√ Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Posted on

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya – Dari berbagai para ahli telah mendefinisikan dimana variabel mempunyai beragam macam jenis variabel. Menurut para ahli tentang variabel yang sebenarnya.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Dengan menggunakan variabel kita bisa lebih mudah memperoleh dan memahami suatu permasalahan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan StudiNews berikut ini.

Pengertian Variabel

Variabel Adalah Objek sebuah penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam suatu penelitian. Menurut F.N. Kerlinger Variabel Sebagai Sebuah Konsep. Variabel merupakan konsep yang mempunyai nilai yang bermacam-macam bisa diukur dan cara pengukuranya berbeda-beda.

Menurut Tuckman (Dalam Sugiyono, 2007) Variabel Intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur.

Variabel ini merupakan variabel penyela/antara variabel independen dengan variabel dependen. Sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Seperti yang telah dikemukakan di awal, bahwa banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi variabel. Macam-macam pengertian variabel menurut definisi para ahli antara lain sebagai berikut.

1. F.N Kerlinger

Pengertian variabel adalah sifat yang diambil dari suatu nilai yang berlainan

Baca Juga:  √ Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)

2. Sutrisno Hadi

Pengertian variabel adalah objek penelitian yang bervariasi. Contohnya ukuran tinggi manusia yang divariasikan menjadi tingkatan umur, kelamin serta lokasi tempat tinggal manusia tersebut.

3. Bagja Waluya

Pengertian variabel adalah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/penelitina (research).

4. Tia Mutiara

Pengertian Variabel Adalah Sesuatu Yang Menjadi Fokus Perhatian Yang Memberikan Pengaruh Dan Mempunyai Nilai (Value).

5. Sugiarto

Pengertian variabel adalah karakter yang dapat diobservasi dari unit amatan yang merupakan suatu pengenal atau atribut dari sekelompok objek. Maksud dari variabel tersebut adalah terjadinya variasi antara objek yang satu dengan objek yang lainnya dalam kelompok tertentu.

Definisi “konsep”, sering masih samar bagi pembaca hasil riset. Bagi orang awam, definisi konsep bisa masih sangat samar (fuzzy). Itulah sebabnya, operasionalisasi variabel atau mendefinisikan variabel secara lebih tegas, menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Macam Macam Variabel dan Contohnya

Pada umumnya variabel penelitian dibagi menjadi 2 yaitu variabel dependen (terikat) dan independen (bebas). Istilah variabel independen dan variabel dependen berasal dari logika matematika, di mana X dinyatakan sebagai yang mempengaruhi atau sebab dan Y dinyatakan sebagai yang dipengaruhi atau akibat.

Variabel Dependen

Variabel dependen adalah suatu variabel yang nilainya dipengaruhi atau bergantung pada nilai dari variabel lainnya.

Variabel dependen / terikat ini sering disebut juga sebagai variabel output, kriteria, konsekuen. Disebut Variabel Terikat karena variabel ini dipengaruhi oleh variabel bebas/variabel independent.

Contoh variabel terikat ( despenden ) seperti pengaruh terapi music terhadap penurun tingkat kecemasan.

Variabel Independen

Variabel Independen adalah suatu variabel yang menjadi sebab timbulnya atau berubahnya variabel dependen (terikat), yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati. Secara singkat bahwa Variabel independen adalah variabel yang nilainya dapat memengaruhi variabel lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Audio & Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Variabel independen atau bebas sering disebut juga variabel predictor, stimulus, input, antencendent atau variabel yang mempengaruhi. Dinamakan sebagai Variabel Bebas karena bebas dalam mempengaruhi variabel lain.

Variabel independen khususnya dalam suatu percobaan dapat dimanipulasi oleh peneliti. Dalam hal ini dianut keyakinan bahwa variabel dependen akan diketahui tingkat perubahannya bila variabel ini terlebih dahulu dipersiapkan. Contoh variabel bebas (independen) seperti “ Pengaruh terapi music terhadap penurunan tingkat kecemasan pada seseorang”.

Variabel Moderator

Variabel yang mempengaruhi baik itu memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel bebas dan terikat. Variabel moderator juga disebut dengan variabel independen kedua. Skema variabel moderator yakni variabel bebas (independen) – moderator – despenden.

Contoh variabel moderator ialah hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat apabila peranan dosen dalam menciptakan lingkungan belajar, yang baik dan hubungan semakin rendah bila peranan dosen kurang baik dalam menciptakan lingkungan belajar.

Variabel Intervening

Variabel yang mempengaruhi variabel bebas dan variabel terikat secara teoritis, tetapi tidak dapat diamati dan diukur. Variabel intervening merupakan variabel antara/penyela pada variabel bebas dan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak langsung mempengaruhi perubahan variabel terikat.

Contoh variabel intervening ialah hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dan loyalitas ( dependen ).

Variabel Kontrol

Variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak terpengaruh oleh faktor luar yang tidak teliti. Variabel kontrol sering digunakan sebagai pemanding melalui penelitian eksperimental.

Contoh variabel kontrol ialah apakah perbedaan tenaga penjual (sales force) yang lulus d3 dan si, maka terlebih dahulu harus ditetapkan variabel kontrol contohnya berupa gaji yang sama, peralatan yang sama, lingkungan kerja yang sama. Jadi variabel kontrol memudahkan dalam menentukan perbedaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya (Lengkap)

Demikian ulasan tentang Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih

√ Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya
5 (100%) 13 vote[s]