√ Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat dan Dampaknya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat dan Dampaknya (Lengkap) – Kali ini kita akan membahas mengenai modernisasi. Istilah ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan bermasyarakat. Pasalnya hampir semua masyarakat di dunia ini mengalami modernisasi seiring dengan perkembangannya teknologi yang semakin lama semakin berkembang.

Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat dan Dampaknya (Lengkap)

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian modernisasi, ciri, syarat dan juga dampaknya, simaklah penjelasan sebagai berikut:

Pengertian Modernisasi

Secara umum, modernisasi adalah perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari kondisi yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju masyarakat yang modern. Adapun pengertian modernisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Soerjono Soekanto

Modernisasi adalah Suatu bentuk perubahan sosial yang terarah berdasarkan suatu perencanaan yang dikenal dengan istilah social planning.

2. Widjojo Nitisastro

Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan masyarakat kehidupan tradisional atau pra-modern dari segi teknologi dan organisasi sosial, ke arah pola-pola yang ekonomis dan politis.

3. Wikipedia

Modernisasi adalah sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang menuju ke arah yang lebih baik dengan harapan kehidupan masyarakat akan lebih berkembang, maju dan makmur.

Ciri-Ciri Modernisasi

Berikut ini adalah ciri-ciri modernisasi:

1. Aspek Sosio Demografis

Aspek ini dikenal dengan istilah mobilitas sosial, yaitu suatu proses perubahan unsur-unsur sosial, ekonomis dan psikologis masyarakat yang  mulai menunjukkan peluang ke arah pola baru melalui proses sosialisasi dan pola perilaku yang terwujud pada aspek kehidupan modern. Contoh seperti mekanisasi, urbanisasi dan meningkatnya jumlah pendapatan perkapita.

Baca Juga:  √ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya

2. Aspek Struktur Organisasi Sosial

Aspek ini merupakan perubahan unsur-unsur dan norma masyarakat yang terwujud ketika manusia mengadakan hubungan dengan sesama dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini berhubungan erat dengan lembaga kemasyarakatan, pelapisan sosial, norma sosial, wewenang, kekuasaan dan juga interaksi sosial.

Syarat Modernisasi

Adapun syarat-syarat terjadinya suatu modernisasi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya sistem administrasi negara yang baik. Sistem tersebut benar-benar mewujudkan birokrasi yang baik, jauh dari korupsi dan juga memiliki semangat kerja yang baik.
  2. Cara berpikir yang ilmiah, dimana cara berpikir tersebut melembaga dalam kelas penguasa maupun masyarakat.
  3. Penciptaan iklim yang kondusif dalam masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
  4. Adanya tingkat kedisiplinan yang tinggi, akan tetapi tidak melanggar HAM orang lain.
  5. Adanya pemusatan wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial (social planning).
  6. Terdapat sistem pengumpulan data, yang baik dan juga teratur dan berpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu. Misalnya seperti BPS (Badan Pusat Statistik) yang menjadi sumber data bagi negara.

Dampak Modernisasi

Adapun dampak yang ditimbulkan dari modernisasi adalah

1. Dampak Positif Modernisasi

  • Memperkuat integrasi dalam masyarakat, salah satu ciri masyarakat modern adalah mempunyai sikap yang terbuka terhadap segala jenis perubahan dan pengalaman.
  • Meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Kesiapan masyarakat modern untuk terbuka pada hal-hal yang baru dapat mengubah pola pikir mereka. Masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) baru yang bisa membantu meringankan beban pekerjaan serta menghemat waktu dan tenaga manusia, akan membuat mereka yakin kalau iptek memang bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup manusia.
  • Kemajuan di bidang industri. Dengan modernisasi akan menunjang kemajuan di bidang industri. Karena semua kemudahan dan fasilitas teknis yang ada akan mempercepat proses produksi dan distribusi produk.
  • Meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi. Dengan kemudahan dalam mengakses informasi, maka banyak pengetahuan politik yang diterima oleh masyarakat, sehingga sikap kritis akan mudah terwujud dan terbentuk.
  • Kemajuan di bidang transportasi. Sekarang ini, masyarakat sudah dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas transportasi yang mengutamakan kenyamanan, ketepatan waktu dan juga keterjangkauan harga. Semua bidang transformasi sudah mengembangkan dan menambah fasilitas-fasilitas baru untuk bisa melayani masyarakat dengan baik.
Baca Juga:  √ 19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat dan Dampaknya

2. Dampak Negatif Modernisasi

  • Kesenjangan sosial dan ekonomi. Seperti adanya kelompok-kelompok tertentu yaitu pengangguran, asongan, pedagang kaki lima dan lain sebagainya.
  • Pencemaran lingkungan alam. Modernisasi negara ditandai dengan adanya pembangunan di segala kehidupan. Hal ini menimbulkan permasalahan baru, Faktanya, kebanyakan pembangunan industri telah mengakibatkan pencemaran sungai karena sebagian besar perusahaan malah membuang limbahnya ke sungai.
  • Kriminalitas. Tindakan kriminal ini adalah perbuatan yang bertentangan dengan norma agama dan juga norma hukum yang berlaku dalam masyarakat. Tindakan kejahatan ini menyebabkan orang lain kehilangan harta benda, cacat, bahkan kehilangan nyawa.

Demikianlah penjelasan kita mengenai Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat dan Dampaknya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih.

5 (100%) 7 votes