√ Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap) – Jihad merupakan salah satu perang dijalan Allah SWT. Namun kita harus mengetahui benar makna jihad yang sesungguhnya. Sebab pada akhir-akhir ini banyak sekali yang mengatasnamakan jihad padahal yang dinamakan itu sebuah tindakan yang radikal dan bahkan disebut sebagai aksi terorisme bagi kaum non-muslim, sehingga hal tersebut akan menyudutkan seluruh kaum muslim dalam kehidupan bermasyarakat.

Nah pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai pengertian jihad beserta macamnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap)

Berikut penjelasan mengenai jihad dalam pandangan Islam.

Pengertian Jihad

Kata jihad berasal dari bahasa arab yakni “juhdun” yang berarti sebuah “kekuatan” dan “jahada” yang berarti “usaha”. Sehingga yang jika diuraikan berarti suatu usaha yang dilakukan untuk mencapai jalan kebenaran sesuai yang diyakini dengan seluruh kemampuan dan juga kekuatan sendiri.

Jihad dalam segi konteks Islam sendiri adalah melawan kecenderungan jahat dalam diri sendiri seperti malas dan juga dengki. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

أَفْضَلُ الْجِهَادِ أَنْ يُجَاهَدَ الرَّجُلُ نَفْسَهَ وَ هَوَاهُ

Artinya: “Jihad yang paling utama adalah berjihad berjuang melawan hawa nafsu.” (ibnu Najjar dari Abu Dzarr).

Pengertian Jihad Menurut Ulama

Adapun pengertian jihad menurut para ulama:

Baca Juga:  √ Pengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap)

1. Madzhab Hanafi

Jihad merupakan suatu luapan tentang pengerahan seluruh kemampuan. Adapun menurut syari’at adalah suatu pengerahan seluruh kemampuan dan seluruh tenaga dalam dalam berperang dijalan Allah SWT baik dengan jiwa, harta, lisan ataupun dengan yang lainnya.

2. Madzhab Maliki

Jihad adalah perangnya seorang muslim yang melawan orang-orang kafir yang tidak memiliki perjanjian, dalam rangka menjunjung tinggi kalimat Allah SWT.

3. Madzhab Syafi’i

Sebagaimana yang dinyatakan dalam kitab al-Iqnaa’, menurut Imam Syafi’i jihad merupakan berperang di jalan Allah.  Al-Siraazi juga menegaskan dalam kitab al-Muhadzdzab : sesungguhnya jihad itu adalah perang.

4. Madzhab Hambali

Menurut madzhab hambali sebagaimana yang dikatakan di dalam kitab al-Mughniy, karya Ibn Qudaamah jihad tidak memiliki makna lain selain berkaitan dengan perang. Yakni perang melawan orang kafir baik itu yang fardhu kifayah maupun fardhu ‘ain atau dalam bentuk sikap berjaga-jaga kaum mukmin terhadap musuhl, menjaga perbatasan dan juga celah-celah wilayah Islam.

Jihad bukanlah suatu perkara yang mudah bagi segenap jiwa. Sangat erat kaitannya dengan pertumpahan darah, harta dan jiwa, yang menjadi suatu perkara agung dalam Islam, sebagaimana Rasulullah Saw Bersabda:

فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَ أَعْرَاضَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا فِي شَهْرِكُمْ هَذَا فِي بَلَدِكُمْ هَذَا إِلَى يَوْمِ تَلْقَوْنَ رَبَّكُمْ أَلَا هَلْ بَلَّغْتُ قَالُوا نَعَمْ قَالَ اللَّهُمَّ اشْهَدْ فَلْيُبَلِّغْ الشَّاهِدُ الْغَائِبَ فَرُبَّ مُبَلَّغٍ أَوْعَى مِنْ سَامِعٍ فَلَا تَرْجِعُوا بَعْدِي كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ

Artinya: “Sesungguhnya, darah, kehormatan dan harta kalian, diharamkan atas kalian (saling menzhalimi), seperti kesucian hari ini, pada bulan ini dan di negeri kalian ini, sampai kalian menjumpai Rabb kalian. Ketahuilah, apakah aku telah menyampaikan?” Mereka menjawab,”Ya.” Maka beliaupun berkata: “Ya Allah, persaksikanlah. Maka, hendaklah orang yang hadir menyampaikan kepada yang tidak hadir, karena terkadang yang disampaikan lebih mengerti dari yang mendengar langsung. Janganlah kalian kembali kufur sepeninggalanku, sebagian kalian saling membunuh sebagaian lainnya”.[Muttafaqun ‘alaihi].

Macam-macam Jihad

Adapun macam-macam jihad dibagi menjadi empat, diantaranya adalah

Baca Juga:  √ Pengertian Aqidah Islam, Dasar dan Tujuannya Terlengkap

1. Jihad An-Nafs

Jihad an-nafs atau jihad melawan jiwa dan nafsu merupakan jihad yang dilakukan untuk melawan nafsu untuk belajar agama yakni mengamalkan, berdakwah terhadapnya, dan bersabar terhadap cobaan yang dihadapinya.

2. Jihad Asy-Syaitan

Yakni jihad melawan syetan untuk melawan apa yang disebarkan setan berupa syahwat dan juga keraguan kepada kaum hamba.

Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya

3. Jihad Melawan Orang Dzalim

Yakni jihad yang dilakukan untuk melawan mereka dengan menggunakan tangan atau kekuatan bagi yang mampu, namun jika tidak maka menggunakan lisan atau hati sesuai denganm kondisi dan mashlahat yang terbaik bagi Islam dan kaum muslimin.

4. Jihad Melawan Orang Kafir dan Munafik

Yakni jihad yang dilakukan untuk melawan mereka dengan menggunakan hati, lisan, harta dan jiwa.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂

√ Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap)
5 (100%) 6 vote[s]