√ Pengertian Transmigrasi, Jenis, Tujuan dan Dampaknya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Transmigrasi, Jenis, Tujuan dan Dampaknya (Lengkap) – Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yakni dengan melakukan pemerataan penduduk. Pemerintah membuat program transmigrasi dengan memindahkan penduduk baik sebagian maupun secara keseluruhan di suatu daerah dengan berbagai macam alasan atau penyebab.

Pengertian Transmigrasi, Jenis, Tujuan dan Dampaknya (Lengkap)

Pada kesempatan kali ini, StudiNews akan membahas mengenai pengertian transmigrasi, jenis, tujuan dan juga dampaknya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Transmigrasi

Transmigrasi adalah suatu perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang masih kurang penduduknya. Transmigrasi ini umumnya dilakukan atas inisiatif, dukungan serta bantuan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan sosial dan juga ekonomi masyarakatnya.

Jenis-Jenis Transmigrasi

Adapun jenis-jenis transmigrasi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Transmigrasi Lokal

Yakni perpindahan suatu penduduk secara massal dari satu lokasi yang masih berada dalam wilayah yang sama atas dukungan dan biaya dari pemerintah. Pada hakikatnya transmigrasi lokal ini adalah suatu inisiatif dari pemerintah dengan melihat suatu kondisi sosial ekonomi suatu penduduk pada suatu wilayah tertentu.

2. Transmigrasi Swakarya

Yakni perpindahan penduduk yang merupakan suatu program dari departemen transmigrasi untuk memberikan jaminan pekerjaan kepada para transmigran. Adapun jaminan yang diberikan pemerintah hanya dalam jangka waktu tertentu (biasanya tiga bulan). Fasilitas yang diberikan pemerintah untuk dikelola berupa sebidang tanah.

Baca Juga:  √ 19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

3. Transmigrasi Sektoral

Yakni perpindahan penduduk yang biayanya ditanggung secara bersama-sama oleh transmigran. Umumnya dilakukan secara massal dan memperoleh dukungan pemerintah berupa pelatihan dan pengerahan namun tidak mendapatkan bantuan biaya.

4. Transmigrasi Umum

Yakni perpindahan penduduk yang dilakukan atas inisiatif pemerintah dengan melihat kondisi sosial ekonomi yang ada pada suatu daerah tertentu. Perpindahan ini hampir sama dengan transmigrasi lokal tetapi biayanya ditanggung oleh pemerintah. Tetapi perpindahannya tidak berada pada satu wilayah yang sama.

5. Transmigrasi Swakarsa

Yakni perpindahan penduduk atas inisiatif sendiri dari masyarakat dan tetap mendapatkan dukungan dari pemerintah. Biasanya transmigrasi dilakukan masyarakat setelah melihat kondisi sosial yang sudah terlalu padat dan mencari suatu daerah yang belum terlalu padat sebagai tempat untuk menetap dan memulai pekerjaan.

6. Transmigrasi Keluarga

Yakni perpindahan penduduk ke suatu tempat tertentu dimana lokasi tujuannya ada keluarga yang dituju dan umumnya ditanggung oleh pihak keluarga tersebut. Transmigrasi ini disebut juga dengan transmigrasi mandiri karena biayanya ditanggung oleh pemerintah.

7. Transmigrasi Bedol Desa

Yakni suatu perpindahan penduduk secara keseluruhan dimulai dari penduduknya hingga ke perangkat desanya. Transmigrasi dilakukan dengan berbagai  alasan seperti lokasi tempat tinggal menjadi tempat pembangunan proyek tertentu atau terkena musibah bencana alam. Biaya transmigrasi ditanggung oleh pemerintah lengkap dengan fasilitas untuk memulai kehidupan baru ditempat tujuan tersebut.

Tujuan Transmigrasi

Adapun tujuan transmigrasi yang merupakan program dari pemerintah dan dalam pelaksanaannya memerlukan alasan yang logis dan juga mendasar. Biasanya alasan pemerintah ini bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan rakyatnya sendiri. Tujuan yang melatarbelakangi program atau kegiatan transmigrasi antara lain adalah

  • Untuk pemerataan dan persebaran penduduk.
  • Untuk meningkatkan taraf hidup para transmigran di daerah transmigrasi.
  • Pengelolaan sumber daya alam yang selama ini belum tersentuh dan berada di daerah baru atau daerah tujuan transmigrasi.
  • Untuk penyediaan lapangan pekerjaan bagi para transmigran di daerah transmigrasi.
  • Untuk pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.
  • Untuk peningkatan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Untuk peningkatan pertahanan dan keamanan nasional.
Baca Juga:  √ 27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Transmigrasi, Jenis, Tujuan dan Dampaknya

Dampak Transmigrasi

Trasnmigrasi adalah tindakan massal yang dilakukan oleh warga negara dari dari satu tempat menuju tempat lain. Hal ini tentunya akan menimbulkan berbagai dampak negatif ataupun positif bagi daerah yang ditinggalkan, daerah yang dituju maupun bagi para transmigran itu sendiri. Berikut dampak transmigrasi:

1. Dampak Positif

Dampak positif dari transmigrasi adalah

  • lahan kosong dapat dimanfaatkan
  • Penduduk yang ditransmigrasikan kehidupannya dapat lebih baik secara ekonomi.
  • Dapat meningkatkan produksi, terutama dalam bidang pertanian.
  • Dapat mempercepat pemerataan penduduk.
  • Mengurangi jumlah pengangguran, terutama bagi mereka yang ditransmigrasikan.

2. Dampak Negatif

Dampak negatif transmigrasi adalah

  • Transmigrasi memerlukan dana yang cukup besar sehingga banyak menghabiskan uang negara.
  • Dapat mendorong kecemburuan sosial antara masyarakat setempat dan para transmigran.
  • Adanya transmigran yang kurang sungguh-sungguh dapat menyebabkan kegagalan dalam pelaksanaan transmigran sehingga dana yang dikeluarkan menjadi sia-sia.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Transmigrasi, Jenis, Tujuan dan Dampaknya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

√ Pengertian Transmigrasi, Jenis, Tujuan dan Dampaknya (Lengkap)
5 (100%) 16 votes