√ Pengertian Opini, Jenis, Ciri dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Opini, Jenis, Ciri dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Istilah opini biasanya disandingkan dengan istilah fakta. Fakta dan opini terkadang hampir sama bahkan kita sulit untuk membedakannya, hanya saja ada beberapa karakteristik atau ciri yang membedakan antara keduanya.

Pengertian Opini, Jenis, Ciri dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Namun kali ini StudiNews hanya akan membahas mengenai pengertian opini, jenis, ciri dan juga unsurnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Opini

Secara umum, opini merupakan suatu pendapat atau tanggapan, pandangan atau hasil pikiran seseorang dalam menjelaskan atau menyikapi sesuatu hal namun sifatnya tidak objektif dan belum pasti kebenarannya.

Opini juga dapat diartikan sebagai suatu pendapat atau pikiran maupun tanggapan seseorang atau suatu kelompok yang belum diakui kebenarannya. Sehingga dengan kata lain, opini bersifat subjektif dan setiap orang bisa saja mempunyai pendapat yang berbeda beda tentang suatu peristiwa maupun objek.

Opini merupakan suatu pandangan atau pendapat pribadi seseorang untuk menjelaskan suatu peristiwa maupun hal tertentu baik yang belum terjadi maupun yang sudah terjadi. Adapun opini dapat disampaikan dengan berbagai cara seperti secara aktif, pasif, melalui verbal, melalui bahasa konotatif, melalui gestur, dan melalui cara berpakaian.

Baca Juga:  √ Pengertian Media Komunikasi Beserta Fungsinya (Lengkap)

Jenis-Jenis Opini

Adapun jenis-jenis opini diantaranya adalah

1. Opini Pribadi

Opini pribadi merupakan suatu pendapat atau pandangan seseorang terhadap sesuatu hal yang tidak dipengaruhi oleh pendapat dari orang lain. Biasanya pribadi ini tidak diungkapkan secara publik karena bersifat pribadi, walaupun pada suatu kasus tertentu hal tersebut dilakukan.

2. Opini Kelompok

Opini kelompok adalah suatu pendapat atau pandangan sekelompok orang terhadap suatu hal yang menyangkut kepentingan orang banyak. Adapun opini kelompok terdiri dari mayoritas dan minoritas yang ditandai dengan kuantitas (jumlah) pro dan kontra terhadap suatu peristiwa.

3. Opini Publik

Opini publik adalah suatu pandangan atau pendapat  yang timbul dalam diri seseorang setelah adanya perbincangan dengan orang lain. Opini publik ini muncul dari suatu diskusi dalam menyikapi hal tertentu dan menghasilkan suatu kesimpulan yang kemudian menjadi opini bersama.

4. Opini Umum

Opini umum merupakan suatu pendapat atau pandangan yang berlaku secara umum atau dipahami secara bersama-sama oleh masyarakat. Dengan kata lain, opini umum ini masyarakatnya memiliki pandangan yang sama mengenai suatu kejadian sehingga tidak ada pro dan kontra.

Ciri-Ciri Opini

Adapun ciri atau karakteristik dari suatu opini adalah

1. Bersifat Subjektif

Inti dari suatu opini adalah pemahaman dan penilaian seseorang tentang suatu kejadian dimana pendapat tersebut muncul berdasarkan pengetahuan, harapan atau keinginan, dan juga pengalaman. Sehingga setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang suatu kejadian yang sama.

2. Menjelaskan Tentang Hal Tertentu

Adapun isi dari suatu opini adalah menjelaskan tentang sesuatu hal peristiwa maupun objek dengan memperhatikan gejala-gejala kemudian memberikan prediksi, harapan, sasaran terhadap hal tersebut.

3. Kebenarannya Masih Diragukan

Isi dari opini belum dapat dipastikan kebenarannya sehingga perlu diuji dan juga dibuktikan. Oleh karena itu, dalam mengungkapkan opini biasanya selalu menggunakan kata mungkin, misal, menurut saya, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ 26 Pengertian Metode Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Unsur-Unsur Opini

Adapun beberapa unsur yang dapat membentuk suatu opini diantaranya adalah

1. Nilai Kepercayaan

Biasanya seseorang yang mengungkapkan opini terhadap suatu hal di dasari oleh adanya suatu kepercayaan. Nilai kepercayaan ini terbentuk dapat dipengaruhi oleh Agama, politik, budaya dan lain sebagainya. Adapun nilai kepercayaan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi seseorang ketika menyampaikan suatu opini atau pendapatnya tersebut. Oleh karenanya orang-orang yang memiliki latar belakang kepercayaan yang sama cenderung memiliki opini yang sama.

Pengertian Opini, Jenis, Ciri dan Unsurnya

2. Sikap

Sikap seseorang dalam menyikapi suatu masalah atau peristiwa akan melahirkan suatu opini. Adanya pernyataan sikap tersebut bentuknya bisa membenarkan atau menyanggah informasi lain yang dilihat atau di dengar melalui suatu media.

3. Persepsi

Opini terbentuk karena adanya suatu persepsi, karena persepsi merupakan pemberian makna terhadap suatu peristiwa. Pada saat seseorang memperoleh informasi tertentu maka pada saat itu akan terjadi suatu penilaian terhadap penyebab dan kemungkinan yang dapat terjadi, dan akhirnya akan menghasilkan suatu opini.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Opini, Jenis, Ciri dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.

√ Pengertian Opini, Jenis, Ciri dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)
5 (100%) 10 vote[s]