√ Pengertian Infrastruktur, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Infrastruktur, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap) – StudiNews kali ini akan membahas mengenai infrastruktur, istilah ini sudah tidak asing lagi bagian orang namun masih ada yang belum mengetahui lebih jelasnya. Nah kali ini akan membahas pengertian infrastruktur, jenis dan contohnya. Adapaun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Pengertian Infrastruktur, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Infrastruktur

Secara umum, infrastruktur adalah beberapa macam jenis berupa fasilitas yang berfungsi sebagai penunjang kejhidupan manusia. Dengan kata lain infrastruktur merupakan istilah yang paling banyak digunakan untuk menggambarkan dari beberapa jenis fasilitas yang dibuat secara khusus dalam mendukung aktivitas tertentu serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun pengertian infrastruktur menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Kodoatie (2005)

Infrastruktur adalah sistem yang menopang sistem sosial dan sistem ekonomi yang sekaligus menjadi penghubung dengan sistem lingkungan, dimana sistem ini dapat dipakai sebagai dasar di dalam mengambil suatu kebijakan.

2. Grigg (1988)

Infrastruktur adalah suatu sistem fisik yang menyediakan sarana transportasi, pengairan, drainase, bangunan gedung dan fasilitas publik lainnya, yang mana sarana ini dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar manusia, baik itu kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan sosial.

3. Stone (1974)

Infrastruktur adalah berbagai fasilitas fisik yang dibutuhkan dan dikembangkan oleh agen-agen publik dengan tujuan untuk memenuhi tujuan ekonomi dan sosial dan fungsi-fungsi pemerintahan dalam hal transportasi, penyediaan air, tenaga listrik, pembuangan limbah serta pelayanan-pelayanan lainnya yang serupa.

Baca Juga:  √ Pengertian Iklan, Ciri, Jenis, Syarat dan Tujuannya (Lengkap)

Jenis-Jenis Infrastruktur

Adapun jenis-jenis infrastruktur diantaranya adalah

1. Infrastruktur Keras (Physical Hard Infrastructure)

Yaitu infrastruktur yang memiliki bentuk fisik yang nyata dan kegunaannya memang berasal dari bentuk fisik yang dimilikinya tersebut. Jenis infrastruktur ini adalah jenis yang paling banyak berhubungan dengan dengan kepentingan umum masyarakat. Kebanyakan masyarakat mengartikan sebagai infrastruktur keras. Adapun contoh dari infrastruktur keras adalah pelabuhan, bandara, kereta api, dermaga, saluran irigasi, bendungan, got, jalan raya dan lain sebagainya.

2. Infrastruktur Keras Non – Fisik (Non – Physical Hard Infratructure)

Yaitu infrastruktur keras yang tidak memiliki bentuk fisik yang nyata atau jelas namun tetap mendukung dan berguna keberadaan infrastruktur keras lainnya. Infrastruktur keras non-fisik sangat berhubungan erat dengan permasalahan kepuasan publik. Jenis infrastruktur ini umumnya hanya dapat dirasakan kegunaannya ketika digabungkan atau digunakan bersama-sama dengan infrastruktur lainnya, seperti infrastruktur keras ataupun infrastruktur lunak. Adapun beberapa contoh infrastruktur keras non-fisik adalah ketersediaan air bersih, pasoka listrik, jaringan pipa penyalur, jaringan komunikasi seperti internet dan telepon, pasokan energi dan lain sebagainya.

Pengertian Infrastruktur, Jenis dan Contohnya

3. Infrastruktur Luna (Soft Infrastructure)

Yaitu infrastruktur yang berbentuk kelembagaan ataupun kerangka institusional. Infrastruktur lunak pada dasarnya harus dibangun dengan memperhatikan berbagai macam nilai dan norma seperti norma agama, norma budaya, norma sosial, norma hukum dan berbagai nilai dan norma lainnya. Jenis infrastruktur ini berhubungan erat dengan aktivitas pelayanan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah. Adapun contoh infrastruktur lunak adalah pelayanan polisi, pelayanan kantor pos, pelayanan kantor kelurahan atau kecamatan, pelayanan pembuatan surat izin mengemudi, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Infrastruktur, Jenis dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih 🙂

Baca Juga:  √ Pengertian ASN (Aparatur Sipil Negara), Jabatan, Hak dan Kewajibannya
√ Pengertian Infrastruktur, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap)
5 (100%) 2 vote[s]