√ Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat & Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat & Jenisnya Lengkap – Kali ini StudiNews akan menjelaskan mengenai masyarakat multikultural. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki tingkat keanekaragaman yang begitu kompleks. Oleh karena itulah masyarakat Indonesia seringkali dikenal dengan sebutan masyarakat multikultural.

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat & Jenisnya Lengkap

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian masyarakat multikultural, ciri, sifat dan jenisnya maka simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Masyarakat Multikultural

Secara umu, masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai jenis suku bangsa dan budaya. Dengan kata lain, masyarakat multikultural ini adalah sebagai kelompok manusia yang mempunyai tempat tinggal dengan berbagai jenis kebudayaan dan karakteristik tersendiri yang membedakan masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli

Adapun pengertian masyarakat multikultural menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Parekh

    Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang memiliki berbagai jenis komunitas budaya dengan segala manfaat dan memiliki sedikit perbedaan yang ada, sejarah, adat istiada dan kebiasaan yang ada.

  2. J.S Furnival

    Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua elemen atau lebih yang hidup masing-masing, tanpa melakukan kontak satu sama lain dalam kehidupan politik.

  3. Clifford Geertz

    Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terbagi menjadi beberapa subsistem, yang masing-masing subsistem tersebut terikat oleh ikatan promordial.

  4. Lawrence Blum, dikutip Lubis

    Masyarakat multikultural meliputi pemahaman, apresiasi dan penilaian budaya seseorang, serta penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain.

Ciri-Ciri Masyarakat Multikultural

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh masyarakat multikultural adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki lebih dari satu struktur budaya.
  2. Nilai dasar merupakan kesepakatan bersama yang sulit berkembang.
  3. Adanya dominasi ekonomi, politik, dan sosial budaya.
  4. Proses integrasi berlangsung dengan lambat.
  5. Struktur sosial memiliki sifat non-komplementer.
  6. Adanya konflik sosial yang berbabu SARA.

Sifat Masyarakat Multikultural

Adapun sifat masyarakat multikultural menurut Perre L. Van den Berghe, adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki struktur sosial yang terbagi dalam lembaga yang sifatnya non-komplementer.
  2. Adanya segmentasi dalam bentuk kelompok sub kebudayaan yang berbeda satu sama lain.
  3. Adanya integrasi sosial yang tumbuh karena adanya paksaan dan adanya saling ketergantungan dalam bidang ekonomi.
  4. Kurang mengembangkan konsensus diantara anggota terhadap nilai yang bersifat dasar.
  5. Adanya dominasi politik yang dilakukan oleh suatu kelompok kepada kelompok lainnya.

Jenis-Jenis Masyarakat Multikultural

Jenis jenis masyarakat multikultural berdasarkan kecenderungan perkembangan dan praktik multikulturalisme, terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Multikulturalisme Akomodatif

Multikulturalisme Akomodatif merupakan jenis masyarakat yang memiliki kultur dominan yang membuat penyesuaian tertentu untuk kaum minoritas. Masyarakat ini memberi kebebasan kepada kaum minoritas untuk mempertahankan apa yang menjadi kebudayaan mereka. Masyarakat ini memberi kebebasan kepada kaum minoritas untuk mempertahankan apa yang menjadi kebudayaan mereka.

2. Multikulturalisme Isolasionis

Multikulturalisme Isolasionis adalah suatu kelompok masyarakat multikultural yang menjalani kehidupan secara otonom dengan berinteraksi antar kelompok seminimal mungkin.

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat & Jenisnya

3. Multikultural Kritikal atau Interaktif

Multikultural Kritikal atau Interaktif adalah jenis masyarakat yang tidak fokus terhadap kehidupan kultural otonom, akan tetapi lebih kepada menciptakan kultur bersama yang mencerminkan dan menegaskan perspektif masing-masing kelompok masyarakat.

4. Multikultural Otonomis

Multikultural Otonomis adalah masyarakat multikultural yang hidup bersama serta berupaya menciptakan kesetaraan budaya mereka.

5. Multikulturalisme Kosmopolitan

Multikulturalisme Kosmopolitan merupakan suatu jenis masyarakat yang berusaha menghilangkan batas kultural dalam kehidupan mereka sehingga terciptalah masyarakat yang tak terikat pada budaya tertentu.

Demikianlah penjelasan kita mengenai Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat & Jenisnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih.

√ Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat & Jenisnya Lengkap
5 (100%) 9 vote[s]

Baca Juga:  √ Pengertian Pekerjaan Sosial, Tujuan, Fungsi & Prinsipnya (Lengkap)