√ Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Kode etik merupakan suatu sistem norma, nilai, dan juga aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan apa yang tidak benar serta tidak baik bagi profesional. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian kode etik beserta tujuannya, kali ini StudiNews akan menjelaskannya.

Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Kode Etik

Secara umum, kode etik merupakan suatu sistem norma, nilai, dan juga aturan profesional secara tertulis yang dengan tegas menyatakan suatu hal yang baik dan suatu hal yang benar, serta apa yang tidak benar dan juga tidak baik bagi profesional. Adapun pengertian kode etik secara singkat adalah suatu pola aturan, tanda, tata cara, pedoman etis di dalam melakukan suatu kegiatan ataupun suatu pekerjaan. Kode etik sangat erat kaitannya dengan perilaku seseorang.

Adapun pengertian kode etik lainnya adalah suatu aturan yang tertulis yang secara sistematis dengan sengaja dibuat, berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada serta ketika dibutuhkan dapat difungsikan sebagai alat yang dapat digunakan menghakimi berbagai macam dari tindakan yang pada umumnya dinilai menyimpang dari kode etik yang ada.

Menurut Ary dkk (1982) mengemukakan kepatuhan terhadap kode etik dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian merupakan hal yang sangat amat penting. Peneliti harus memegang kode etik untuk keperluan yang berkaitan dengan subjek maupun sebagai cermin ketaatannya terhadap suatu profesi yang ditekuni serta dalam proses pemakaian acuan teoritis dari subjek lain.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Tujuan Kode Etik

Adapun tujuan kode etik adalah:

  1. Agar profesional dapat memberikan jasa dengan sebaik-baiknya kepada para pemakai ataupun para nasabahnya.
  2. Sebagai pelindung dari perbuatan yang tidak profesional.

Ketaatan dari tenaga profesional terhadap kode etik yang ada merupakan sebuah ketatatan yang naluriah. Penyelewengan atau penyimpangan terhadap norma yang ditetapkan dan diterima oleh sekelompok profesi, yang mengarahkan  atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat juga sekaligus menjamin mutu profesi tersebut dimata masyarakat dinamakan pelanggaran terhadap kode etik profesi.

Sedangkan tujuan kode etik menurut buku pustaka Filsafat Etrika Bisnis, hal.41 Karya Dr. A sonny Keraf, adalah

  1. Kode etik bermaksud melindungi masyarakat dari kemungkinan dari kerugian kelalaian baik secara sengaja ataupun tidak sengaja dari kaim profesional.
  2. Kode etik bertujuan melindungi keluhuran profesi tersebut dari perlaku-perilaku yang tidak baik atau bobrok orang-orang tertentu yang mengaku dirinya profesional.

Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya

Kode etik menjembatani etika dan moralitas disatu pihak dan hukum di pihak lainnya. Di satu pihak, kode etik adalah kaidah moral yang berlaku khusus untuk orang-orang profesional di bidang tertentu. Tetapi berbeda dengan kaidah moral pada umumnya, kaidah moral ini telah menjadi aturan tertulis, sehingga kode etik dilengkapi dan ditunjang oleh sanksi seperti dalam hukum. Karenanya kode etik bersifat lebih tegas dibandingkan dengan kaidah moral.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih.

√ Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya (Pembahasan Lengkap)
5 (100%) 5 votes