.

Adapun pengertain iklan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Wells

Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi non personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa yang bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (pembaca, pendengar, atau penonton).

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

2. Gilson dan Berkman

Iklan merupakan sebuah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya tujuan atau objektifitas pemasaran.

3. Rhenald Kasali

Iklan adalah  suatu pesan yang menawarkan suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada publik melalui suatu media.

4. Kotler

Iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide secara non  personal dengan suatu sponsor tertentu dimana untuk penayangannya harus membayar ke sebuah media.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Ciri-Ciri Iklan

Adapun ciri-ciri iklan secara umum adalah informatik, komunikatif, efektif dan juga menarik. Berikut penjelasannya:

1.  Informatif

Artinya iklan memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang adanya suatu produk (barang/jasa) yang dibutuhkan oleh publik. Biasanya informasi yang diberikan berupa nama produk, kegunaan, kualitas dan harga produk.

2. Komunikatif

Iklan menggunakan bahasa persuasi yakni ajakan kepada target iklan (masyarakat) untuk mengambil suatu tindakan. Untuk iklan komersil biasanya berhubungan dengan tindakan pembelian produk atau penggunaan jasa. Sedangkan untuk iklan non-komersil tentunya mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan tertentu sesuai tujuan iklan.

3. Efektif

Iklan dibuat dengan melihat sisi kualitas iklan. Penggunaan kata yang jelas dan singkat untuk iklan cetak. Durasi singkat iklan untuk TV dan radio Space iklan yang standar bahkan kecil untuk iklan outdor.

4. Menarik

Iklan dibuat dengan sangat menarik, biasanya dengan menggunakan jasa artis sebagai bintang iklannya, menggunakan media ilutrator gambar. Dalam pembuatan iklan dibutuhkan ide yang segar agar bisa menarik perhatian masyarakat. Dan ide sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga:  √ Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi & Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Jenis atau Macam Iklan

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isi

  • Iklan Pemberitahuan
    Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian publik tertentu melalui sebuah pemberitahuan atau informasi. Contoh: iklan reuni sekolah.
  • Iklan Penawaran (Niaga)
    Jenis iklan ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak. Contoh: iklan penawaran barang: tas, handphone, sepat dan lain-lain. Iklan penawaran jasa: jasa kurir, pengobatan alternatif dan lain-lain.
  • Iklan Layanan Masyarakat
    Iklan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada msyarakat tentang suatu isu. Iklan masyarakat ini dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah, atau organisasi non-profit.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

  • Iklan Cetak
    Iklan cetak adalah iklan yang dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik berupa sablo, laser, dan lain sebagainya. Contoh iklan cetak yang sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.
  • Iklan Elektronik
    Iklan elektronik adalah jenis iklan yang memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet).

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

  • Iklan Komersial
    Tujuan jenis iklan komersial ini adalah untuk mencari keuntungan ekonomi atau meningkatkan penjualan. Jenis iklan ini dibagi menjadi tiga yaitu:

    • Iklan konsumen: ditujukan pada konsumen akhir suatu produk.
    • Iklan bisnis: ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah ataupun menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
    • Iklan profesional: ditujukan kepada segmen tertentu yakni para profesional.
  • Iklan Non-Komersial
    Pada umumnya jenis iklan non-komersial dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan jenis ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, akan tetapi untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.  Keuntungan yang didapat dari jenis iklan ini adalah mendapatkan pengetahuan, kesadaran sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh kampanye keluarga berencana, iklan bahaya merokok, pentingnya pendidikan, dan sebagainya.
Baca Juga:  √ Pengertian Sekretaris Dan Tugas Sekretaris (Pembahasan Lengkap)

Syarat Iklan

Adapun syarat-syarat iklan adalah sebagai berikut:

  • Iklan harus didasarkan pada kejujuran
  • Iklan harus memperhatikan etika bisnis
  • Iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami khalayak ramai
  • Iklan harus menarik perhatian dan minat msayarakat
  • Iklan harus memperhatikan efisiensi dan efektifitas.

Tujuan Iklan

Secara garis besar, tujuan iklan adalah untuk mendorong atau membujuk orang lain agar tertarik untuk menggunakan sesuatu produk atau jasa. Adapun tujuan laindari iklan adalah sebagai berikut:

  • Memberikan informasi kepada publik mengenai suatu produk barang atau jasa, perusahaan, merek, atau ide. Yang menggunakan bahasa persuasif atau ajakan dengan menonjolkan kelebihan suatu produk atau jasa.
  • Mempengaruhi orang lain merupakan target untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Iklan, Ciri, Jenis, Syarat dan Tujuannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

5 (100%) 6 votes