22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Secara etimologi observasi berasal dari bahasa latin yang mempunyai arti “melihat dan memperhatikan”. Ada beberapa para ahli yang mempunyai pendapat tentang pengertian dari observasi, masing-masing pendapat yang dikemukakan dari para ahli mempunyai perbedaan karena berdasarkan sudut pandang masing-masing. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian observasi dengan seksama.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi observasi menurut ahlinya.

1. Burhan

Burhan mengemukakan pengertian observasi adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan pengamatannya melalui hasil kerja dari salah satu panca indera yakni mata dan dibantu dengan panca indera yang lainnya.

2. Suharsimi Arikunto

Suharsimi Arikunto mengemukakan pengertian observasi adalah suatu pengamatan langsung terhadap lingkungan yang sedang berjalan meliputi seluruh aktivitas perhatian terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan alat inderanya. Atau suatu usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk mengumpulkan data dan dilakukannya dengan cara sistematis dan sesuai prosedurnya.

3. Sudjana

Sudjana mengemukakan pengertian observasi adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengukur proses dan tingkah laku individu dalam sebuah kegiatan yang bisa diamati. Dapat disimpulkan bahwa observasi mampu mengukur dan menilai hasil dari proses belajar mengajar.

4. Patton

Patton mengemukakan pengertian observasi adalah salah satu metode yang akurat dan mudah dalam melakukan pengumpulan data serta bertujuan untuk mencari tahu dan memahami segala kegitna yang berlangsung yang menjadi objek kajian dalam penelitiannya.

5. Hanna Djumhana

Hanna Djumhana mengemukakan pengertian observasi adalah salah satu metode ilmiah yang sampai detik ini masih menjadi tempat utama dalam ilmu pengetahuan empiris, dan masih diakui dalam dunia penelitian karya ilmiah sebagai salah satu metode yang banyak diterapkan dalam pengumpulan data.

6. Prof. Heru

Prof. Heru mengemukakan pengertian observasi adalah studi yang dilaksanakan secara sengaja, terarah, sistematis, dan terencana sesuai tujuan yang akan dicapai dengan mengamati dan mencatat seluruh kejadian dan fenomena yang terjadi dan mengacu pada syarat dan aturan dalam penelitian atau karya ilmiah. Hasil observasi ilmiah ini, dijelaskan secara teliti, tepat dan akurat, serta tidak diperbolehkan untuk ditambah atau dikurangi dan dibuat-buat sesuai keinginan peneliti.

7. Nawawi Dan Martini

Nawawi dan Martini mengemukakan pengertian observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik yang terdiri dari unsur-unsur yang muncul dalam suatu gejala-gejala yang dalam objek penelitian. Hasilnya akan dilaporkan dalam sebuah laporan yang disusun sistematis sesuai dengan aturannya.

8. Prof. Dr. Bimo Walgito

Prof. Dr. Bimo Walgito mengemukakan pengertian observasi adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja diadakan dengan menggunakan alat indra (terutama mata) atas kejadian-kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.

9. Prof. Dr. Sofyan S. Willis

Prof. Dr. Sofyan S. Willis mengemukakan pengertian observasi adalah pengamatan yang dilakukan secara partisipan dan non-partisipan. Metode partisipan mengharuskan peneliti terlibat di dalam kegiatan anak-anak dan remaja. Sedangkan metode non-partisipan hanya mengamati dari luar, tidak perlu terlibat.

10. Kartini Kartono

Kartini Kartono mengemukakan pengertian observasi adalah pengujian dengan maksud atau tujuan tertentu mengenai sesuatu, khususnya dengan tujuan untuk mengumpulkan fakta, satu skor atau nilai, satu verbalisasi atau pengungkapan dengan kata-kata segala sesuatu yang telah diamati.

11. Bungin

Bungin mengemukakan pengertian observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan penginderaan.

12. Sutrisno Hadi

Sutrisno Hadi mengemukakan pengertian observasi adalah suatu proses yang komplek, suatu proses yang tersusun dari berbagai biologis dan psikologis. Dua diantara yang penting adalah proses pengamatan dan ingatan.

13. Margono

Margono mengemukakan pengertian observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejalan yang tampak pada objek penelitian.

14. Syaodih

Syaodih mengemukakan pengertian observasi adalah teknik yang digunakan atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sudah berlangsung.

15. Nasution

Nasution mengemukakan pengertian observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan. Para ilmuwan hanya dapat bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi.

16. Alwasih

Alwasih mengemukakan pengertian observasi adalah sebuah penelitian atau pengamatan sistematis dan terencana yang diniati untuk perolehan data yang dikontrol validitas dan realibilitasnya.

17. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian observasi adalah pengamatan atau peninjauan secara cermat.

18. Gibson, R.L

Gibson, R.L mengemukakan pengertian observasi adalah teknik yang digunakan untuk mengurutkan judul dalam membuat keputusan dan kesimpulan tentang orang lain yang diamati, meskipun pengamatan ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi juga dengan penggunaan metode lain dari penilaian.

19. Gall dkk

Gall dkk mengemukakan pengertian observasi adalah salah satu metode pengumpulan data dilakukan dengan mengamati perilaku dan lingkungan, baik sosial dan material dari individu atau kelompok yang diamati.

20. Sugiyono

Sugiyono mengemukakan pengertian observasi dalam arti sederhana adalah sebuah proses penelitian dalam melihat situasi dan kondisi penelitian. Teknik observasi ini sangat relevan jika digunakan untuk penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri dari pengamatan terhadap proses pembelajaran, sikap dan tingkah laku sisiwa juga interaksi antara siswa dengan siswa lainnya dan siswa dengan gurunya.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

21. Karl Welck

Karl Welck mengemukakan pengertian observasi adalah pencatatan, pemilihan, pengkodean, pengubahan dari serangkaian tingkah laku dan suasana yang berkaitan dengan organisasi sesuai pada tujuan-tujuan empirisnya.

22. Supriyati (2011:46)

Supriyati mengemukakan pengertian observasi adalah suatu cara untuk mengumpulkan data penelitian dengan mempunyai sifat dasar naturalistik yang berlangsung dalam konteks natural, pelakunya berpartisipasi secara wajar dalam interaksi.

Itulah telah dijelaskan diatas tentang 22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.