√ Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap) – Istilah freelance bagi sebagian orang mungkin belum begitu mengetahuinya, namun tidak sedikit juga orang yang sudah paham tentang apa itu freelance. Freelance ini sangat erat kaitannya dengan pekerjaan yang memiliki keahlian khusus dan kerjanyapun bebas.

Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap)

Pada kesempatan kali ini StudiNews akan memberikan informasi mengenai freelance yang mencakup arti dari freelance, syarat, cara kerja, dan juga kelebihannya. Untuk megetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Freelance

Secara umum, freelance merupakan suatu cara kerja dimana pekerjaan dilakukan oleh seseorang secara mandiri, tidak terikat oleh kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan suatu perusahaan yang mempekerjakannya. Adapun arti lain dari freelance adalah suatu pekerjaan yang bekerja secara lepas, bebas dan tidak terikat dengan kontrak perusahaan atau orang tertentu, tetapi pekerjaan tersebut dapat dilakukan sesuai dengan keinginan pekerja bebas tersebut.

Sehingga pekerja yang bebas dan tidak terikat disebut juga dengan freelance. Menjadi seorang freelance adalah pekerjaan yang tidak mudah juga loh, dia bekerja secara full time ataupun part time.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis pekerjaan sebagai seorang freelance diantaranya adalah

  • Membuat website atau blog
  • Membuat aplikasi android atau iOS
  • Membuat desain (logo, grafis, interior, dan lainnya)
  • Menulis artikel atau Copy Writing
  • Digital marketing (SEO, SEM, dan sejenisnya)
  • Jasa penerjemahan bahasa asing
  • Jasa konsultan keuangan
  • Membuat dan mengedit vidio
  • Dan lain sebagainya.
Baca Juga:  √ Pengertian Mitigasi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Kegiatan Mitigasi

Syarat Freelance

Tidak semudah yang dibayangkan, menjadi seorang freelance tidak melulu menyenangkan. Seorang freelance harus memiliki keterampilan yang khusus dan juga berpengalaman dalam suatu bidang. Adapun syarat menjadi seorang freelancer adalah

1. Mempunyai Keahlian Tertentu

Seorang freelance harus memiliki suatu keahlian tertentu agar orang lain dapat mempercayai jasa atau mau menggunakan jasanya tersebut. Selain itu, para freelance harus memiliki hasil kerja yang baik dan berpengalaman agar dapat menjalankan profesinya tersebut dengan baik.

2. Mengenal Dunia Internet

Biasanya perusahaan atau seseorang yang membutuhkan freelance akan mencarinya melalui internet. Karena itulah setiap orang yang berprofesi sebagai freelancer sangat dekat dengan dunia internet. Dalam mempromosikan dan menawarkan keahlian serta jasanya kepada orang lain, para freelancer biasanya mendaftarkan diri atau mempublish hasil kerjanya di situs marketplace.

3. Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

Sebagai freelancer tentu memiliki keuntungan dan tantangan sendiri. Oleh karena itu seorang freelancer harus fleksibel dan mudah beradaptasi agar konsumennya tidak kecewa dan merusak profesinya tersebut.

4. Mampu Mengatur Waktu

Meski pekerjaan seorang freelancer itu bebas dan lepas, namun tetap harus memiliki aturan dan komitmen dalam menjalankannya. Kesepakatan antara kedua nya harus ditepati sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cara Kerja Freelance

Secara umum, cara kerja freelance adalah sebagai berikut:

  • Seorang freelancer membuat profil di situs-situs marketplace freelance. Isi dari profil tersebut menjelaskan tentang keahliannya dan juga hasil kerja yang pernah dibuatnya.
  • Pemilik suatu perusahaan atau bisnis yang akan mencari freelancer di situs marketplace freelance harus sesuai dengan kategori pekerjaan yang dibutuhkan. Kemudian pemberi kerja memilih seorang freelancer yang sesuai dengan kirteria yang sedang dibutuhkan. Namun ada juga pemberi kerja yang memasang thread di situs markeplace tentang jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkannya, kemudian akan ada nanti freelancer yang menawarkan jasanya.
  • Setelah memilih freelancer yang sesuai dengan kriteria si pemberi kerja tersebut, barulah freelancer menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu ada kesepakatan diantara kedua belah pihak, yaitu durasi waktu dan juga biaya yang diperoleh dari hasil kerjanya tersebut.
  • Setelah menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu, kemudian freelancer mengirimkan file hasil pekerjaan kepada pemberi kerja. Jika pemberi tugas tersebut setuju maka tugas tersebut dianggap telah selesai.
  • Freelancer akan memperoleh pembayaran dalam akunnya setelah pekerjaan dianggap selesai.
Baca Juga:  √ Pengertian Kode Etik Beserta Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya

Kelebihan atau Keuntungan Menjadi Seorang Freeelancer

Ada beberapa keuntungan atau kelebihan menjadi seorang freelancer diantaranya adalah

  • Pekerjaan freelancer biasanya sesuatu yang yang ia sukai atau ia minati.
  • Freelancer dapat mengatur waktu untuk mengerjakan tugasnya dimana saja tanpa harus susah payah datang ke suatu tempat yang sudah ditentukan atau suatu kantor.
  • Biasanya seorang pekerja lepas atau freelancer ini dapat memperoleh upah yang lebih besar sesuai dengan tingkat kesulitan dan jumlah tugas yang dikerjakan.

Nah itulah tadi penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.

√ Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap)
5 (100%) 8 vote[s]